Hal tersebut dilakukan untuk menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dengan kehidupan pribadi sesuai dengan kebijakan pemerintah Jerman yang menganut work life balance.

Fokus
Meski jam kerja terbilang singkat, yakni rata-rata mencapai 35 jam per minggu, tetapi pekerja Jerman tergolong produktif. Ketika mereka bekerja, mereka benar-benar fokus. Tidak akan melakukan kegiatan lain di luar pekerjaan, seperti bermain facebook, bergosip, atau hal lain yang menghabiskan waktu dengan percuma.

Soal pekerjaan pun begitu, kamu hanya akan berfokus pada spesialisasimu alias tidak mengerjakan pekerjaan di luar tugasmu.

Mandiri
Bekerja di Jerman akan melatih kemandirian atau berdiri sendiri.. Pasalnya, kamu harus mengerjakan semuanya sendiri. Misalnya, membuat kopi atau fotokopi dokumen. Soal bersih-bersih biasanya sudah ada pegawai yang akan mengurus hal tersebut.

Terstruktur
Orang Jerman sangat terstruktur dan rapi. Jangan terkejut jika sebelum mengerjakan suatu proyek mereka akan merencanakan segala sesuatunya dengan sangat matang.

Hubungan Kerja yang Menyenangkan
Hubungan kerja di Jerman tergolong menyenangkan. Meski kamu pegawai baru, kamu tidak akan dipandang sebelah mata. Selama kamu memiliki kemampuan, kamu akan dihargai oleh senior dan atasanmu.

Kelebihan Lain Bekerja di Jerman
Apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Ada kelebihan lain yang akan kamu dapatkan jika bekerja di Jerman.

Kontrak Kerja
Umumnya, kontrak kerja di Jerman di mulai dengan masa percobaan selama enam bulan baru kemudian kontrak kerja seumur hirup. Sebagai pekerja kamu memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Meski kamu adalah warga asing, tetapi kamu dilindungi oleh kekuatan hukum layaknya warga Jerman lainnya

Hari Cuti
Hari libur di Jerman cukup panjang, yakni mencapai dua puluh lima hingga tiga puluh hari dalam satu tahun. Perusahaan wajib menjamin para pekerjanya mengambil cuti selama minimal dua puluh hari dalam jangka waktu satu tahun.

Dengan berbagai keuntungan di atas, tak heran jika banyak orang tertarik untuk bekerja di Jerman. Tidak hanya orang yang sudah menyelesaikan pendidikannya di Jerman, orang yang berkuliah di negara lain pun memiliki minat yang sama. 

Trik Dua... bersambung..


IBNU Hasyim
e-mil: ibnuhasyim@gmail.com
Tel: 011 33111321 (KL)
13 Feb 2019


Lihat sebelum ini.

E-Buku IH-59: C/Santai (Minda) IH Mulai Jun 2012
E-Buku IH-111 C/Santai (Minda) IH Mulai Okt 2015