Thursday, February 14, 2019

Oh, Sahabat Uyghur Ku, Dimana Engkau Sekarang?



Sahabatku, dimana engkau kini berada?

SEPERTI diungkap Dr. Fadi Zatari yang kehilangan jejak sahabatnya di Muftah.org. Dr.Fadi Zatari adalah seorang peneliti senior di Center for Islam and Global Affairs (CIGA) yang juga seorang pensyarah di Istanbul Sabahattin Zaim University.  

Berikut kisahnya.

Hampir satu dekade lalu, ketika sedang mengejar gelar Master  di Universiti Frankfurt, Jerman, saya terbiasa menghabiskan sebagian besar waktu saya di perpustakaan. Saya menjadi penghuni tetap dari pagi hingga larut malam. Ketika sedang lelah saat sedang beristirahat, saya beruntung memiliki kesempatan bertemu dan mengenal salah satu orang paling cerdas yang pernah saya temui. Seorang sahabat dari Uyghur, bernama Nurali.

Sebenarnya, sebelumnya saya telah melihat Nurali beberapa kali  di asrama mahasiswa tempat saya tinggal, tetapi kami tidak pernah benar-benar berbicara. Saya masih baru di Frankfurt dan hanya memiliki beberapa teman, tetapi saya tertarik untuk mengenal mahasiswa serius ini. Yang dapat memotivasi saya dan dari yang saya dapat belajar.

Suatu ketika, pada pagi yang sepi, saya melihat Nurali selama istirahat di perpustakaan, dan memutuskan untuk akhirnya menyapa dia dengan “halo!” 

Dengan wajah senang, Nurali menjawab sapa saya, dan kami mulai membangun persahabatan segera. Setelah memperkenalkan diri satu sama lain, kami berdua sering terpikir berapa lama waktu yang kami telah gunakan untuk berbicara dan bertukar cerita,.. mengingat seringnya kami melewati jalan setapak di perpustakaan hingga ke asrama.

Selama obrolan awal dan singkat inilah saya mendengar untuk pertama kalinya tentang orang-orang Uyghur, minoriti Muslim yang dianiaya berasal dari Turki tinggal di wilayah Xinjiang di China. Nurali memberi tahu saya tentang sejarah menyedihkan para Uyghur dan kehidupan mereka di bawah pemerintah Cina. 

Ketika saya bertanya kepadanya berapa “ratusan ribu orang Uyghur” tinggal di Cina, dia menjawab, sambil tersenyum, bahawa ada “lebih dari 20 juta.” Saya merasa kaget dan malu, tetapi bahkan ingin lebih tahu tentang orang-orang yang luar biasa ini.
Setelah menghabiskan lebih banyak waktu dengan Nurali, saya menyadari bahawa saya telah bertemu mungkin orang yang paling sopan. Sopan, baik, murah hati, dan luar biasa yang pernah saya kenal. Dalam waktu singkat, perpustakaan telah menjadi tempat di mana saya tidak hanya belajar, tetapi juga pergi untuk menghabiskan waktu bersama sahabat saya, Nurali. 

Selama hampir setiap istirahat, dan selama hampir setiap akhir minggu, Nurali dan aku akan bertemu, sering untuk minum teh. Kami, bahkan bepergian bersama ke kota-kota lain di Jerman. Saya masih ingat perjalanan kami yang luar biasa ke Heidelberg, tempat kami berjalan berjam-jam di sekitar kastil tua yang terkenal itu.

Selain mendidik saya tentang politik, budaya, dan sejarah kota kelahirannya, Nurali biasa membawakan saya makanan Uyghur, pengalaman kuliner yang paling indah. Setelah tinggal berjam-jam di perpustakaan, kami biasa pulang dan memasak bersama. Melalui pengalaman ini, saya menemukan beberapa makanan Uyghur favorit saya, seperti 'polo' dan 'lagman'.
Saya sangat sedih ketika Nurali meninggalkan Jerman pada tahun 2012. Saya membawanya ke lapangan terbang, sambil berharap dia dapat tinggal. Namun, kami tetap menjalin komunikasi. Satu tahun kemudian, pada 2013, Nurali menerima gelar PhD dan menjadi pensyarah di Universiti Normal Xinjiang

Itu terjadi pada tahun yang sama saat saya pindah ke Turki. Kami terus saling mengirim email dan berkomunikasi di Skype, dia bahkan berjanji akan mengunjungi saya di Istanbul.
Hasil carian imej untuk Dimanakah Nurali, Sahabat Uyghur ku sekarang?
Hasil carian imej untuk Dimanakah Nurali, Sahabat Uyghur ku sekarang?
Hasil carian imej untuk Dimanakah Nurali, Sahabat Uyghur ku sekarang?
Hasil carian imej untuk Dimanakah Nurali, Sahabat Uyghur ku sekarang?
Hasil carian imej untuk Dimanakah Nurali, Sahabat Uyghur ku sekarang?
China, penghapus bangsa Uighur.

Mulai akhir 2014, saya tiba-tiba berhenti mendengar dari Nurali. Saya menulisnya berkali-kali, dan berusaha menghubungi juga melalui telefon, tetapi tidak pernah menerima jawaban. Tepat pada saat yang sama, akun Facebook dan Twitter Nurali juga menghilang. 

Saya ingat bertanya-tanya pada diri sendiri, “mengapa Nurali tidak pernah melakukan upaya untuk menghubungi saya kembali?”  

Saat terus merenungkan pertanyaan ini, kadang-kadang timbul kesal bercampur khawatir tentang keberadaannya. Pada pagi hari Kamis, 22 November 2018, saya akhirnya mendengar dari, atau lebih tepatnya, tentang Nurali. 

Namanya muncul di benak saya, seperti sebuah peluru yang merasuk menghujam di dada, dalam sebuah dokumen berjudul “Daftar intelektual Uyghur yang dipenjara di China dari 2016 hingga saat ini.” ratusan ribu, jika bukan jutaan, Muslim Uighur yang telah dipenjara di kamp konsentrasi oleh pemerintah Cina.
Saya sangat sedih dan frustrasi mengetahui nasib teman saya. Seperti halnya tahanan Uighur lainnya di kamp konsentrasi ini, tidak ada cara yang jelas untuk mengetahui kondisi Nurali. Apakah dia hidup? Apakah dia mati? Apakah dia disiksa? Apakah kesehatannya baik? Ketidakmampuan untuk melakukan apa-apa membuat saya  mati rasa.
Nurali adalah orang yang sangat berbakat, damai, dan toleran. Saya tidak dapat membayangkan dia akan membahayakan siapa pun. Tidak ada yang dapat dilakukan Nurali untuk membenarkan ketidakadilan dan diskriminasi besar-besaran yang dilakukan terhadapnya oleh pemerintah China. 

Saya juga tidak dapat mengerti bagaimana orang Uyghur (atau orang lain) sendiri dapat menerima hukuman yang dijatuhkan oleh orang Cina. Membaca tentang keberadaan kamp konsentrasi itu betul-betul sangat mengerikan dan mengejutkan. Berbagai laporan telah mendokumentasikan tekanan psikologis yang tak tertahankan yang diberikan pada tahanan.. 

Yang menyebabkan beberapa orang Uyghur, dengan sedih, melakukan bunuh diri. Di kamp-kamp ini, orang-orang Uyghur dipaksa untuk mencela Islam, mengadopsi ateisme, dan bahkan berjanji setia kepada negara China. Mereka dipaksa untuk mendengarkan, mengulang, dan merangkul propaganda partai komunis. Tahanan tidak mendapat perawatan medis dan disiksa, seringkali sampai mati. 

Mereka, bahkan tidak diberi pakaian yang cocok untuk menahan suhu malam yang dingin. Seperti dilansir The Independent, Riam Thum, seorang profesor di Universitas Loyola di New Orleans, mengatakan kamp-kamp ini “menjadi contoh pelanggaran Hak Asasi Manusia terburuk dalam sejarah.”

Pemerintah China mengklaim kamp konsentrasi adalah “pusat pelatihan kejuruan,” dan dimaksudkan untuk mencegah “aksi terorisme.”

“Pusat pendidikan? Mengapa media tidak diizinkan melakukan investigasi independen tentang apa yang terjadi di Xinjiang?

Saya bukan ahli tentang Pemerintahan Cina atau politiknya. Saya hanyalah seorang lelaki yang sangat peduli dengan sahabat lamanya, yang mungkin masih hidup atau mungkin sudah tiada.

Seperti banyak orang Uyghur lain yang tidak dapat memperoleh informasi tentang teman-teman mereka yang dipenjara dan anggota keluarga, saya terjebak di antara harapan bahawa Nurali akan segera dibebaskan sembari tetap berdoa untuk kebaikan arwahnya bilamana ia telah tiada. 
Sumber: Muftah.org
 Seorang gadis Uighur di bandar Urumqi. Gambar curi diambil oleh Ibnu Hasyim.
Ibnu Hasyim (kanan sekali) bersama peniaga Uighur di kota Urumqi.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails