Friday, November 08, 2013

Komik Berbau Islam Di AS. Cuba Nilaikan Baik Buruknya..

BERITA mengejutkan datang dari perusahaan komik dunia asal Amerika Serikat Marvel Comics. Mereka mencipta sebuah tokoh kartun pahlawan super terbaru. Semakin menarik sebab pahlawan super ini perempuan Muslim, seperti dilapor oleh televisyrn Aljazeera (6/11).

Nama Marvel memang tidak sembarangan di dunia kartun dan animasi lainnya. Mereka pencipta beberapa pahlawan super akhirnya digemari sejagat seperti Spiderman, dan masih banyak lagi. Pencetusnya memang berasal dari dua pegawai Marvel kebetulan Muslim bernama Sana Amanat dan G. Willow Wilson, seorang mualaf dan pembuat komik.

 "Saya menceritakan masa kecil saya sebagai Muslim-Amerika dan membuat Wilson tertarik jalan ceritanya," ujar Amanat. 

Di tengah gelombang anti-Islam di negara-negara barat dan rasisme kelas bawah, namun kelas pekerja di negara itu menunjukkan keterbukaan mereka pada agama dibawa oleh Nabi Muhammad itu. Banyak Muslim mulai diterima di pelbagai lapangan pekerjaan meski tidak sedikit pula mengalami tindakan tdak menyenangkan.

Islam di AS memang berkembang sangat pesat. Data lembaga survey untuk kehidupan beragama Pew pada November tahun lalu mengatakan Muslim bertambah 2.6 juta setiap tahunnya dan menuju kepada agama terbesar kedua setelah Protestan dan Yahudi.

Apa istimewanya pahlawan super Muslimah dari Marvel ini? Seni merupakan media yang mudah diterima banyak kalangan. Pahlawan super diberi nama Kamala Khan ini bakal menggambarkan sosok remaja perempuan Muslim dan kesehariannya. Nantinya akan disesuaikan dengan keberagaman selera pembaca dan perkembangan zaman. Dia mempunyi kekuatan menyusutkan dan memperbesar tubuhnya. 

Meski Muslimah, Kamala tidak banyak mengadopsi hukum Islam seperti penggunaan hijab. Namun pencipta Kamala juga tidak mendandani pahlawan super itu dengan pakaian ketat seperti dilakukan Marvel pada komik-komiknya terdahulu.

Kemunculan komik ini menggambarkan Islam semakin  diterima oleh banyak kalangan di AS dan diharapkan akan terus menekan angka rasisme di negara itu. Begitulah kisahnya kirara-kira. Ya, anda sendiri boleh nilaikan baik buruknya! (IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails