Monday, April 23, 2012

Wanita Lebih Agresif Menelefon Pasangan -Oxfort Univ

Wanita lebih sering menghubungi pasangannya

SEBUAH kajian mengenai telepon seluler menunjukkan bahwa wanita menelepon pasangannya lebih kerap dibandingkan dengan pasangannya, lelaki. Hal itu berubah ketika anak-anak perempuan mereka beranjak dewasa dan memberikan cucu. Sejak itu anak dan cucu menjadi orang-orang terpenting dalam kehidupan seorang wanita.

Penelitian dan pengkajian ini dipublikasikan di Jurnal Scientific Reports.

Sedangkan lelaki menelepon pasangan mereka paling kerab dalam tujuh tahun pertama hubungan. Kemudian mereka mengalihkan fokus ke teman-teman lain.

"Ini bukti kuat bahawa hubungan percintaan dikendalikan oleh wanita" Prof. Robert Dunbar, Universiti Oxford

Hasil studi ini didapat dari analisis SMS dan panggilan telepon yang dilakukan oleh tiga juta orang. Menurut mitra studi, Professor Robin Dunbar dari Oxford University, England, penelitian menunjukkan, pada wanita menjaga komunikasi jauh lebih penting dibanding pada lelaki.

"Ini adalah bukti kuat pertama bahwa hubungan percintaan dikendalikan oleh wanita," kata Dunbar pada BBC.

"Mereka [wanita] membuat keputusan dan mereka akan langsung mengejar lelaki malang tersebut sampai ia menyerah!"

Namun data juga menunjukkan, wanita akan lebih fokus pada sahabat di usia pertengahan 30an dan ketika berusia 45 tahun, mereka akan mencari sahabat wanita yang satu generasi lebih muda.

Prof Dunbar juga mengatakan,hasil temuan ini mengindikasikan masyarakat beralih dari sistem patriarkis kembali ke matriarkis. Tujuan proyek ini adalah mencari jawaban akan berbagai jenis hubungan yang dialami seseorang dalam hidupnya. (IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails