Friday, November 29, 2013

Teknik Baru, Kafe Internet Khas Untuk Wanita..

Yaman punya kafe Internet khusus perempuan
Kafe Perempuan di Yaman. ©Al Arabiya

JOM KREATIF
Sebuah kafe Internet khusus bagi pengunjung wanita baru-baru ini dibuka di Ibu Kota Sanaa, Yaman. Kafe itu bernama "Kafe Perempuan". Direktur "Kafe Wanita" Taghreed Ali mengatakan bisnisnya itu akan memberikan kenyamanan bagi kaum hawa, seperti dilansir tv Al Arabiya, Jumaat, hari ini.

"Kafe-kafe lain kebanyakan campur, dan jika mereka punya area khusus bagi perempuan biasanya kecil dan tidak nyaman. Hal ini lah yang menjadi alasan pertama kami membuka kafe khusus perempuan," kata dia.

Kafe tempat minum kopi itu sejauh ini mendapat tanggapan positif dari kaum hawa. Dhikra al-Wehdi, warga Sanaa, mengatakan tempat itu cukup bagus, memberikan kenyamanan dan ketenangan, selain menyajikan perpustakaan kecil, makanan dan pelayanan lainnya. Di kafe ini pengunjung juga boleh santai membaca buku.

Menurut survei dari Yayasan Thomson Reuters yang dikeluarkan bulan ini, Yaman merupakan salah satu negara di Arab yang terburuk bagi kaum perempuan. Kaum hawa sering mengalami kekerasan, baik di lingkungan keluarga mahupun masyarakat.

Profesor Komunikasi Massa di Universiti Sanaa Sabah al-Khaishani mengatakan kehadiran kafe khas wanita  itu dapat menghindari pelecehan seksual terhadap kaum hawa.

"Para perempuan Yaman selama ini kesulitan mencari tempat yang tepat dan nyaman untuk bersosialisasi. Kehadiran kafe ini cukup baik untuk menarik pengunjung perempuan," kata dia.

Wajarkah kalau dicuba kafe seperti ini di Malaysia?

Lihat siri-siri kreatif lain..
E-Buku IH-68: Kisah-kisah Jom Kreatif (3)
E-Buku IH-68: Kisah-kisah Jom Kreatif (3)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails