Thursday, November 01, 2012

Taufan Sandy Paling Dahsyat, Tapi Ini Foto2 Tipu

Awan bergulung-gulung di atas Patung Liberty. Palsukah? Awan bergulung-gulung di atas Patung Liberty. Palsukah? (Discovery)
SEMASA Taufan Sandy menerjang wilayah Pantai Timur AS, termasuk New York yang padat, orang-orang menggunakan media sosial dan internet untuk menerima dan mengirim informasi tentang peristiwa badai yang disebut paling dahsyat dalam 100 tahun terakhir.

Seperti halnya yang terjadi semasa bencana melanda, khususnya di era digital ini, foto-foto yang menggambarkan kedahsyatan Sandy menyebar di dunia maya. Namun sayang, tidak semua informasi juga foto-foto itu benar, beberapa di antaranya palsu atau rekaan sahaja. Berikut 5 foto palsu ini sedang beredar di internet selama Sandy menerjang dan memporakporanda apa yang dilanda...

1. Gambar atas.. Awan mengerikan di atas Patung Liberty
Foto palsu awan mengerikan di atas Patung Liberty menyebar di situs jejaring sosial, Twitter. Meski masih kalah mengerikan dengan adegan di Film Independence Day. Foto tersebut direka menggunakan Photoshop, dengan cara menggabungkan foto Pelabuhan New York dengan foto awan badai yang melanda Nebraska tahun 2004 lalu, yang diambil oleh Mike Hollingshead.

2. Makam tentera tidak dikenal

Foto palsu topan Sandy
NPR men-tweet dan memposting foto tiga tentera yang menjaga Makam Pahlawan, tidak pun diserang badai, di Arlington National Cemetery... walaupun disebut sebagai, "salah satu foto paling menakjubkan yang dijumpai masa ini".
 
Sebenarnya,  foto itu diambil September lalu. NPR lalu mengklarifikasi di blognya, bahawa foto tersebut "tidak diambil selama Sandy menerjang".  Washington Post, Daily Beast, Talking Points Memo dan sejumlah media lain juga memuat foto yang sama lalu mengklarifikasinya.

3. Awan menakutkan mengancam Empire State Building

Foto palsu topan Sandy
Foto ini beredar di Twitter dan Facebook, serta media sosial lain. Meski foto ini benar, tetapi tidak diambil semasa Sandy melanda. Melainkan foto yang pernah dimuat dalam Wall Street Journal pada 2011.

4. Gelombang menerjang Patung Liberty

Foto palsu topan Sandy
Ini tidak benar. Tipu! Melainkan wallpaper dari filem The Day After Tomorrow.

5. Awan hitam menutupi Jembatan George Washington

Foto palsu topan Sandy
Awan gelap dan menakutkan menutupi landmark Kota New York. Gambar ini seperti benar diambil semasa Sandy "mengamuk", padahal faktanya foto itu diambil pada tahun 2009. 
(Sumber: Discovery/ IH)

Tidak termasuk gambar ini...


Hasil amukan Topan Sandy di Fire Island, New York, 30 Oktober 2012 Hasil amukan Topan Sandy di Fire Island, New York, 30 Oktober 2012 (REUTERS/Lucas Jackson)

1 comment:

sohoque said...

Amerika yang penuh dengan kepalsuan...

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails