Sunday, February 16, 2014

Diamuk Abu Gunung Kelud, Kawasan Kutut Bak Dusun Mati

Diamuk abu Gunung Kelud, kawasan Kutut bak dusun matiDesa Pandan Sari, Malang. ©2014 Merdeka.com/Arie Basuki 

Bersihkan abu Kelud, TNI AD terjunkan 600 personel tambahan
TNI AD bersihkan adu Kelud. ©2014 merdeka.com/arie basuki
JAKARTA: Dusun Kutut , Desa Sambirejo , Kecamatan Ngantang , Kabupaten Malang , berjarak sekitar sembilan kilometer sebelah utara Gunung Kelud . Dusun ini termasuk yang paling parah terkena abu dan kerikil .Pantau merdeka.com , Sabtu (16 / 2) , ratusan rumah penduduk tak boleh diduduki . 

Bumbung rumah tertimpa pasir hampir setebal 10 cm . Kini warga sudah mulai berani kembali ke rumah menyelamatkan harta benda dan ternak . Sebelumnya , kawasan ini bak dusun mati .

 "Khamis (13 / 2) malam pas letusan itu , warga belum dipindahkan dan belum diberitahu . Saat itu warga kebanyakan sedang tidur tiba - tiba terdengar suara letusan , semburan petir , " kata Risai , salah seorang warga pada merdeka.com .

Menurut Risai , warga banyak yang belum sempat menyelamatkan harta benda . Mereka menjadi pelarian di Kecamatan Punjon , jaraknya 2 km dari dusun mereka ." Saat mengungsi material dan pasir beterbangan . Suasananya dramatik . Mujurlah tak ada korban jiwa , selamat semua , " kata Risai .Saat ini warga belum dibenarkan kembali tinggal di rumah . Mereka hanya menyelamatkan haiwan ternakan lalu kembali lagi ke pengungsian .
Erupsi Gunung Kelud banyak menyisakan kerusakan parah pada rumah-rumah warga dan fasilitas umum.   Rumah warga yang hancur akibat dihujani kerikil saat erupsi Gunung Kelud di Desa Ngancar, Kediri, Jawa Timur (16/2).
Erupsi Gunung Kelud banyak menyisakan kerusakan parah pada rumah-rumah warga dan fasilitas umum.  Jalan beraspal menuju akses Gunung Kelud tampak dipenuhi kerikil di perbatasan jarak 5 kilometer dari Gunung Kelud di Ngancar, Kediri, Jawa Timur, Minggu (16/2).
Erupsi Gunung Kelud banyak menyisakan kerusakan parah pada rumah-rumah warga dan fasilitas umum. Sebuah mobil melintasi jalan berkerikil dan tenda yang rusak parah akibat erupsi Gunung Kelud di areal steril yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Gunung Kelud di Ngancar, Kediri, Jawa Timur, Minggu (16/2).
Erupsi Gunung Kelud banyak menyisakan kerusakan parah pada rumah-rumah warga dan fasilitas umum. Seorang fotografer mengambil gambar salah satu atap rumah warga yang hancur akibat erupsi Gunung Kelud di Desa Ngancar, Kediri, Jawa Timur, Minggu (16/2).
[IH/ian]

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails