Friday, February 25, 2011

Islam Akan Jadi Agama Masyarakat AS -Yuonne Haddad

Pakar: Islam Bakal Jadi Agama Masyarakat AS
Yvonne Haddad

NEW JERSEY 25 Feb 11: Pakar sejarah Islam dan hubungan Islam-Nasrani dari Georgetown University, Yvonne Haddad, mengatakan peluang Islam menjadi agama masyarakat Amerika Syarikat (AS) sangat terbuka. “Kelak Islam akan menjadi agama masyarakat AS," ujar Haddad, semasa berdiskusi bersama mahasiswa Princeton University, seperti dikutip New Jersey.com, Jumaat hari ini.

Haddad optimistis Muslim akan menjadi sebahagian dari masyarakat AS. Menurutnya, tanda-tanda itu sudah terlihat jelas ketika masyarakat AS mulai menerima eksistensi umat Islam. Dia pun melihat titik balik penerimaan Islam di AS tidak terlepas dari tragedi 11 September 2001. Menurutnya, titik balik itu yang mempersatukan umat Islam dengan AS.

Haddad menjelaskan, setelah tragedi 11 September, masjid dari berbagai negara bahagian di AS mulai memprioritikan pemberian pengetahuan tentang Muslim kepada remaja AS. Langkah itu dilakukan untuk memperjelas identiti mereka sebagai Muslim dan warga negara AS. Lebih lanjut Haddad mengatakan melalui kebijaksanaan itu pula terjalin komunikasi lintas kepercayaan. "Kami melihat dialog memiliki posisi yang sangat penting," ungkap dia.

Menurut dia, dimasa lalu, umat Islam melihat masyarakat AS masih dilanda trauma berat hingga jalinan dialog tidak berjalan. Setelah itu, dengan berdirinya sejumlah Islamic Center atau masjid, Muslim AS mempunyai cara istimewa untuk merangkul masyarakat AS dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk datang dan melihat secara langsung Islam dengan lebih dekat.

Ke depan, Hadaad meramalkan integrasinya umat Islam dengan AS akan berlangsung mulus ketika lahirnya generais-generasi baru. Melalui generasi baru itu, umat Islam AS akan memperlihatkan eksistensinya sebagai bahagian dari bangsa AS melalui rangkaian partisipasi dan pandangan dalam dialog AS secara luas.

"Kalau digambarkan saat itu, AS telah menjadi contoh pluralisme dimana Islam akan menjadi sebagian dari pihak yang memperjuangkan pluralisme. Dalam Quran dikatakan Tuhan menciptakan perbedaan dalam masyarakat. Perbedaan itu merupakan ensensi dari ajaran Islam," tegasnya. (IH)

Lihat pemikiran masyarakat ke depan..

  • E-Buku IH-31: Minda Baru PAS?
  • E-Buku IH-31: Minda Baru PAS?
  • E-Buku IH-18: 'PAS & Pemikiran Dr Mujahid
  • E-Buku IH-18: 'PAS & Pemikiran Dr Mujahid'

1 comment:

Anonymous said...

http://www.nj.com/news/times/regional/index.ssf?/base/news-22/129861633285830.xml&coll=5

Boleh baca artikel ini.

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails