Sunday, August 01, 2010

Yahudi Jawa & Selat Melaka, Mengawal Megawati?


Yahudi Jawa dan Yahudi di Selat Malaka

DI INDONESA, orang Yahudi sering dimaki. Tapi ternyata mereka sulit ditemukan, karena jumlah mereka kecil sekali. Theo Kamsma menulis disertasi mengenai orang Yahudi di kawasan Selat Malaka. Mengapa ia harus melebarkan pandangan ke wawasan Selat Malaka?

Karena kelompok Yahudi di Indonesia kecil sekali, Theo Kamsma menganjurkan supaya tidak terfokus di Indonesia saja. “Dalam studi saya, sudah saya jelaskan, kalau dipandang dari jumlah di Indonesia saja, orang Yahudi tidak tampak dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus melihat mereka dalam hubungan dengan Singapura, di sana ada dua sinagoga, rumah ibadah agama Yahudi. Itu artinya jumlah masyarakat Yahudi cukup besar."

Orang Yahudi ini juga aktif berbisnis, dari Singapura mereka melebarkan bisnis ke Indonesia dan Malaysia. Dari Singapura mereka mengunjungi Indonesia dan Malaysia. Singapura toleran terhadap semua agama, orang Yahudi kerasan di Singapura dan dari sini mereka melakukan aktivitas bisnis.

Wadah regional
Jadi kalau mau memahami posisi warga Yahudi di Indonesia, maka kita perlu meletakkannya dalam wadah regional yang lebih besar, kawasan selat Malaka. Demikian Theo Kamsma.

“Maksud saya,” demikian urai Theo, “kalau kita ambil kawasan Selat Malaka sebagai tempat penelitian, maka jelas ini lebih cocok untuk meneliti dinamika golongan Yahudi.” Menurutnya, kentara sekali pertautan aktivitas mereka dari Indonesia, ke Malaysia dan Singapura, melampaui batas-batas negara yang formal. Ini memang mereka butuhkan, jadi tidak bisa dikatakan, orang Yahudi tidak ada. Mereka ada, dari pusatnya di Singapura mereka beroperasi di kawasan ini.

Israel-Indonesia
Theo kemudian memperingatkan jangan cepat-cepat menyebut jejaring Yahudi ada di kawasan ini, karena acapkali ini menjurus ke praduga dan diskriminasi atau anti semitisme. Menurutnya, Israel dan Indonesia sebenarnya sudah lama menjalin hubungan informal:

“Yang juga penting adalah hubungan Indonesia dengan Israel. Gus Dur bukan tokoh pertama yang mencari kontak dengan Israel,” kata Theo. Sebelumnya sudah ada kerjasama dengan Israel, tentu saja tidak resmi, misalnya pembelian pesawat tempur skyhawks oleh Indonesia dari Israel. Selain itu, ketika terjadi tsunami di Aceh, Indonesia membantah ada pesawat Israel yang mendarat di Batam. Padahal berita ini benar. “Nah, keberadaan Israel di balik layar dan tersembunyi ini juga simbolis bagi keberadaan warga Yahudi di kawasan ini”, demikian Theo Kamsma.

Israel adalah negara yang masih muda dan, lewat berbagai cara, sibuk mencari jaringan yang bisa mendukungnya. Misalnya parlemen Israel mengakui kelompok Yahudi yang berlatar belakang Kristen di Minahasa. Kelompok Yahudi, juga yang ada di perantauan, menjalin hubungan dengan Israel. Jadi kalau orang Israel mau berdagang di Indonesia, misalnya membuka perusahaan minuman kopi, maka mereka terlebih dahuulu mencari hubungan dengan sesama orang Yahudi, karena ini lebih bisa dipercaya.

Yahudi Jawa

Theo Kamsma menutup penjelasan ihwal warga Yahudi di kawasan Selat Malaka dengan memberi contoh betapa terintegrasinya golongan ini dalam masyarakat setempat, misalnya di Indonesia.

“Kalau kita menyimak kelompok Yahudi di Manado, yang berlatar belakang Kristen,” demikian Theo, “mereka adalah keturunan campuran, Indo Yahudi”. Kepala keluarga Yahudi ini berusaha mendirikan sinagoga di Manado. Ia pendukung PDIP, tapi juga memimpin pemuda Pancasila yang adalah ormas Golkar. Bahkan ia adalah ketua Golkar di daerahnya. Rupanya menjadi pengikut dua aliran politik yang berbeda lumrah di sana.

Ia juga kenal tokoh Pemuda Pancasila pusat yang ternyata keturunan Yahudi-Jawa. Mereka sempat dekat saat kepala keluarga Yahudi Manado ini tinggal di Jawa. Dalam kelompok Indo Yahudi ini ada koneksi dengan dunia satpam dan sekuriti. Mereka aktif menekuni bisnis ini. Sangat mencolok, salah seorang dari mereka menjadi kepala keamanan di Bali ketika diselenggarakan kongres PDIP, mereka mengawal Megawati. (Sumber RNW)

LAIN-LAIN CATATAN PERJALANAN DI INDONESIA

Dari Menado Ke Aceh..
Sebelum itu..

Sila lihat catatan perjalanan di Riau..

7 comments:

Anonymous said...

At thiѕ time I аm гeaԁy to do my breakfast,
lаter thаn hаving my breakfаѕt cοming
yet again to геad addіtіonаl newѕ.


My weblog ... do nootropics work
Also visit my page ; how does a nootropic work

Anonymous said...

You really make it seem sо easy ωith your presentatiоn
but I find this tоpic tο be actually something that I think
I would never unԁerstand. It seems too compleх anԁ very
brοаԁ for me. Ι аm loοking forward for yοur next post,
I will try to get thе hang of it!

Аlso visit my blog dallas car insurance

Anonymous said...

Do yοu havе a spam prоblem on thіs blog; Ӏ alѕo am а bloggеr,
аnd I ωas ωanting to know your sіtuаtion; many οf us have devеlopeԁ ѕome nice proceԁures and wе arе looking to
swap techniques with otheгs, be surе
tο shoot me an email if interested.

Tаkе а look at mу web site :: irving taxi service
My webpage - irving taxi service

Anonymous said...

Нey therе exceptional website! Does гunning a blog similar
to this taκe a great deal of worκ? I've no expertise in computer programming however I was hoping to start my own blog soon. Anyhow, if you have any suggestions or techniques for new blog owners please share. I understand this is off topic however I simply needed to ask. Kudos!

My site ... efficienttaxiservice.com

Anonymous said...

І think this iѕ one of the most signifiсant informatiοn for mе.
And i'm glad reading your article. But should remark on some general things, The site style is wonderful, the articles is really nice : D. Good job, cheers

my page www.dallasseocompany1.com

Anonymous said...

I lіke ωhat уou guys агe up too.
Thiѕ sοrt of cleνer ωork and covеrage!
Κеep up the goοd works guys I've added you guys to blogroll.

My homepage :: seo companies dallas

Anonymous said...

Good pοst. I leаrn something totаlly neω and challenging on
wеbsites I stumbleupοn on a daily baѕis.
It's always exciting to read through content from other authors and practice a little something from their web sites.

Also visit my web site; dallas seo company

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails