Wednesday, December 24, 2014

Hamas, Semakin Kuat Setelah Bertempur -Avidgor Lieberman

Efek Perang Hamas Kian Kuat, Rakyat Makin Mendekat
Efek perang Hamas kian kuat, rakyat makin mendekat

Tel Aviv: Jika ada kelompok yang tidak penat berperang, dan semakin kuat setelah sekian hari bertempur, mungkin hanya Hamas. Menteri Luar Israel Avidgor Lieberman mengakui hal ini.

“Operasi Protective Edge yang dilancarkan Israel adalah konflik bersenjata ketiga yang dilakukan Israel terhadap Hamas,” ujar Lieberman dalam Konferensi Kotra Terorisme di Herzliya, Israel.
“Mereka mampu bertahan. Bahkan menjadi semakin kuat, dengan kemampuan menembakan roket lebih jauh,” kata Lieberman seperti dikutip Yedioth Ahronoth. “Jika pada operasi pertama roket Hamas hanya menjangkau sejauh 15 kilometer, kini roket-roket itu mampu mencapai Hadera dengan muatan peledak lebih besar.”

Yang paling membahayakan adalah setiap kali selesai konflik, Hamas semakin kuat secara politik. Ia yakin jika saat ini diadakan jajak pendapat di Palestin, Ismail Haniyeh akan merebut hati rakyat Palestin hingga 66 persen dan Mahmoud Abbas dari PLO bakal tertinggal.

“Jika itu terjadi Hamas akan menghapus PLO sebagai organisasi Palestin,” Lieberman menganalisa.

Hamas sendiri akhir-akhir ini telah bertegang dengan puak nasionalis PLO (kalau di Malaysia UMNO) yang dalam beberapa kes politik selalu menonjolkan Hamas, terutama dengan adanya penangkapan beberapa anggota Hamas pasca perlawanan Israel di Tebing Barat. (IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails