Thursday, July 19, 2012

Foto Bersejarah Merubah Dunia. (1-10)

1. Gambar Ini Ubah Fikir AS Terhadap Vietnam (1968) 
SEMASA Jenderal Nguyen Ngoc Loan, ketua Pois Vietnam Selatan mulai menarik pelatuk pistol kearah seorang komandan gerila Vietkong, fotografer Associated Press Eddie Adams mulai menekan tombol shutter kameranya.

Eddie Adams memperoleh penghargaan jurnalisme tertinggi, Pulitzer, melalui foto yang diambilnya ini. Namun lebih dari itu, foto ini mengubah pemikiran masyarakat Amerika Syarikat (AS) terhadap Perang Vietnam, yang memicu gerakan anti perang dan menginspirasi lahirnya 'generasi bunga' di AS waktu itu.(1968)

Bagi jenderal itu, foto ini membuatnya menjadi ikon kekejaman dan ejekan disertai penolakan yang selalu menghambatnya ke manapun dia pergi sampai akhir hayatnya.

2. Jenderal Soedirman Dalam Usungan (1948)
 
MENURUT pencatat, "Foto diatas [Jenderal Soedirman Dalam Tandu (1948)], saya dapatkan tahun 2001, dan saya kesulitan mengingat sumbernya.."

Pak Dirman (Soedirman)adalah Jenderal pertama dan termuda yang dimiliki Indonesia. Salah satu teladan dan tokoh terbesar yang dilahirkan bangsa. Tokoh yang dikenal sangat teguh berpegang pada prinsip ini juga sangat tangguh. Dalam keadaan sangat lemah kerana paru-parunya tinggal sebelah, dia memimpin perjuangan gerila selama 7 bulan menghadapi agresi militer ke-2, berpindah dari hutan ke hutan dengan ditandu (usung) dan tanpa ubat sama sekali.

Hanya semangat pasukan dan kepasrahan dirinyalah yang menjaganya tetap tegar. Semangat dan keteguhan Pak Dirman terus menjadi penggerak perjuangan kala itu. Dan foto ini terus menjadi pengingat dan pembangkit 'dunia Indonesia', begitu banyak nilai baik, prinsip dan keteguhan yang kini mulai luntur dimana-mana. Semangat perjuangannya dirakamkan dan menjadi impian masa kini.


3.Wanting A Meal (1993)
KEVIN Carter berangkat ke Sudan dengan niat untuk mengambil foto pemberontakan yang terjadi. Namun sesampainya disana, justeru korban kelaparanlah yang menarik minatnya. D jalan dia menjumpai seorang kanak-kanak perempuan kelaparan merangkak lemah, susah payah menuju pusat pembagian makanan, berhenti di tengah jalan dan mengumpulkan tenaga.

Di tengah kejadian itu, seekor burung bangkai datang dan menunggu kanak-kanak tersebut. Carterpun mengabadikan kejadian tersebut. Foto ini pertama dimuat di akhbar New York Times, dan reaksi keras bermunculan mengkritik Carter yang tidak menolong gadis kecil ini. Carter beralasan dia sudah mengusir burung bangkai tersebut sesudah mengambil foto, namun tidak menolongnya kerana konvensi fotografer yang tidak boleh ikut campur dalam konflik (?).

Kontroversi terus menghujani Carter, meskipun hadiah Pulitzer diterimanya atas karyanya ini. Tahun 1994, Carter ditemui bunuh diri dengan sengaja, mengalirkan gas CO dari knalpot kereta ke dalam ruangannya. Dia meninggalkan catatan yang isinya berupa penyesalan dan kesedihan kerana tidak menolong kanak-kanak kecil itu, juga frust akibat terjerat hutang serta sedih kerana sahabat karibnya tertembak.

Foto ini selalu mengingatkan tragedi kemanusiaan di Afrika dan tragedi dalam dunia fotografi itu sendiri, keduanya memang tidak boleh dipisahkan.

4. Pendaratan Normandy (1944)
ROBERT Capa memiliki pakej pembelanjaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan yang sangat terkenal, “Jika hasil fotomu tidak bagus, bererti kamu kurang dekat.” Begitulah kira-kira.

Sebelum era Capa, jurnalisme foto masih belum begitu dihargai. Robert Capa seperti menjadi penanda pentingnya jurnalisme fotografi yang kemudian menjadi sangat berpengaruh di banyak peristiwa besar dunia. Karya Capa paling dikenal adalah serangkaian foto pendaratan Normandy dimana dia ikut dalam rombongan airborne yang mendarat di pantai OmahaPerancis selama perang dunia ke 2.

Terjebak dalam hujan peluru dan granat antara Sekutu-Jerman, dan selama beberapa jam awal berhasil mengambil 106 foto dari kamera Comtax berlensa pendek 50mm dan 6 roll filem untuk mengabadikan invansi yang menjadi awal tumbangnya Adolf Hitler ini. Kesalahan yang dilakukan staf pencucian filem membuat semua fotonya terlihat kabur, namun pakej Capa kemudian diikuti seluruh jurnalis foto sampai detik ini: mengabadikan peristiwa dari jarak sedekat mungkin. Karya Capa lainnya boleh didapati.

5. Lynching (1930)
SERAMAI10,000 warga kulit putih nekad mengamuk dan menggelandang dua pemuda kulit hitam dari penjara, serta menghukum mereka dengan hukuman gantung tanpa keputusan hakim.

Kedua pemuda ini dituduh memperkosa seorang gadis kulit putih. Peristiwa terjadi di Marion-Indiana, dimana pengadilan massal sering sekali terjadi jika pelaku yang menjadi tertuduh adalah warga kulit hitam.

Foto pengadilan masal seperti ini dulu sering dibuat menjadi postcard untuk menunjukkan supremasi kulit putih. Wajah mayat yang digantung berbanding kontras dengan kepuasan yang diperlihatkan warga, sebuah monumen kekejaman dan sikap barbarian…

6. Earthrise (1968)
FOTO ini adalah foto planet bumi yang diambil pertama kali dari luar angkasa. Banyak orang menyebutnya sebagai foto lingkungan hidup paling berpengaruh yang pernah diambil. Diambil pada malam natal tahun 1968, oleh kru Apollo 8, William Anders. Foto ini mengingatkan banyak orang akan ringkihnya eksistensi manusia dan kecilnya planet dibandingkan alam raya.

7. Tragedi Tiananmen (1989)
DEMONTRASI sekitar 3,000 mahasiswa di Beijing berubah menjadi demosntrasi masal jutaan rakyat Cina, meminta reformasi pemerintahan yang tidak adil. Selama 7 minggu, rakyat dan tentara berhadap-hadapan dan saling mengejek. Saat partai komunis mulai mengerahkan tank untuk membubarkan masa, seorang mahasiswa nekad menghadang laju sebarisan tank, berdiri tegap didepannya sambil memegang tas.

Seorang pahlawan lahir. Pahlawan kedua lahir, saat pengemudi tank menolak perintah komandannya untuk melindas mahasiswa tersebut dan memilih berjalan memutarinya. Kejadian ini memang tidak berakhir indah kerana pembantaian akhirnya terjadi di lapangan Tiananmen. Namun sejak itu masyarakat Cina mulai sedar, selalu ada harapan akan kesatuan antara tentera dan rakyat.

8. Foto Manusia Dengan Sinar Rontgen Pertama (1896)
SEMASAa bereksperiman dengan tabung sinar katoda yang ditambahi barium platinosianida, Rontgen terkejut ketika mendapati bahwa hasil foto ternyata menghasilkan efek pendaran yang berbeda.

Menyedari kekuatan sinar yang dihasilkan tabung itu, Rontgen memotret tangan isterinya (perhatikan cincin kimpoi yang melingkar) dan membuat foto sinar X yang pertama. Sebelum itu, dokter tak pernah dapat melihat bahagian dalam tubuh manusia kecuali membedahnya. Rontgen sendiri memperoleh hadiah Nobel fizik tahun 1901.

9. Loch Ness (1934)
LEGENDA monster Lochness di Skotland sebenarnya sudah berhembus sejak abad ke 1. Namun tidak, sebelum foto diatas dicetak dan tersebar. Cerita palsu ini menjalar keseluruh penjuru dunia.

Foto ini bertanggungjawab atas puluhan tahun spekulasi, million dolar wang dari poket pelancong yang datang dari seluruh penjuru dunia dengan eksplorasi bawah air yang mahal dan menghabiskan tenaga. Semua gara-gara foto palsu ini. Christian Spurling, Marmaduke dan Ian Wetherell merakit monster palsu dari mainan kapal selam dan kayu. Dengan mengambangnya diatas danau, kemudian merakam dengan kamera.

Pengakuan mereka 60 tahun kemudian (1994) terbukti gambar itu palsu dan hanya direka. Gambar ini hanyalah permainan kapal selam yang dilengkapi oleh kepala ular laut. Ianya mengakhiri spekulasi tentang kebenaran cerita monster Loch Ness. Foto ini mungkin sekali adalah foto rekaan pertama kali didunia.

Selain itu menandaskan kembali kenyataan 'Kamera tidak pernah berbohong…manusialah yang berbohong!'

10.Kent State (1970)
KETIKA presiden Richard Nixon mengatakan dia sedang mengirimkan pasukan ke Kemboja, mahasiswa di negara itu melancarkan protes. Di Kent State beberapa orang melempar batu.pasukan nasional Ohio dan masuk ke pergumulan. Tiba-tiba berlaku tembakan kepada para pemrotes,dan mengorbankan 4 orang. Dua diantaranya ketika sedang berjalan menuju ke kelasnya.

Foto ini menangkap momen penting dimana perajurit Amerika sudah menewaskan anak amerika. Fotografer mahasiswa John Filo memenangkan Pulitzer. Peristiwa itu juga diingat pada lagu Neil Young dan filem TV. Gadis yang bernama Mary Ann Vecchio kemudian berbalik tidak mahu menjadi mahasiswa Kent State dan dikirimkan kembali ke keluarganya di Florida.
(IH)

Bersambung..

Lihat sebelum ini..

2 comments:

Anonymous said...

sayangnya tiada tersiarnya gambar kekejaman tentera Indonesia (TNI) terhadap penduduk aceh dan Papua Barat..

Anonymous said...

sayangnya tiada tersiarnya gambar kekejaman tentera Indonesia (TNI) terhadap penduduk aceh dan Papua Barat..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails