Friday, January 07, 2022

Indo: Kisah Pengepul Belut Sawah, Kini Jadi Jutawan

 


INSPIRASI BISNIS

PALEMBANG – Belut sawah asal Sumatera Selatan mulai masuk ke pasar International. Jordi, pemilik usaha pengepul belut di jalan Padang Selasa, Bukit Besar, Palembang, kini menjadi jutawan. 

Dirinya memiliki usaha untuk mengumpulkan belut sawah yang ada di sejumlah kabupaten di Sumatera Selatan. Melalui jalur ekspor yang mudah menggunakan pesawat udara, membuat distribusi ke negara China menjadi lancar. 

Kolam belum sawah milik Jordi menjadi tempat dirinya mengumpulkan berton-ton belut sawah dari seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Terutama Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Oku Timur. 

“Belut-belut ini dibeli dari warga dengan harga Rp35 ribu dan dijual ekspor ke China dengan harga Rp48 ribu,” ujar Jordi. 

Menurut Jordi, perannya adalah menampung hasil tangkapan belut maupun dari pembudi daya belut sawah. Menurutnya, belut asal Sumatera Selatan sangat digemari warga China karena kandungan protein di belut yang hidup di alam Sumatera Selatan begitu tinggi. 

Tak heran permintaan pun berton-ton per bulannya. Pengiriman ekspor ini menggunakan kargo pesawat dengan dua kali ekspor. Setiap minggunya, omzetnya pun mencapai ratusan juta Rupiah. (Sabtu 29 April 2017 18:10 WIB)


Iklan Budidaya belut (1)

Video

Hasil carian web

Dalam usaha pembibitan belut harus dilakukan sebaik mungkin agar hasil yang diperoleh maksimal. Secara klimatologis, belut tidak membutuhkan kondisi iklim ...
Tiada: TIPS ‎| Mesti merangkumi: TIPS

Orang lain turut mencari

Sukses Membibitkan Belut di Lahan Sempit - Ebook written by Iwan Hermawan, Wawan Setiawan, SP. Read this book using Google Play Books app on your PC, ...
19 Nov 2019 — Cara ternak belut sawah yang baik perlu memerhatikan tempat budidaya, pemilihan bibit, makanan, hingga cara memanen. Berikut cara ternak ...
Tiada: DILAHAN ‎SEMPIT
Buku.murah BUKU USAHA PEMBIBITAN BELUT DI LAHAN SEMPIT di Tokopedia ∙ Promo Pengguna Baru ∙ Cicilan 0% ∙ Kurir Instan.
Jual Sukses Membibitkan Belut Di Lahan Sempit bagus dan murah di jual oleh ribuan toko online di Indonesia | Inkuiri.com.
Iwan Hermawan, ‎Wawan Setiawan, SP · 2010 · ‎Technology & Engineering
Meracik Media Pemeliharaan Salah satu kunci sukses pembibitan belut terletak pada media pemeliharaan. Karena itu, persiapan media harus dilakukan sebaik dan ...
M. Fajar Junariyata · 2013 · ‎Eels
A. Syarat-Syarat Umum Untuk merangsang belut mau memijah, media budi daya harus berupa lumpur Salah satu kunci sukses pembibitan yang homogen dan memenuhi ...
Wadah pembenihan yang cocok Wadah pembenihan belut yang cocok juga masih belum pasti. ... Dengan demikian, induk belut akan melakukan pemijahan sendiri.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails