Friday, October 13, 2017

Melly Matius, Artis Asal Sabah Ini, Cekalkan Hati Memilih Islam.


HALAMAN HIBURAN

VOKALIS kumpulan Sakura Band, Melly Matius mengaku pada awalnya bimbang untuk mendedahkan penghijrahannya kepada Islam, yang dibuatnya beberapa bulan lalu. 

Penyanyi yang berasal dari Sabah itu berkata, dia khuatir dengan reaksi sesetengah masyarakat tentang keputusan yang diambilnya itu. 


"Tidak dinafikan saya khuatir dengan pandangan umum terhadap penghijrahan ini, sebab itulah dirahsiakan dulu sebelum mengumumkannya sempena hari lahir pada 10 Oktober. 

"Alhamdulillah, segala urusan dipermudahkan atas bantuan ibu yang menetap di sini. Saya mendapat sokongan banyak pihak, terutama ahli keluarga dan sahabat handai," katanya yang lebih mesra disapa Mell, seperti dilapor Utusan Online hari ini. 

Ibunya, Nur Batrisyah, 46, yang memeluk Islam sejak tiga tahun lalu juga merupakan pendorong utama baginya untuk turut melakukan penghijrahan, katanya lagi. Kumpulan yang sebelum ini popular dengan lagu Polaroid itu kini rancak mempromosikan singel terbaru berjudul Yakiniku. 


Melly tidak menafikan sebab utama dia memeluk Islam adalah kerana sedang menjalin cinta dengan seorang lelaki Muslim. Namun, dia berkata belum tiba masanya menamatkan status bujang dengan kekasihnya itu yang dikatakan seorang pemain dram kumpulan popular tempatan dalam masa terdekat. 


Apabila tiba jodohnya nanti, dia tidak akan merahsiakannya daripada peminat, katanya lagi. (malaysiakini).



Sekilas Pandangan Bagaimana Cara Masuk Islam:
Bagaimana Cara Masuk Islam?

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Mendapatkan petunjuk untuk masuk islam adalah nikmat besar bagi setiap hamba. Kerana sejatinya, orang yang masuk islam, berarti dia kembali kepada fitrahnya. Fitrah untuk bertuhan satu, fitrah mengikuti utusan tuhan yang terakhir, dan fitrah untuk mengamalkan al-Quran sebagai kitab Tuhan. Lebih dari itu, islam merupakan satu-satunya agama yang akan menyelamatkan manusia dari hukuman neraka.


وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

  • Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka tidak akan diterima (agama itu), dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. (QS. Ali Imran: 85).
Untuk itulah, Allah mengajarkan agar manusia tidak merasa berjasa dengan masuknya dia ke dalam agama islam. Sebaliknya, dia perlu merasa bersyukur kerana Allah telah memberikan hidayah islam kepadanya.


يَمُنُّونَ عَلَيْكَ أَنْ أَسْلَمُوا قُلْ لَا تَمُنُّوا عَلَيَّ إِسْلَامَكُمْ بَلِ اللَّهُ يَمُنُّ عَلَيْكُمْ أَنْ هَدَاكُمْ لِلْإِيمَانِ
  • ”Mereka merasa telah berjasa kepadamu (Muhammad) dengan keislaman mereka. Katakanlah: “Janganlah kamu merasa telah berjasa kepadaku dengan keislamanmu. Sebaliknya, Allahlah yang melimpahkan nikmat kepadamu dengan memberi petunjuk untuk kamu kepada keimanan.” (QS. Al-Hujurat: 17)
Oleh kerana itu, untuk dapat masuk islam, caranya sangat mudah. Tidak perlu acara khusus, dan dilakukan tanpa modal. Yang sulit adalah untuk memastikan keikhlasan dan kejujuran hati ketika masuk Islam. 

Berikut beberapa cara masuk islam,

Satu: Ikrar dua kalimat syahadat.
Ikrar syahadat adalah mengucpkan kalimat, 


أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

ASYHADU ALLAAA ILAAHA ILLALLAAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH…

Ertnya:“Aku bersaksi bahwa Tiada sesembahan yg berhak diibadahi kecuali Allah, dan aku jg bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”

Catatan: Jika kesulitan untuk mengucapkan dua kalimat ini secara fasih, bisa dipandu oleh orang muslim, dan muallaf cukup mengikuti sebisanya. Selanjutnya diucapkan juga arti dari kalimat tersebut, agar memahami apa yang dia ucapkan.

DuaIkrar ini perlu diucapkan di depan saksi kaum muslimin. 

Jumlah saksi minimal dua orang muslim baik-baik. 

Tujuan saksi adalah agar muallaf ini diakui telah pindah agama oleh masyarakat muslim lainnya. Sehingga selanjutnya, dia disikapi sebagaimana layaknya seorang muslim.

Masuk islam tidak mesti di depan kiyai, habib, ustad, atau tokoh agama lainnya. Kerana bukan syarat diterimanya syahadat, mesti diucapkan di depan tokoh agama. Namun namun di depan saksi dua orang muslim. Dan saksi, tidak perlu tokoh agama.

Hanya dengan melakukan dua hal di atas, berikrar syahadat dan disaksikan muslim yang lain, maka saudara baru muallaf ini telah dinyatakan sebagai muslim yang sah Islamnya. Dia mendapatkan hak dan kewajiban, sebagaimana muslim lainnya.

Selanjutnya, ada beberapa lagi yang perlu dilakukan tambahan..


1. Dianjurkan mandi besar

Dalam madzhab Syafiiyah, dianjurkan bagi orang yang baru saja masuk islam untuk mandi besar, membasahi seluruh badan. Anjuran ini berdasarkan riwayat dari sahabat Qois bin Ashim radhiyallahu ‘anhu, 


أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُرِيدُ الْإِسْلَامَ فَأَمَرَنِي أَنْ أَغْتَسِلَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ
  • Aku mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk masuk islam. Kemudian beliau menyuruhku untuk mandi dengan air dan daun bidara (HR. Abu Daud 355 – shahih) 
Ada juga yang menyebutkan, dianjurkan untuk menggundul rambut. Namun anjuran ini berdasarkan riwayat yang dhaif.

2. Kerjakan Sholat.


Shalat merupakan rukun islam yang kedua setelah syahadat. Kerana itu, setelah muallaf mengikrarkan syahadat, dia berkewajiban menjalankan shalat sebagaimana muslim yang lainnya.


Yang perlu dia lakukan,


1. Jika dia sudah memahami cara shalat dan hafal al-Fatihah serta bacaan shalat yang wajib, maka dia boleh shalat sendiri. Dan jika laki-laki, muallaf selalu diajak untuk jamaah shalat wajib di masjid. Dengan tetap terus mengkaji cara shalat yang sempurna.


2. Jika dia belum memahami cara shalat yang benar, ada 2 yang perlu dia lakukan:

  • Belajar tata cara shalat yang benar, dan menghafal bacaan-bacaan wajib dalam shalat
  • Selama belum boleh shalat dengan sempurna, dia kena bermakmum dengan muslim yang lain ketika shalat, sehingga dapat menjaga keabsahan shalatnya.
3. Khitan

Khitan hukumnya wajib bagi lelaki. Karena khitan bagian dari menjaga fitrah kesucian manusia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ – أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ – الْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَقَصُّ الشَّارِب
  • “Fitrah itu ada lima perkara : khitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis “ (H.R Muslim 257).
Lebih dari itu, khitan merupakan syiar kaum muslimin, yang juga diikuti oleh kelompok agama yang lain. Kerana itu, muallaf yang baru masuk islam dan dia belum dikhitan, maka disarankan agar segera melakukan khitan.

Hanya saja, jika anjuran untuk khitan ini boleh memberatkan dirinya dan bahkan dapat membuat muallaf lari menjauhi islam, maka anjuran khitan boleh ditunda, sampai dirasa cukup baginya untuk melakukan khitan tanpa paksaan.


4. Syariat Islam lain.



Selanjutnya, muallaf diarahkan untuk mempelajari syariat islam lainnya, yang wajib baginya, seperti tata cara puasa, menjawab salam, mendoakan orang bersin, dan jika dia orang yang mampu, diajari tentang syariat zakat.


Semakin sering belajar, akan semakin membuat seorang muallaf itu makin mencintai agama Islam.

5. Daftar sebagai seorang Islam. 


Akan dapat kemudahan dan keistimewaan sebagai seorang Islam. Demikian, Allahu a’lam.



Lihat juga artikel ini...
Pihak kami sanggup pergi ke Sabah/Sarawak memberi maklumat lengkap.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails