Friday, January 25, 2013

Ini, Pasar Makanan Terbesar Di Dunia



RUNGIS adalah sebuah pasar makanan seluas 234 hektar. Pasar makanan terbesar di duniat. Pasar berisi makanan segar mulai dari buah hingga kepada daging. Berlokasi 7 km dari Kota Paris, di Perancis. Macam kilang berbanding pasar biasa.

Rasanya tidak hairan Perancis jadi kota kuliner kenamaan dunia. Inilah tempat para koki belanja makanan segar tiap hari mulai dari daging, seafood, roti, keju, hingga potongan bunga segar, Setdaknya ada 18 juta konsumer yang berkunjung setiap hari.


Makanan yang dijual pun tidak tanggung-tanggung, 1,451,388 ton setiap harinya. Tidak hairan Rungis ada stasyen kereta dan jalan tol sendiri untuk distribusi semua barang dagangan. Pasar seluas 234 hektar ini terdiri dari beberapa bahagian besar (paviliun) yakni 1 paviliun untuk ikan dan seafood, 9 paviliun untuk buah dan sayur, 4 paviliun untuk mentega-telur-keju, dan 1 paviliun untuk bunga-bunga segar.


Pasar yang resmi dibuka pada 3 Mac 1969 ini akan memenuhi hasrat pelancong. Bukan sahaja produk jadi pilhan, tetapi juga bahan-bahan segar di Paris. Buah dan sayurnya luar biasa segar. Kentang, bawang, aneka jamur besar-besar, juga buah-buahan tropis dengan kematangan yang ranum. Paviliun ikan dan seafood menjual aneka ikan air laut dan air tawar, kerang, lobster, cumi, gurita, termasuk produk beku.

Segala aktiviti di Rungis dimulai tengah malam, hingga pukul 06.00 pagi waktu setempat. Pelancong hendaklah datang selambat-lambatnya pukul 04.00 pagi waktu setempat agar tidak ketinggalan segala aktiviti di dalamnya. Sebelum masuk, tiap orang wajib mengenakan baju serba putih macam masuk dalam klang. (IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails