Thursday, February 07, 2013

Iklan 'Buka Bajumu', Thai Tersinggung


Acara komedi Amerika Serikat, Saturday Night Live Acara komedi Amerika Serikat, Saturday Night Live (Telegraph)

KELUCUAN dalam acara sketsa komedi populer Amerika Syarikat (AS) bertajuk Saturday Night Live, telah menyinggung pemerintah Thailand. Kelucuan itu adalah iklan yang menawarkan kursus bahasa Thailand oleh perusahaan Rosetta Stone.
Iklan tersebut menampilkan seorang lelaki secara sembunyi-sembunyi mempelajari kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan malam di Thailand seperti "buka bajumu" dan "apa itu (tarif.red) untuk semalam?" Lucu yang sepontan menyinggung pemerintah Thailand.

Seperti dilaporkan Telegraph, Selasa 5 Februari 2013, Menteri Pendidikan Thailand, Sonthaya Kunploem, mengatakan pemerintahnya sedang cuba untuk melarang video tersebut diedarkan di internet.

"Iklan itu mengsalahertikan gambaran sebenar Thailand dan rakyatnya," ujar Sonthaya seperti dikutip Telegraph.

Sonthaya menegaskan, Kementerian Pendidikan bekerja sama dengan Menteri Luar Negeri akan mengirim surat protes kepada pemerintah AS dan meminta Kementerian Informasi untuk menghapus video tersebut dari internet. Walaupun rakyat Thailand merupakan pemeluk Budha yang taat, tetapi industri seks di sana tetap bergelumang.

Seperti halnya di sesetengah kota di banyak negara, prostitusi  di Thailand adalah ilegal, walaupun orang ramai boleh dapat dengan mudah. Tayangan di tv NBC ini, mendapat kritikan tajam di forum internet. Namun beberapa warga Thai mengatakan pemerintah tidak dapat menyembunyikan bahawa fakta (industri seks.red) itu memang ada.

"Pemerintah dengan mudah berusaha untuk menutup mata dan tidak memperdulikan tentang masalah ini," tulis Thanachai Chomchurnjai dalam sebuah forum di internet. (IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails