Saturday, December 29, 2012

Jom Lawat Rumah Adat Wae Rebo Flores, Indo..

Photo Bay in Flores - Pictures and Images of Flores
SETIAP kaum, suku dan adat istiadat pasti memiliki rumah tradisional masing masing. Jom kita melawat sebuah desa di Flores terdapat satu suku bernama Wae Rebo memiliki rumah adat dikatakan terunik se-Indonesia.
 

Suku ini terletak di desa Wae Rebo yang perlu ditempuh 4 jam perjalanan darat dari Ruteng dengan medan berkelok menuju Desa Dintor. Dari Dintor, jalan langsung menanjak. Melewati pematang sawah dan jalan setapak dari Sebu sampai Denge. Tidak sampai di situ, perjalanan masih berlanjut menuju Sungai Wae Lomba. Barulah setelah sungai itu, kita akan tiba di Desa Wae Rebo.


Di desa ini kita akan menemui kehidupan suku Wae Rebo yang masih sangat alami atau masih asli. Rumah adat milik suku Wae Rebo ini disebut Mbaru Niang. Rumah adat Mbaru Niang ini berbentuk kerucut dan memiliki 5 lantai. Setiap lantainya memiliki ruangan dengan fungsi yang berbeda beda.



Pada lantai pertama rumah ini yang disebut lutur, atau khemah akan di gunakan oleh pemilik rumah untuk melakukan aktifiti sehari-hari. Lantai kedua yang disebut lobo, adalah tempat menyimpan bahan makanan atau barang. Lantai ketiga yang disebut lentar, adalah tempat menyimpan benih tanaman hasil bercocok tanam.

Lantai empat, disebut lempa rae, adalah tempat menyimpan stok cadangan makanan yang berguna masa hasil tuaian tidak banyak. Sedangkan pada lantai kelima terdapat di puncak rumah digunakan untuk menyimpan aneka sesajian pemilik rumah.


Rumah adat Mbaru Niang ini jika dilihat sekilas maka akan mirip seperti rumah adat suku Dani di Papua. Namun, bentuk kerucut di Mbaru Niang lebih mendominasi bangunan dengan atap yang hampir menyentuh tanah. Atap yang digunakan rumah adat Mbaru Niang ini, guna daun lontar.

Jika kita kunjungi rumah adat ini maka si pemiliki rumah tidak akan ragu untuk mengajak kita masuk ke dalam rumahnya untuk melihat-lihat keunikan rumah adat suku mereka. (IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails