Friday, October 01, 2010

Pentagon Bakar 10 Ribu Buku 'Operation Dark Heart'


New York Wednesday, 29 September 2010: Pentagon membeli 10 ribu naskah buku 'Operation Dark Heart' yang mengungkap rahasia intelejen AS.

Setelah dibeli, buku itu dibakar. Mantang perwira Badan Intelijen AS, Tony Shaffer dalam bukunya, Operation Dark Heart, menceritakan pengalamannya selama lima bulan di Afghanistan.

Buku ini mengungkap bahwa militer AS setahun sebelum Serangan 11/9, berhasil mengindentifikasi Mohammad Atta sebagai seorang teroris yang dituding perancang serangan terhadap gedung kembar WTC.

Sebagaimana dilaporkan Kantor Berita AFP, Pentagon membayar 47 ribu dolar yang didapatkan dari pajak rakyat AS, kepada penerbit buku Operation Dark Heart. Shaffer dalam wawancaranya dengan Press Tv mengatakan,

"Saya sudah menyerahkan informasi terkait Atta kepada Komisi Investigasi Serangan 11/9. Akan tetapi informasi itu tidak dimasukkan dalam laporan terakhir komisi itu."

Shaffer juga menepis tudingan Pentagon terkait bukunya yang dianggap dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional AS. Menurut Shaffer, buku itu hanya menceritakan problema birokrasi yang menghalangi operasi intelijen AS terhadap Taliban.

Para pengamat menilai bahwa upaya Pentagon yang menyensor buku itu malah akan berdampak kontra produktif. Hal yang serupa pernah dilalukan CIA pada tahun 1964. Saat itu, CIA melarang buku yang berjudul 'The Invisible Government'. Akan tetapi dampak pelarangan itu malah menjadikan buku itu terlaris di AS.(IRIB/AK)

Lihat ulasan buku...

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails