Tuesday, December 04, 2012

Negara Pengguna Nuklear Bakal Melonjak. M'sia?

 Negara Pengguna Nuklir Bakal Melonjak














Sebuah pembangkit nuklear di Wolsung, Korea Utara (Foto: dok). Dua pembangkit nuklear Korea Selatan ditutup setelah ada kerusakan alat, Selasa (2/10).

JAKARTA: Ketua Badan Pengawas Tenaga Nuklear (Bapeten), As Natio Lasman, menyatakan akan semakin banyak negara yang menggunakan Pembangkit Letrik Tenaga Nuklear (PLTN). Pasalnya, ketersediaan sumber energi fosil semakin menipis.

"Diperkirakan pada 2030, terdapat penambahan PLTN sebanyak 420 unit di dunia," ujar Lsman di Jakarta, Isnin (3/12). Sebahagian besar unit PLTN tersebut ada di Asia. Hal itu dilihat dari dokumen resmi yang sudah diajukan beberapa negara seperti Thailand, India, Korea Selatan dan Cina.

"Sebanyak 290 unit dikuasai tiga negara besar yakni China, India dan Korsel. (Korea Selatan)"

Untuk ke depan, ujarnya, persaingan yang terjadi pada masa yang akan datang adalah persaingan energi. Seperti yang dilakukan oleh investor Jepun yang ingin menanamkan modal di Tanah Air, maka pertanyaan pertama adalah mengenai ketersediaan letrik.

Letrik yang dihasilkan dari tenaga nuklear, jelas Lasman, lebih murah keran hanya dengan 1 gram dapat menghasilkan letrik sebanyak 1 Megawatt atau setara dengan tiga ton penggunaan batubara (arang batu).

Koemen Weblog Ibnu Hasyim: Malayisa tidak mahukah berfikir ke depan dalam ha ini? (IH).

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails