Monday, February 21, 2011

Malcolm X,, Pemimpin Muslim Kulit Hitam AS Difilemkan.

HALAMAN HIBURAN
Malcolm X (AP Photo)

AKHIRNYA Malcolm X kembali kepada Islam yang benar. Beliau memilih nama El Hajj Malik El Shabazz dan mendirikan organisasi keagamaan baru bagi warga Muslim kulit hitam bernama Muslim Mosque, Inc. di Amerika Syarikat.

Pada 46 tahun yang lalu, pemimpin kelompok Muslim kulit hitam di AS, Malcolm X, terkorban ditembak. Dia dibunuh dari jarak dekat oleh tiga lelaki bersenjata. Menurut berita BBC, Malcolm ditembak semasa sedang berpidato di hadapan ratusan penyokongnya di Harlem, New York.

Lelaki yang memiliki empat orang anak tersebut tewas dengan lima belas luka tembakan sesaat setelah tiba di rumah sakit. Malcolm X, yang bernama asli Malcolm Little, merupakan mantan pemimpin organisasi Nation of Islam sebagai pemimpin NoI. Ia keluar dari organisasi kulit hitam tersebut pada tahun 1964 setelah berselisih fahaman dengan pendirinya, Elijah Muhammad.

Malcolm kemudian mendirikan organisasi keagamaan baru bagi warga Muslim kulit hitam bernama Muslim Mosque, Inc. Organisasi baru ini dikatakan 'lebih bersifat kembali kepada Islam yang asal', bukan seperti yang telah diperbaharui, dilakukan Nation of Islam. Perubahan sikap Malcolm X kembali kepada Islam yang benar itu berlaku setelah berganti nama menjadi El Hajj Malik El Shabazz sepulangnya dari Mekkah. Kerana itu beliau tidak disenangi para pemimpin Nation of Islam.

Berkali-kali anggota kelompok tersebut melakukan percobaan pembunuhan terhadap Malcolm dan keluarganya. Seminggu sebelum peristiwa penembakan, rumah Malcolm di New York dibom oleh orang tidak dikenal. Puncaknya, pada 21 Februari 1965, tiga lelaki bersenjata menerobos ruangan tempat Malcolm berpidato di Manhattan dan langsung menyarangkan lima belas peluru ke tubuhnya. Pada bulan Mac 1966, tiga orang pembunuh Malcolm dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Dua di antara mereka merupakan anggota Nation of Islam.

Dua puluh enam tahun kemudian, kisah hidup El Shabazz diangkat ke layar perak dengan judul Malcolm X. Filem yang dilakonkan oleh Denzel Washington tersebut berhasil meraih nominasi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik dan Kostum Terbaik. (IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails