Saturday, August 20, 2011

Bagaimana Kerukunan Beragama Dlm Kes Ambon?

Catatan Perjalanan bersama Dr Mujahid, Medan 5..

Sebuah masjid di Ambon semasa konflik..

SEMASA saya berada di atas kapal dalam Danau Toba, dalam perjalanan dari pinggiran Parapat menuju ke Pulau Samosir, walaupun bukan bersama Dr Mujahid, saya berkenalan dengan seorang pemimpin kaum Batak dari Ambarita, satu tempat dari banyak tempat-tempat di pulau tersebut seperti Tomok, Tuk-tuk, Onan Runggu dan lain-lain.

Apabila saya terangkan tujuan saya dalam rangka melawat acara memperingati 150 tahun kemasukan Kristian ke Tanah Batak, yang baru seminggu dua berlalu. Dia mennyambut baik dan menjemput saya ke tempatnya.

Saya jelaskan, "Tujuan saya datang ialah untuk melihat bagaimana kerukunan kehidupan umat beragama, di tempat yang penduduknya ramai orang Kristian. Saya pernah melawat Menado, Sulawesi Utara yang juga ramai penghuninya Orang Kristian... "

"Adakah anda pernah melawat Ambon?" Dia memotong cakap saya dan bertanya.. Terpaku, aku tidak dapat menjawab, sementara..

Teringat aku kira-kira belasan tahun lalu, ramai pemuda-pemuda Islam di Malaysia merasa simpati ke atas umat Islam di Ambon, apalagi berita-berita Indonesia sendiri menyiarkan..

"Pembantaian, penghancuran, pembakaran, penjarahan dan pengusiran secara besar-besaran di Ambon agaknya tak pernah terbayangkan masyarakat muslim Ambon. Ambon yang dulunya sejuk dan damai, kini berubah menjadi daerah yang paling mencekam dan menakutkan, khususnya bagi umat Islam Ambon.

"Menilik bentuk kerusuhan, sasaran penghancuran dan korban yang teraniaya, maka dapat dipastikan bahwa kerusuhan tersebut benar-benar karena masalah SARA, khususnya agama, meskipun bukan ini faktor satu-satunya.

"Bahkan, peristiwa yang memalukan itu bukan sekedar bernuansa SARA, tetapi merupakan potret sebuah kebiadaban yang keji terhadap umat Islam. Kejadian ini sekaligus menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia, bahwa di mana Islam minoritas di situ Islam selalu ditindas." Dikutip dari harian WASPADA, edisi Jum'at 12 Maret 1999.

Waktu itu di Malaysia, dalam PAS sendiri, sudah ada anak-anak muda yang tidak berapa selesa dengan pendekatan dakwah PAS. Mereka memilih jalan dekat menuju syahid. Ramai yang bercita-cita untuk pergi berjuang di Ambon, untuk menolong umat Islam di sana. Ramai yang sudah pergi ke Afghanistan dan lain-lain. Pernah semasa saya menjadi YDP PAS kawasan Balik Pulau, beberapa pemuda PAS berpakat berhimpun berlatih main senjata waktu malam di tepi pantai Tanjung Asam, Teluk Kumbar, atas nama pemuda PAS di luar pengetahuan saya.

Bila saya tahu di saat akhir, saya beritahu mereka, "Aku tidak benarkan, kerana ia akan mendatangkan fitnah kepada PAS. Kalau kamu buat juga, aku sendiri akan telefon dan beritahu polis..." Akhirnya tak jadi.

Waktu itu saya menerima amanah terus dari Presiden PAS Ke 6 Allahyarham Ustaz Fadzil Mohd Noor, supaya mengawasi perkembangan berbau militan menyerap masuk dalam PAS. Saya sentiasa berhubungan terus dengan beliau sepanjang masa.

Berbalik kepada kisah perjuangan di Ambon pada masa itu, sebenarnya dalam masyarakat Ambon tersimpan potensi konflik yang cukup besar, meskipun dikatakan di sana ada budaya 'pela gandong'. Potensi konflik tersebut terlihat pada komposisi Islam-Kristian yang berimbang. Dan selama ini terjadi musabaqah dalam ekonomi, politik dan agama. Potensi tersebut semakin memanas ketika arus reformasi bergulir dan kepemimpinan politik berada di tangan Presiden Habibie yang diisukan ingin lebih melancarkan Islamisasi, termasuk politik.

Secara psikologis, keterancaman orang-orang Maluku semakin terasa, dengan naiknya Habibie di panggung politik nasional yang dianggap sebagai representasi kekuatan Islam Sulawesi. Fakta membuktikan bahawa sasaran penghancuran dan pembantaian adalah umat Islam. Orang Islam didakwa sebagai pendatang dan Islam dipandang sebagai agama asing, bukan agama penduduk asli di situ.

Sila lihat video-video ini...
Fri, 12 Mar 1999 05:34:56 -0500

PERANG AGAMA KRISTEN DAN ISLAM DI AMBON TAHUN 2000,(BAGIAN 3)

Para korban yg telah tewas di perang ini sangat banyak sekali,khususx orang - orang muslim,video ini sebelumnya di larand di rilis,karna sudah ada ...

by TheNews2000 1 month ago 1,825 views

PERANG AGAMA KRISTEN DAN ISLAM DI AMBON TAHUN 2000,(BAGIAN 2)

Para korban yg telah tewas di perang ini sangat banyak sekali,khususx orang - orang muslim,video ini sebelumnya di larand di rilis,karna sudah ada ...

by TheNews2000 1 month ago 1,246 views

PERANG AGAMA KRISTEN DAN ISLAM DI AMBON TAHUN 2000,(BAGIAN1)

Para korban yg telah tewas di perang ini sangat banyak sekali,khususx orang - orang muslim,video ini sebelumnya di larang rilis,karna sudah ada ...

by TheNews2000 1 month ago 1,647 views

Bersmbung lagi..

Akan bersambung, insya Allah. Wassalam.

Ibnu Hasyim
alamat: ibnuhasyim@gmail.com

KL 20 Ogos 11.

Lihat sebelum ini...
E-Buku IH-41: Kerukunan Umat Beragama

E-Buku IH-41: Kerukunan Umat Beragama

1 comment:

Anonymous said...

A broad fitness program tailored to an person resolve undoubtedly nave on anecdote or more clear-cut skills, and on age-[3] or health-related needs such as bone health.[4] Numberless sources[citation needed] also cite noetic, social and emotional fettle as an significant part of whole fitness. This is often presented in textbooks as a triangle made up of three points, which show natural, nervous, and psychotic fitness. Physical seemliness can also avert or act towards multifarious long-lived well-being conditions brought on next to unhealthy lifestyle or aging.[5] Working pass‚ can also help people saw wood better. To delay healthy it is notable to combat in physical activity.
Training

Unequivocal or task-oriented [url=http://www.pella.pl]fitness[/url] is a actually's power to perform in a definite venture with a sound expertise: for pattern, sports or military service. Individual to training prepares athletes to appear as stream in their sports.

Examples are:

400 m sprint: in a sprint the athlete necessity be trained to work anaerobically all the way through the race.
Marathon: in this what really happened the athlete ought to be trained to work aerobically and their persistence must be built-up to a maximum.
Many blazing fighters and police officers undergo regular aptness testing to act on if they are masterly of the physically taxing tasks required of the job.
Members of the Joint States Army and Army Native Look after have to be masterly to pass the Army Physical Health Check up on (APFT).

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails