Wednesday, November 21, 2012

Hamas, Roket Fajr-5s, Israel Mulai Takut...

Hamas, Roket Fajr-5s dan Ketakutan Israel
Misile Iron Dome Israel mencoba menghadang roket-roket Hamas

TEL AVIV: Israel mulai khawatir dengan kemampuan Hamas dalam persenjataan terutama kekuatan roket yang terus berkembang. Ahli Rudal Israel, Uzi Rubin mengakui peningkatan kemampuan warga Palestin dalam meluncurkan roket. Dengan fasiliti terbatas, mereka mampu menghantam teruk wilayah Israel.

"Kemampuan orang Palestin, kita dapat beasumsi, telah dirusak, tapi mereka bertahan dengan sisa-sisa yang ada kemudian menjadikannya siklus serangan tembakan," ujarnya.

Serangan roket Hamas yang terkuat menurut Rubin, adalah roket jenis Fajr-5s yang didezain oleh Iran. Hulu ledak roket tersebut mencapai 75 kilometer dengan berat 175 kilogram. Roket tersebut mampu menjangkau Tel Aviv dan Jerussalem. Israel mendakwa Iran telah memproduksi senjata mereka untuk Hamas. Roket menurut Israel diselundupkan Iran melalui Sudan dan semenanjung Sinai Mesir.

Meski di blokade, Gaza memiliki terowong rahsia yang menghubungkannya dengan Mesir. Namun,roket jenis Fajr-5s memiliki panjang enam meter. Sehingga mustahil untuk disembunyikan selama pengiriman. Pihak keamanan Israel mengatakan, pihaknya telah meledakkan sekitar 20 Fajr-5s milik Hamas. Hamas telah meluncurkan roket jenis tersebut sebanyak empat kali ke ibu kota Tel Aviv.

Namun pihak Israel mengatakan, roket jenis Fajr milik Hamas tersebut memiliki kekuatan lebih ringan dibanding seri Fajr lain.Fasalnya, bahan peledak dikurangi untuk menjangkau area yang lebih jauh namun memberikan efek psikologis yang lebih besar. (IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails