Saturday, August 29, 2015

Tangis Sesal Pelacur Di Tanjung Elmo Papua..

Psk atau pelacur di Papua disuruh balik kampung.


Kisah Pelacur Di Papua
Siri 1: Sarang Pelacur Di Papua Pula Di Tutup. Indonesia T...

Jayapura:  Tidak pernah terlintas dalam benak perempuan dipanggil 'V' untuk menjadi seorang pekerja seks komersil (PSK) atau pelacur di Tanjung Elmo, Daerah Sentani Timur, Papua. 

Dia hanya ingin bekerja untuk menyambung hidup anak dan keluarganya.

Raut wajah menahan malu tak boleh disembunyikan, perempuan asal Banyuwangi, Jawa Timur apabila hendak dipulangkan atau dihantar balik oleh Bupati Jayapura Matius Awaitouw dan disaksikan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa serta Menteri Pemberdayaan Perempuan Yohana Yambise.

Sesekali V memilih membenamkan wajahnya mengelakkan teriknya matahari.

"Tujuan saya kerja (menjadi PSK) untuk membiayai keluarga adik dan anak saya di kampung," terangnya saat berbincang dengan detikcom di sela-sela acara Deklarasi Penutupan Lokalisasi Tanjung Elmo di laman kantor Bupati Jayapura, Papua, Jumaat (21/8/2015) .

V telah menjajakan tubuhnya melayani 'hidung belang' atau penajis zina, selama 1 tahun. Sekembalinya ke Banyuwangi, V tidak ingin berlama-lama menetap di kampung halaman melainkan langsung terbang lagi ke Jepun.

"Mau kerja di sana jadi TKW (atau tenaga kerja wanita, yakni bukan pelacur lagi..) Ya syukur-syukur dapat memperbaiki nasib," harap V.

Dia sempat tak kuasa menahan air matanya apabila mendapat santunan dari Khofifah dan Matius. Saking harunya, V sempat menitiskan air mata di pelukan Khofifah.

Sebelum bercerita lebih panjang lagi, V dan 68 kawannya harus sudah berangkat ke Pelabuhan Yos Sudarso, Kangar. Mereka pun dikembalikan ke daerah asalnya dengan kapal Dempo dari PT Pelni.

Data dari Direktorat Pemulihan Tuna Sosial Kemensos Sony Manalu ada 191 orang yang menjadi PSK. Di mana, 80 peratus diantaranya berasal dari Jawa Timur.
Jawa Timur, Surabaya, Gang Dolly kawasan operasinya sudah ditutup..
Wakilnya menolak penutupan Dolly, Risma didukung MUI
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, ketangkasannya di taktkuti, dapat julukan 'Singa Betina'. Beliau dipertanggung jawabkan menutup sarang lacur di Surabaya, Gang Dolly... antara yang terbesar di Asia..


Puluhan PSK di Kabupaten Jayapura, Papua, melakukan aksi demo menolak rencana Pemkab Jayapura menutup Lokalisasi Tanjung Elmo pada 17 Ogosmendatang. 

Hari ini ada kira-kira 69 PSK yang dipulangkan tengah hari ini dari Pelabuhan Yos Sudarso menuju daerah asal masing-masing. Rancangannya, ada 151 orang dari jumlah keseluruhan PSK yang akan dipulangkan secara beransur-ansur.

Sebelum dihantar pulang, 191 eks PSK Tanjung Elmo diberi bantuan berupa modal usaha dengan nilai total Rp 965 juta. Kemensos memberikan bantuan dana sebanyak Rp 5.5 juta dan Bupati jayapura sebesar Rp 5 juta untuk masing-masing.
(IH)

Kisah-kisah Di Papua..

Bab 1

Bab 2



Video:

Suara Kemiskinan - Franky Sahilatua

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails