Sunday, July 25, 2010

Aceh: Antara Persiapan Ramadzan

Membajak Kebun

Seorang petani tradisional membajak tanah kebun menggunakan sapi di Desa Babah Jurong, Kuta Baro, Aceh Besar, Senin (24/5). Saat ini sejumlah petani sudah mulai membajak tanah untuk persiapan menanam timun untuk dijual pada bulan Ramadan mendatang.

Krui Pade

Petani sedang memisahkan padi kosong dan padi berisi (krui pade) di Desa Teupin Punti, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Rabu (16/6)

Masjid Bujang Salim

Sejumlah anak-anak pulang dari pengajian di Masjid Bujang Salim, Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (17/6/2010). Masjid ini dirintis pendiriannya oleh seorang tokoh besar Krueng Geukueh, Teuku Rhi Bujang Selamat atau Bujang Salim (1891–1959) pada tahun 1923. Masjid adalah pusat kegiatan Ramadzan.

Masjid Agung Ruhamah

Begitu juga dengan Masjid Agung Ruhamah yang terletak di pusat Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, sebagian telah selesai direnovasi. Masjid kebanggaan warga Kota Takengon ini, tampak megah ketika diterpa sinar bulan. Foto direkam Kamis (29/4)

Menara Modal

Menara Masjid Raya

Menara Modal Masjid Raya Banda Aceh pada malam hari, Selasa 4 Mei 2010. Menara dibangun pada tahun 1989 sebagai monumen bahwa Aceh merupakan "Daerah Modal" perjuangan kemerdekaan RI. Selain itu, menara setinggi 53 meter ini juga berfungsi sebagai sebagai menara azan dan menjadi sarana wisata spritual. Selama ini, terutama pada hari-hari Minggu dan hari-hari libur lainnya, lingkungan masjid raya itu dipenuhi pengunjung. Tujuannya, untuk naik ke puncak menara dengan lift. Dari puncak menara itulah, warga menatap seluruh wilayah Banda Aceh dari ketinggian.

Anak Nelayan Danau Laut Tawar

Seorang nelayan bersama tiga adiknya bermain sambil menangkap ikan Depik di Teluk One-One, Danau Laut Tawar, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (19/5). Bagi sebagian besar warga seputar Danau Laut Tawar, mencari ikan Depik menjadi profesi utama yang dapat menghidupi keluarganya. Mampukan mereka hadapi Ramadzan dalam suasana begini?

Tarik Pukat

Begitukah juga dengan dua nelayan sedang menarik pukat di kawasan bekas Pelabuhan Pardede, Desa Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, (gambar Selasa (9/3) pagi) ini?

Pacu Kuda

Tiga joki anak-anak memacu kudanya dalam lomba pacu kuda tradisional di Desa Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah, Sabtu (26/8/2006). Pacu Kuda yang merupakan tradisi tahunan di dataran tinggi Gayo dikuti oleh joki-joki cilik dari Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues. Mungkin ini bukan kerana persiapan Ramadzan.

(Rujukan Serambinews/IH)

1 comment:

Anonymous said...

Di malaysia sambutan ramadannya macam mana yak

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails