Di Jakarta, 26,000 anggota keselamatan termasuk polis dan askar dikerah untuk mengawal keadaan berdekatan banggunan parlimen.
Tunjuk perasaan tercetus selepas beberapa rang undang-undang diperkenalkan, termasuk meletakkan seks luar nikah sebagai jenayah.- AFP
Liputan6.com, Jakarta:
Massa Dipukul Mundur hingga Semanggi, Begini Penampakan Jalan Sekitar DPR
Polisi Tembakkan Gas Air Mata Bubarkan Demo Mahasiswa di Depan DPR Mahasiswa berlarian saat polisi menembakkan gas air mata dalam demonstrasi menolak pengesahan RUU KUHP dan revisi UU KPK di depan Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Polisi menghalau mahasiswa yang berusaha masuk ke area Gedung DPR. (merdeka.com/Arie Basuki)
Liputan6.com, Jakarta - Areal Restoran Pulau Dua di samping Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat yang semula dipadati massa demo kini terlihat lengang. Massa demonstran berhasil dipukul mundur kepolisian hingga kawasan jembatan Semanggi.
Pantauan Liputan6.com di lapangan, Senin (30/9/2019) sekitar pukul 18.30 WIB, areal Restoran Pulau Dua dan Gedung DPR/MPR telah dikuasi aparat kepolisian.

Lokasi itu sebelumnya dipenuhi massa yang berunjuk rasa menolak RUU KUHP dan pengesahan revisi UU KPK. Pukul 18.00 WIB bentrokan antara massa dengan aparat kepolisian di sekitar lokasi pun pecah.
Massa melempari barikade polisi dengan batu dan bom melotov. Sementara, pihak kepolisian membalas dengan tembakan gas air mata.

Setengah jam kemudian, kerumunan massa yang memenuhi areal Tol Dalam Kota di sekitaran Resto Pulau Dua berhasil dipukul mundur hingga ke Jalan Semanggi.

Hingga kini, situasi di sekitaran Kompleks DPR/MPR sudah kondusif. Tak ada satupun massa yang terlihat. Hanya ada sisa-sisa batu yang dilemparkan oleh perusuh ke pihak kepolisian.

Sementara itu, polisi berhasil menangkap enam perusuh. Mereka langsung diangkut kendaraan menuju Polda Metro Jaya.

Jalan Depan Gedung DPR Lengang Usai Demo Ricuh

Penampakan jalan depan gedung dpr

Jalan Gatot Subroto di sekitar Gedung DPR lengang. (Ady Anugrahadi/Liputan6.com)

Puing-Puing Bekas Kerusuhan Berserakan di Ruas Jalan

Penampakan jalan di sekitar gedung dpr
Jalan Gatot Subroto di sekitar Gedung DPR terpantau lengang. (Ady Anugrahadi/Liputan6.com)

Polisi Beristirahat di Tepi Jalan Usai Demo Ricuh

Penampakan jalan di sekitar gedung dpr
Penampakan Jalan Gatot Subroto di sekitar Gedung DPR pascaaksi ricuh. (Yopi Makdori/Liputan6.com) (IH)