Sunday, April 04, 2010

Virus Baru HP 'MMS Bomber' Menyerang Pengguna.

PENGGUNA


BEIJING April, 10: Baru-baru ini, satu virus baru telefon bimbit diberi nama "MMS Bomber" menyerang China. Jutaan telefon bimbit di negeri itu terkena serangannya, demikian laporan Beijing Business News.

Team teknik atasi darurat jaringan komputer nasional pun bertindak. Mereka mengingatkan pengguna telefon bimbit bahawa sasaran virus itu adalah peralatan dengan sistem operasi Symbian S60, yang banyak digunakan smartphone Samsung dan Nokia.

Virus tersebut menyamar sebagai satu aplikasi, namun begitu terinstalasi, virus itu akan secara otomatik melakukan hubungan dengan Internet dan mengirim pesan MMS berisi URL jahat ke banyak telefon bimbit secara acak tanpa diketahui pemakainya. Hal ini mengakibatkan rugi wang bagi pengguna HP.

Serangan virus itu pertama kali dibongkar oleh "Mobile Security Center of NetQin Mobile Inc", penyedia utama layanan keamanan telefon bimbit, pada awal Februari 2010 lalu. Data statistik perusahaan itu memperlihatkan paling sedikit 100,000 HP sudah terserang.

"Nampak jelas, virus itu memiliki mekanisme pertahanan diri. Setelah menyerang, virus tersebut akan cepat-cepat melumpuhkan sistem program manajemen pada HP yang diserang, dan pemakainya takkan dapat menghapus virus itu," kata Dr Zou Shihong, pemimpin ilmuwan di NetQin. (AK)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails