Tuesday, September 28, 2010

2 Gereja Maluku Dibakar Di Timur Belanda...

Dua geraje yang terbakar di Timur Belanda

28 September 2010 Pelaku dan Motif Pembakaran Gereja Maluku

Hoogeveen, Belanda Senin subuh 27 September 10: Dua gereja kalangan Maluku di Belanda Timur dibakar sementara upaya pembakaran juga dilakukan terhadap gereja Maluku lain. Sejauh ini belum diketahui apa motif di balik pembakaran itu dan juga belum ada pihak yang mengklaim aksi tersebut.

"Memang benar, Senin pukul tiga subuh ada kebakaran di gedung gereja masyarakat Maluku di Hoogeveen; di samping itu upaya pembakaran terhadap gereja lain serta pembakaran gereja di Nijverdal," kata Kalina Pruntel, juru bicara provinsi Drenthe.

Ketiga insiden diperiksa terpisah, tapi polisi juga menyelidiki apakah ada keterkaitannya.

Interogasi
Sejauh ini polisi belum tahu apa motif di balik pembakaran gereja Maluku itu. Saat ini masih terlalu dini menarik kesimpulan soal pelaku dan motif. Polisi masih sibuk menyelidiki dan menginterogasi penghuni sekitar lokasi kejadian, dan berharap mendapat tips berguna.

Sebelum terjadinya pembakaran dan upaya pembakaran gereja-gereja Maluku, polisi tidak mendapat kesan keadaan di kawasan kejadian itu tegang. Tapi untuk kepastiannya polisi masih menunggu hasil penyelidikan di kawasan itu, kata jubir Kalina Pruntel.

Saling berkaitan?
Memang mencolok pembakaran dan upaya pembakaran terjadi pada saat yang sama di lokasi berbeda. Jadi polisi akan menyelidiki apakah ketiga insiden ini saling berkaitan.

Menurut polisi Drenthe masyarakat Maluku terpukul dan kecewa campur marah akibat pembakaran dan upaya pembakaran gereja Maluku. Tapi keadaan tidak tegang. Demikian Kalina Pruntel, juru bicara polisi provinsi Drenthe. (AK/RNW)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails