Friday, June 21, 2013

Al-Shabaab & Elasha Biyaha, Sebuah Kota Mati Di Somalia.

Elasha Biyaha
 
Di sebuah kota yang tidak jauh dari Mogadishu, kendaraan lambat merangkak bernegosiasi dengan lubang yang bertebaran di jalan aspal kota satu-satunya. Keledai tanpa pemilik mengembara, mencari makanan. Vila yang elegan dengan atap bersinar sekarang ditinggalkan dengan ditumbuhi tumbuhan yang mengambil alih.

Ini adalah Elasha Biyaha, sebuah kota 16 kilometer sebelah barat daya dari ibukota yang dulunya rumah bagi lebih dari setengah juta penduduk pada puncak perang awam Somalia. Orang-orang melarikan diri dari pertempuran yang mengamuk di jalan-jalan Mogadishu. 

Selama 15 tahun terakhir, sekolah, universiti, hospital dan pusat perbelanjaan segera ikut pergi. Mei lalu, Al-Shabaab menghidupkan kota, kelompok bersenjata yang berjuang untuk mengubah Somalia menjadi negara Islam. Mereka juga menarik diri dari daerah di bawah tekanan pasukan Tentera Nasional Somalia dan Kesatuan Afrika (AMISOM).

Telah terlihat perjuangan yang berkelanjutan untuk mengendalikan kota. Kebanyakan orang telah melarikan diri, menyisakan hanya beberapa ribu penduduk, dan kota yang sebelumnya ramai kini hampir kosong.

"Media mengatakan kepada penduduk kota akan ada pertumpahan darah, bahawa Al-Shabaab akan melawan tentera pemerintah dan AMISOM di kota," kata Komisaris Distrik setempat, Abdullahi Jama Siyat.

"Semua orang melarikan diri. Ketika kami mengambil alih, kota itu kosong. Hanya anjing, keledai dan kucing yang tersisa." Keselamatan warga tidak terjamin dengan petugas polis hanya empat orang yang bekerja dan tidak ada pejabat polis.

"Keamanan terbaik adalah 50 persen dari sebelumnya. 90 persen orang belum kembali kerana bimbang keamanan," kata Nurdin Mohamed Jibril, seorang warga yang tetap bertahan dengan dua anaknya.

Mata pencarian dan layanan jasa yang goyah. Warga mengatakan mata pencaharian mereka dan pelayanan dasar kota itu telah runtuh. Kota yang memiliki lapan universiti membanggakan mahasiswa dari seluruh wilayah, semuanya ditutup kerana mahasiswa berhenti datang. 

Sekolah dasar di kota juga telah mengalami nasib serupa. Setahun lalu ada 17 sekolah dasar, tetapi sekarang hanya satu yang siswanya masih menghadiri kelas.

"Kerana situasi keamanan, semua orang tua meninggalkan kota dengan anak-anak mereka," kata Omar Maalin Abdi, guru Iftin, sekolah dasar yang masih terbuka. 

Dia menjelaskan 650 siswa sekolah telah menyusut tinggal 39 anak. Pekerjaan juga hilang dan pos listrik setempat mengatakan telah memberhentikan 70 persen stafnya.

"Kami gunakan membekalkan letrik untuk 2,300 keluarga, tetapi pasukan hanya mampu untuk 250 keluarga sekarang. Jadi kami terpaksa berhentikan 21pekerja," kata Abdullahi Sheekow dari Perusahaan Ilys Energy Somalia. "Kami terpaksa berhentikan sebahagian dari sembilan staf yang tersisa jika situasi tidak puih."

Di Marwa Shopping Centre, pusat perbelanjaan utama kota, hanya lapan toko yang masih tetap dibuka, lebih dari lima puluh ditutup. Harga sewa untuk toko juga terpuruk. Tetapi beberapa pihak melihat ini sebagai kesempatan baru bagi mereka yang sebelumnya tidak mampu membelinya.

"Sebelumnya, sewa bulanan untuk toko termurah adalah $600, tapi sekarang sewa paling mahal untuk toko adalah $100 per bulan," kata pemilik toko Bashir Mohamed Nur.

Banyak dari usaha mereka telah pindah ke Mogadishu dan beberapa dari mereka berencana tidak kembali ke Elasha Biyaha.

"Saya pindah ke Mogadishu setelah 85 persen dari pelanggan saya pindah ke sini," kata Adullahi Mustaf Shiino dari belakang meja toko barunya di Hodan, distrik  ibukota. "Aku pergi ke mana pelanggan saya pergi, dan sekarang hampir semua dari mereka di sini."

Takut pergi

Komisaris Distrik setempat menyalahkan media yang menakut-nakuti penduduk setempat. "Ya, kota ini tidak seperti itu, tapi media perlu memberitahu mereka bahawa Al-Shabaab tidak di sini lagi," kata Siyat.

"Mereka perlu kembali ke rumah mereka dan tidak tinggal di kamp IDP (kamp orang terlantar) di Mogadishu." Tapi bagi Safiya Mohamed Hassan, seorang ibu dari enam anak yang sekarang tinggal di salah satu kamp pengungsi di ibukota, pindah kembali ke Elasha Biyaha bukanlah pilihan.

"Saya hanya akan kembali jika segalanya kembali ke bagaimana sebelumnya atau lebih baik," katanya. "Pertama toko-toko ditutup, kemudian sekolah-sekolah, kemudian tidak ada air atau letrik. Kemudian mereka mulai berjuang dan kita tidak dapat bergerak bebas. Saya tidak akan kembali sampai keadaan menjadi lebih baik."

Haji Ali Ahmed, sebagai imam di masjid utama kota selesai salat Jumaat, ia memimpin jemaah kecil dalam berdoa bagi perdamaian dan kembalinya penduduk kota. Ahmed, seorang tetua yang berbicara atas nama mereka. "Kota ini perlukan warganya. Sebuah kota tanpa orang bukanlah kota. Kami meminta saudara-saudara kita untuk kembali ke rumah dan toko mereka." 

(Sumber: Al Jazeera/mina  Mei 2013

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails