Thursday, June 14, 2018

Risiko Muflis Jika M'sia Pinjam Dalam Matawang Yen.




KUALA LUMPUR – Malaysia lebih berisiko untuk muflis jika mengambil langkah meminjam dalam mata wang asing yen berikutan kadar tukarannya dengan ringgit yang tidak stabil, kata Ketua Penerangan Pemuda Umno Shahril Hamdan.
Shahril berkata beliau hairan mengapa Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad memohon pinjaman dalam mata wang Yen dari Jepun untuk menyelesaikan hutang negara, dan bukannya dalam ringgit.
“Pertama, hampir semua hutang kerajaan dalam ringgit. Hanya 2% daripada RM700 bilion hutang kerajaan dalam mata wang asing termasuk yen.
“Kedua, risiko untuk negara muflis lebih tinggi apabila kita meminjam dalam mata wang asing seperti Yen kerana terdedah kepada naik turun kadar tukaran mata wang ringgit-yen dan juga kadar faedah negara Jepun,” katanya dalam satu kenyataan di Facebook beliau.
Shahril turut menegaskan bahawa Malaysia tidak akan muflis jika meminjam dalam mata wang sendiri memandangkan pengeluaran ringgit sendiri dikawal oleh Bank Negara Malaysia (BNM).
“Jadi tak timbul isu negara akan muflis dengan 98% daripada hutang kerajaan didominasi dalam ringgit,” katanya.
Beliau berkata ini kerana, apabila kerajaan berhutang Bank Negara akan memainkan peranan dalam mencetak ringgit pada bila-bila masa dengan keadaan terkawal.
“Sebab itu teknikalnya, sesebuah kerajaan mana-mana di dunia takkan boleh ‘default’ atau muflis daripada hutang mata wang sendiri,” katanya.
Semalam, Dr Mahathir menutup lawatan tiga harinya ke Jepun dengan mengumumkan rakan sejawatannya Shinzo Abe akan meneliti permohonan kredit yen daripada Malaysia untuk membantu masalah kewangan negara.
Katanya, bantuan Jepun itu tidak semestinya dapat melangsaikan hutang negara yang mencecah RM1 trilion, namun ia akan dapat membantu usaha melunaskan hutang tersebut.
Shahril dalam komentarnya itu, turut mempersoalkan tindakan Dr Mahathir kerana katanya negara masih mempunyai hutang berbilion ringgit dengan Jepun.
Hutang itu termasuk melibatkan beberapa projek khusus seperti projek pembangunan luar bandar, pembinaan Hospital Universiti Kebangsaan Malaysia (HUKM), Empangan Beris dan Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) ketika 1990-an.
Beliau berkata penyelesaian mungkin dapat dilihat sekiranya pinjaman daripada Jepun dilakukan melalui projek pembangunan.
“Harap ada penjelasan pakar-pakar ekonomi kerajaan yang bijaksana. Majlis Penasihat hebat-hebat belaka. Cuba jelaskan,” sindirnya.
Shahril merujuk kepada Majlis Penasihat Kerajaan lantikan Perdana Menteri yang dipengerusikan Daim Zainuddin dan dianggotai Zeti Akhtar Azizi, Hassan Merican, Robert Kuok dan Dr Jomo Kwame Sundaram. – MalaysiaInsight

5 comments:

Anonymous said...

Antara tukaran matawang dengan existing interest rate tinggi yg najib luluskn... hmmmm... Susah nak hadam ke...
Cuba lg pakcik ameno...

devina irfan said...

Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mengabdikan waktu saya di sini karena janji yang saya buat untuk Nyonya Elizabeth yang kebetulan merupakan pemberi pinjaman online dari perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat posting saya pada hari ini.

 Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan 2.500.000 Rupiah tanpa tekanan dan tunda, jangan hubungi Dr. James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Nyonya Elizabeth saya bersikeras bahwa dia harus tolong beri tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu sangat mudah tentang bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubungi dia, mengisi formulir aplikasi mengirimnya kembali, mengirim salinan pindaian kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . lalu saya bertanya padanya bagaimana Anda mendapat pinjaman? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Nyonya Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untungnya bagi saya saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya berhasil disetujui tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta untuk membuat janji untuk membagikan kabar baik Nyonya Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan dari 150000000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Elizabeth melalui Email: elizaabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak mendapat yang lain.

Anonymous said...

maaf anon 3:56,

dia bukan pakcik ameno yg seperti tuan katakan..

dia hanya pendokong ulamak burit bini ramai, yg hanya mementingkan seks dalam kehidupan.

sekian.

Asep Novita said...

Halo semuanya

Dengan fakta bahwa ONE BILLION RISING FUND adalah pemberi pinjaman yang sejati dan saya adalah saksi hidup dari perusahaan ini.
Saya Novita Asep, dan baru minggu lalu saya membaca tentang SATU BILLION RISING FUND sebagai satu (Nyonya Efendi Ratu Lisa) memberi kesaksian tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari perusahaan, jadi saya mengambil bunga karena saya memerlukan uang untuk memperbesar bisnis saya, seperti yang telah saya dengar Sebagian besar teman saya berbicara tentang bagaimana mereka di mana menabung untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan pinjaman

Ini adalah waktu saya untuk mengajukan pinjaman secara online dan perusahaan tersebut benar-benar menunjukkan bahwa saya senang karena saya diberi pinjaman kepada perusahaan dan perusahan mo dari perusahaan ini adalah bahwa pemberian pinjaman mereka mudah dan cepat.
Saya menyarankan setiap pencari pinjaman untuk mengajukan permohonan ke perusahaan ini dan stres fianacial Anda akan berakhir karena perusahaan itu asli

Hubungi perusahaan: onebillionrisingfund@gmail.com
BBM: D8E814FC

Asep Novtia
Gmail: asepnovita2@gmail.com

Queen Lisa Efendi said...

saudara-saudara

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku

Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails