Tuesday, January 07, 2014

Larangan Bertudung Di Bali Di Negara Majoriti Islam.

 Anita (nomor 2 dari kiri) bersama-sama sahabatnya 
MELAKSANAKAN perintah agama merupakan sebahagian yang tidak dapat dipisahkan dari hak asasi seseorang.  Tapi nurani siapa tidak resah jika keyakinannya itu terhambat? Itulah yang kini sedang dialami  Anita Whardani, seorang siswi SMA Negeri 2 Denpasar Bali. 

Anita Whardani merasakan tidak Anita Whardani merasakan tidak bebas dalam melaksakan keyakinan agamanya kerana adanya larangan penggunakan jilbab atau tudung dari pihak sekolah.


“Ketika berangkat sekolah saya berjilbab, namum setelah masuk lingkungan sekolah jilbab saya lepas, kerana di sekolah dilarang memakai jilbab ketika proses belajar mengajar,” demikian disampaikan Anita saat di temui hidayatullah.com belum lama ini. 

Siswi  SMA Negeri 2 kelahiran Denpasar 04 April 1996 mengaku telah berjuang mendapatkan haknya memakai jilbab sejak tahun pertama ia masuk sekolah, yakni Tahun 2011. Namun hingga berganti tahun, 2014 , Anita yang aktif di Pelajar Islam Indonesia (PII) Denpasar ini, belum juga mendapatkan haknya untuk berjilbab saat sekolah. 

“Saya sudah minta ijin kepala sekolah untuk bisa memakai jilbab saat sekolah, tetapi tidak diizinkan. Alasannya bila pakai jilbab atribut sekolah tidak terlihat,” tutur Anita lagi.

Hanya saja menurutnya, pelarangan memakai jilbab saat di sekolah tidak tertuang  pada aturan seragam sekolah.

“Dalam aturan seragam tidak tertulis pelarangan berjilbab saat sekolah, jadi ini hanya larangan verbal dari kepala sekolah,” ucap Anita. 

Anita kerapkali menghadap ke kepala sekolah meminta izin agar dirinya memakai jilbab saat sekolah tapi hal itu tidak digubris. Bahkan yang cukup menyedihkan, pernah kepala sekolah menasehatinya jika tetap ingin berjilbab, sebaiknya Anita pindah sekolah. 

“Saya sudah beberapa kali menghadap kepala sekolah, beliau menyarankan jika ingin tetap berjilabab sebaiknya pindah sekolah saja,”ungkap Anita.
Anita bukan satu-satunya siswa Muslim yang bersekolah di SMA Negeri 2 Denpasar.  Menurut beberapa sumber, banyak teman-temannya pada saat masa orientasi terlihat berjilbab. Namun ketika aktivitas sekolah sudah dimulai secara resmi, banyak di antara mereka menaggalkan jilbabnya setelah adanya larangan.

Hingga hari ini, hanya Anita yang masih terus berjuang untuk mendapatkan haknya berjilbab tanpa adanya tekanan. Cukup menyedihkan, seorang pelajar Muslim masih harus memperjuangkan hak nya memakai jilbab di negeri yang majoriti penduduknya beragama Islam. (IH/ hidayatullah.com)


Sebelum ini..    
Forum Usahawan 1

Forum Usahawan 1
Tambah Pendapatan & Mula Niaga. Dari 0.. Begini Caranya!

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails