Wednesday, December 04, 2013

Sjafruddin Prawiranegara: Presiden RI Yang Terlupakan


 Sjafruddin Prawiranegara: Presiden RI yang Terlupakan 
Video ini dibuat dalam rangka memperingati 1 Abad Mr. Sjafruddin Prawiranegara (1911-2011), seorang tokoh nasional yang pernah menjabat Presiden RI, namun 'terlupakan' dalam sejarah Indonesia.

Sjafruddin Prawiranegara (lahir di Banten, 28 Februari 1911 wafat di Jakarta 15 Februari 1989) pernah memimpin Republik Indonesia ketika berkedudukan di Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Kenyataan ini tidak dapat dipungkiri ketika Soekarno -- Hatta pada 19 Desember 1948 sebagai dampak dari Agresi Militer Belanda II mengeluarkan surat pernyataan yang memerintahkan Mr. Sjafruddin yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Kemakmuran untuk membentuk sekaligus mengetuai Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Namun dalam perkembangannya, nama Mr. Sjafruddin seperti tenggelam, dan banyak yang tidak mengenal beliau, baik secara pribadi atau kiprah beliau sebagai negarawan.

Jabatan kenegaraan yang pernah dipegang beliau adalah Wakil Perdana Menteri dari Kabinet Hatta, Menteri Keuangan, Menteri Kemakmuran, Menteri Pertahanan, Menteri Penerangan dan Urusan Luar Negeri, dan tentu saja sebagai Perdana Menteri/Ketua Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang oleh Bung Hatta menyebutnya sebagai Presiden Darurat. (AM Fatwa dlm buku "Sekilas Catatan Satu Abad Mr. Sjafruddin Prawiranegara 1911-2011")

Video: Sjafruddin Prawiranegara: Presiden RI yang Terlupakan 1-2.flv 

2 comments:

Anonymous said...

Minta tolong admin kalau ada artikel bahasa indonesia kalau bolehlah di alih bahasa ke bahasa Malaysia sebab bahasa Indon boleh dikatakan dah 50% berbeza dengan bahasa Melayu kita. Sekarang banyak orang tengok cinetron Indon ni baca subtitle sebab dah tak paham apa benda dia cakap. Gunakanlah google translate untuk alih bahasakan artikel dari Indon.

Anonymous said...

Kami dari Indonesia juga berminat dengan blog ini. Ada tulisan yang perlu dikekalkan dengan bahasa asli..

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails