Monday, November 24, 2008

Bekas Wakil Presiden Indonesia Adalah Agen CIA..


Ibnu Hasyim CATATAN SANTAI:

“UNTUK sementara buku ini tidak dijual.. masih dalam perbahasan..” Demikian lapuran yang kami terima dari Medan, apabila wakil kami ingin membelinya di toko Gramedia petang tadi di kota Medan. Buku yang dijangka akan mengubah pandangan pembaca tentang CIA, bertajuk, ‘MEMBONGKAR KEGAGALAN CIA’ Ditulis oleh Tim Weiner, pemenang hadiah Pulitzer, dengan kata pengantar oleh Budiarto Shanbazy, telah diterjemah ke bahasa Indonesia. (Sila lihat ulasan saya sebelum ini Friday, November 21, 2008 Rupanya CIA Amerika, Tak Se Kuat Mana..

Seluruh tv di Indonesia sedang membahas panas tentang buku ini yang dikatakan, Adam Malik bekas Wakil Presiden Indonesia adalah agen CIA. Menurut KOMPAS halaman 11, ‘Membaca Indonesia dari Laporan CIA’, sekilas isinya membahas tentang buku baru Terbitan Gramedia Pustaka Utama. Buku yang judul aslinya ‘Legacy Of Ashes The History of CIA’ ditulis oleh Tim Weiner ini bersifat on the record atau tidak ada sumber tanpa nama, kutipan tanpa identitas pembicara, gosip.. ini adalah sejarah pertama CIA yang seluruhnya dikompilasi dari dokumen-dokumen utama….

Juga disebutkan keterlibatan secara tidak langsung CIA dan Pemerintah AS dalam perencanaan kudeta tahun 1965 di Indonesia, persekutuan Presiden Sukarno dengan PKI dan Adam Malik adalah agen CIA dari Indonesia. Antaranya menyebutkan..

“……tanggal 1 oktober 1965 sebuah gempa politik pecah di Indonesia. Tujuh tahun setelah CIA berusaha menggulingkannya, Presiden Sukarno secara diam-diam telah melancarkan sesuatu yang tampak sebagai usaha kudeta terhadap pemerintahannya sendiri. Setelah berkuasa selama dua deade, Sukarno yang mengalami masalah kesehatan dan kemunduran dalam membuat penilaian, berusaha menopang kepemimpinannya, bersekutu dengan PKI (hal 329)…..” Sumber Kompas, minggu 23 November 2008, hal 11.

“Saya merekrut dan mengontrol Adam Malik,” kata Clyde McAvoy, pejabat tinggi CIA dalam wawancara tahun 2005, khusus untuk pengumpulan bahan guna penerbitan buku ini. McAvoy bertemu Adam Malik di Jakarta tahun 1964, …..”dia pejabat Indonesia tertinggi yang pernah kami rekrut” (hal 330) Sumber Kompas, minggu 23 november 2008.

Tentu saja, karena menyangkut nama baik seseorang apalagi tokoh yang sudah pernah dipercaya menjabat Wakil Presiden, buku ini perlu segera memperoleh klarifikasi, sebagaimana bagian yang menyebutkan, Bung Karno bersekutu dengan PKI. Klarifikasi mutlak harus dilakukan agar pembaca tidak ikut-ikutan menebar fitnah. Tetapi pada sisi lain, jangan menjadikan diri kita sebagai seekor burung unta. Tidak pernah mau tahu kebenaran, oleh karena sibuk membenamkan kepalanya ke dalam gundukan pasir”. Kata Julius Pour, (wartawan dan penulis buku) sumber Kompas, minggu 23 November 2008.

Itulah kontraversinya sekarang.

Catatan santai: ibnuhasyim.com
(e-mail: ibnuhasyim@gmail.com)
Nov24, 08. KL


7 comments:

INILAH.COM said...

BERITA
INDEKS BERITA
24/11/2008 20:45
Adam Malik & Tabir Intelijen
Kontroversi Kabar Adam Malik Sebagai Agen CIA (2-Habis)
Anton Aliabbas


(inilah.com/Subekti)

INILAH.COM, Jakarta - Dalam sekejap isu keterlibatan Adam Malik dalam badan agen rahasia AS, CIA, langsung jadi santapan publik. Kabar itu langsung disambut kontroversi di Indonesia. Benarkah mantan Wakil Presiden itu seorang intel asing?

Polemik ini memang dituai oleh Tim Weiner dalam bukunya 'Membongkar Kegagalan CIA'. Dalam buku ini, Tim mengutip pernyataan eks agen CIA Clyde McAvoy. McAvoy yang pada medio 1960-an disebut bertugas di Jakarta mengaku telah 'membina' Adam Malik.

Tak ayal, info ini langsung menuai protes. Wapres Jusuf Kalla misalnya, mengaku sangsi dengan kebenaran tulisan tersebut. "Pertama, basis politik Pak Adam Malik tidak sama dengan kepentingan Amerika Serikat. Pemikiran beliau lebih kepada pemikiran sosialis. Adam Malik kan pendiri Partai Murba. Jadi tidak mungkin menjadi agensi CIA," urai JK.

Wapres mengakui sosok Malik yang banyak mempunyai teman. Tapi bukan berarti kabar menjadi spionase asing itu mudah ditelan begitu saja. "Pak Adam Malik tidak seperti itu, karena alasan kepribadian dan alasan pemikiran politiknya. Beliau pendiri Partai Murba. Mana mungkin orang Murba jadi agen CIA. Mana orang Amerika percaya. Saya yakin tidak seperti itu," tegas JK.

Politisi senior PDI Perjuangan Taufiq Kiemas juga ikut meragukan ucapan McAvoy. Malik, di mata Taufiq, memang aktif memprakarsai gerakan Manifesto Kebudayaan (Manikebu).

"Dan itu didukung Soeharto dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX, kelompok militer nasionalis. Realitanya mereka adalah kelompok yang melawan komunis," ujarnya.

Soekarno saja, kata Taufiq, pernah didekati AS saat awal kemerdekaaan. Alasannya, untuk membujuk Soekarno tidak melakukan nasionalisasi perusahaan gas dan minyak milik asing. Karena itu, wajar saja kalau CIA juga mendekati Malik untuk menghadang laju komunis di Indonesia.

"Terlalu murah kalau cuma dikasih US$ 10.000," cetus Taufiq.

Pada prakteknya, perekrutan seseorang menjadi agen adalah hal lumrah. Sebab, dinas intelijen tidak memiliki kemampuan yang dapat mencakup semua aspek. "Ada keterbatasan sebuah institusi intelijen sehingga masuk akan kemudian bila ada orang yang mau diajak kerjasama," ujar pengamat intelijen dari UI, Hariyadi Wirawan.

Menurutnya, ada 4 prinsip dalam melakukan perekrutan agen yakni money, ideology, compromise dan ego. Bila sudah ada target maka agen tersebut akan menentukan prinsip mana yang akan dilakukan untuk mendekati calon intel tersebut. "Ini bukan hal baru dan tidak biasa, sudah umum bila ada perekrutan dan orang diarahkan," cetusnya.

Ketua Departemen Hubungan Internasional UI ini menjelaskan bila dikaji dari 4 faktor tersebut maka masuk akal ada isu Malik menjadi agen CIA. Alasannya, Malik merupakan pentolan Partai Murba yang saat itu dihancurkan oleh PKI.

"Jadi ada usur balas dendam untuk menghancurkan komunis. Logikanya seorang pimpinan Murba sulit untuk masuk menjadi pejabat di era Orde Baru bila tidak ada apa-apa," tegasnya

Dirinya menilai CIA pasti mempunyai dokumentasi siapa saja yang pernah direkrut menjadi agen. Meski, kata Hariyadi, data itu dulu dipegang oleh bagian yang melakukan perekrutan.

"Pimpinan institusi agen saja bisa tidak tahu karena semuanya bisa menggunakan nama samaran, tetapi semua didokumentasikan lengkap," papar dia.

Karena itu, keterangan McAvoy ini bisa diverifikasi lebih lanjut. Sebab, badan intelijen seperti CIA memiliki dokumen lengkap dan dapat dibuka ke publik. "Memang ada kebijakan untuk menghilangkan dokumen bila itu menyangkut kepentingan strategis Amerika," jelasnya.

Namun, dirinya menduga, kalaupun Malik pernah menjadi agen maka data di CIA masih tetap ada. Sebab, CIA tidak memandang Malik sebagai tokoh yang strategis karena merupakan penganut marxisme.

"Saya malah memperkirakan ada agen yang lebih sentral dan strategis yang pernah direkrut, tapi tidak akan pernah dibuka. Itu kita bisa tahu hanya berdasarkan pengakuan saja," tegas Hariyadi.

Polemik Adam Malik akan terus berlanjut bila memang nantinya pihak keluarga mempersoalkan masalah ini. Dan ini bisa jadi entry point untuk menguak siapa saja yang menjadi 'pengkhianat' kala itu. Jawabannya tinggal tunggu waktu saja saat CIA membuka dokumennya kepada publik.[Habis/L4]

ibnuaki said...

hati-hati dengan pemimpin politik tertentu....tak mustahil ada yang jadi agen CIA, FBI, Illuminati, dan yang lebih parah lagi kalau ada agen mossad menyusup dalam negara kita..

DPermai said...

Sbb tu pergantungan total kpd Allah sangat penting, kerana dek sibuk berpolitik, cari harta, glamor, pangkat dll di dunia yg serba canggih sekarang ni, menyebabkan kadang2 kita lalai.. (termasuk diri ku)..
Allahlah tempat bergantung, Allah lah maha mengetahul, maha segala2nya..

Kerana kita tak tau apa dlm isi hati manusia, kita hanya boleh menilai melalui pandangan mata, terhadap kata2 & tindak tanduk luaran mereka saja..
Memang kita tak boleh lari dari prasangka terhadap seseorang esp klu dulunya memang teruk & jahat..tapi akhir2 ni nampak ok (dlm contact agama) atau sebaliknya, dulu2 kelihatan baik, tapi akhir2 ni kelihatan tak ok, maka uk menilai mereka tu..mohonlah bantuan Allah. Sbb penilaian kita ni amat penting utk kita mengundi misalnya..

sensasi88 said...

A,kum....
Dr Dr Zeti Akhtar Aziz selaku gabenor Bank Negara Malaysia telah memaklumkan kepada media bahawa kemelut kemelesetan ekonomi dunia akan di rasai pada tahun hadapan iaitu tahun 2009.

Bermula hujung tahun 2008 ini pun bahang kemelesetan ekonomi itu telah pun di rasai di mana ada beberapa syarikat perbankkan dan insurans yg disegani dunia telah tutup bangkrap dan sebagainya.

dan baru baru ini syarikat gergasi seperti GOOGLE telah menyatakan langkah berjaga jaga yg di ambil utk mengatasi masalah kemelesetan ekonomi dunia dengan mengurangkan jumlah pekerjanya.

Manakala Majalah FORBES di india turut mennyenaraikan jumlah kekayann 40 billioanaire di india yg menurun sebanyak 1/2 kali ganda iaitu dari 300 billionn ke angka 160 billion.

ini adalah satu pentanda awal akan terjadinya satu reformasi permasalahan ekonomi yg maha dasyat tak lama lagi iaitu pada tahun hadapan, tahun 2009.

pada kemelut yg lepas iaitu di zaman krisis ekonomi tahun 1997-1998, umum telah mengaetahui bagaimana dasyatnya penangan kemerosotan ekonomi di mana kita lihat bayak syarikat, kilang dan persuhaan yang tutup kerana tak dapat menanggung bahana akibat dari kemelsetan ekonomi yang berlaku.

Ada juga syarikat yg bertahan tetapi terpaksa memngurangkan pekerja, kurankan waktu bekerja dan berbagai bagai langkah drasti terpaksa di ambil.

pada tahun depan iaitu tahun 2009 kita akan lihat perkara sebegini akan berulang kembali malahan lagi dashat !!

jadi kepada sebagai manusia juga sebagai rakyat malaysia kenalah mengambil langkah berjaga jaga dan bersiap sedialah mengumpul sebanyak mana dana yg perlu bagi menghadapi tahun kemelesetan ekonomi paling kronik yg akan melanda tahun depan.

di sini ada berberapa tips untuk anda semua bagi menyediakan bekalan tersebut, di mana tak kala org lain asyik jual tanah, jual rumah, jual kereta pada tahun hadapan, anda pula sibuk buat harta...beli tanah, beli rumah dan beli kereta kerana di jangkakan semuanya kan jadi murah mulai tahun depan.

bagaimana perkara hebat ini akan terjadi ??

rahsianya ada di sini...

lawatilah

bekalan untuk tahun 2009 [www.extrememan2u.com]


TQ

jangjr said...

assalamualaikum sensasi88

anda boleh menulis sampai berjela jela tetapi untuk memberi salam anda tulis seringkas ringkasnya.
Bila saya ingin membeli sesuatu produk saya akan meneliti produknya dan juga penjualnya sekali. Jika saya suka sesuatu produk dan saya tidak suka penjualnya saya boleh beralih angin kepenjual lain. Dan satu lagi saya takkan klik sesuatu link melainkan saya tahu link itu membawa saya kemana. Teristimewa link yang ada referal. Akan saya gantikan referal itu dengan XXX.
Saya bukan against sesapa tetapi saya mahu sesuatu itu dilakukan tanpa ada muslihat disebaliknya.

Koboi BM said...

Percayalah ......seseorang itu membeli bukanlah kerana sesuatu barang tetapi di sebabkan orang..maksudnya setiap apa yg dibeli tergantung siapa yg menjualnya...namun teori yahudi selalu mengatakan orang membeli kerana barang dan dalam Islam teori mengatakan ORANG MEMBELI BARANG KERANA ORANG.......

Enche' Eyezoodean said...

Assalamualaikum,

Buku ini cuma ada di pasaran Indonesia kan?
Apakah saudara ada stoknya jika saya ingin membeli buku ini?

Terima kasih

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails