Wednesday, May 11, 2011

Kanak-Kanak 14 Tahun Buat Bom Buku Sendiri

Bengkulu Indonesia 10 Mei 11: Seorang anak kelas VIII (kelas 3) sebuah Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kepahyang dipanggil FY (14) ditangkap polis setelah dilaporkan membuat bom buku. "Yang melapor, bapanya sendiri, setelah ditemukan benda menyerupai bom buku di atas rumahnya," kata Kepala Bidang Humas Polda Bengkulu, AKBP Heri Wiyanto Selasa semalam.

Atas laporan itu, Polres Kepahyang mengamankan FY dan melakukan interogasi. Selain di Polres, FY juga dibawa ke Markas Polda Bengkulu. "Pak Kapolda juga ikut melakukan interogasi tadi. Berdasarkan pengakuan sementara, dia (FY) hanya iseng merakit benda itu," kata Hery.

Kemudahan itu, lanjut Hery, muncul setelah FY membaca buku yang dia curi dari sebuah perpustakaan Sekolah Dasar (SD) di dekat rumahnya. Buku itu, berjudul Mengungkap Berita Besar dalam Kitab Suci. "Setelah membaca buku itu, FY mengaku pening. Kemudian mengambil pisau dan melubangi buku dan dibuat menyerupai bom," kata dia.

Namun demikian, setelah polis melakukan pemeriksaan terhadap buku yang dirakit menyerupai bom itu, tidak ditemui adanya detonator dan bahan peledak. "Buku yang dia lubangi itu dimasukin rangkaian yang berasal dari stick PlayStation," kata Hery.

Namun demikian, lanjut Hery, polis tak percaya begitu saja dengan alasan nudah FY itu. Pihak polis, kata dia, akan terus menyelidiki latar belakang FY yang sebenarnya. "Kalau memang benda itu ditujukan untuk menimbulkan keresahan masyarakat, bisa kita jerat dia," kata dia.

FY yang masih berusia 14 tahun itu terancam dijerat dengan UU Terorisme jika terbukti ingin melakukan teror dengan bom buku yang dia rakit itu. Namun, tuduhan itu masih perlu pembuktian. Sementara, polis menjerat FY dengan pasal pencurian buku yang dia baca. "Sekarang kita kembalikan ke Polres Kepahyang. Penyelidikan akan kita lanjutkan," kata Hery. (IH)

Lihat sebelum ini...

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails