Wednesday, December 04, 2013

Aceh: Ratu Kondom Dr Nafsiah Mboi Perlu Dipecat.

Mahasiswa Aceh sebut Menkes 'Ratu Kondom'
Mahasiswa Aceh demo soal kondom. ©2013 Merdeka.com/Afif

Banda Aceh: Puluhan mahasiswa Aceh yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menggelar aksi menolak Pekan Kondom Nasional di Simpang Lima, Banda Aceh. Mereka menyebut Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi, si ratu kondom karena kebijakannya.

"Kami meminta Presiden SBY segera mencopot Menteri Kesehatan Dr Nafsiah Mboi karena telah membuat kebijakan yang menuai kontroversi," kata Koordinator Aksi Faisal Kasim, Rabu (4/12).

Aksi ini dilakukan sebagai wujud penolakan mahasiswa Aceh atas diselenggarakannya Pekan Kondom oleh Komisi Penanggulangan AIDS Nasional dan LSM asing DKT. Menurutnya, acara tersebut sama saja melegalkan seks bebas di Indonesia.

Aksi dimulai sekitar pukul 11.30 WIB. Massa aksi membawa sejumlah spanduk dan poster yang bertuliskan penolakan terhadap Pekan Kondom. "Meski Pekan Kondom itu sudah dihentikan, itu tidak cukup," katanya.

Menurut dia, bila Pemerintah ingin mencegah HIV/AIDS, seharusnya pemerintah memberikan pendidikan serta membekali dengan ilmu agama terkait bahaya terhadap pergaulan bebas.

Selain itu, kata Faisal, pemerintah juga semestinya membekali pengetahuan pada masyarakat bagaimana sebaran virus tersebut. Bukan hanya disebabkan karena hubungan seksual, tetapi juga bisa tertular melalui jarum suntik.

"Semestinya pemerintah memberi pengetahuan bagaimana menggunakan jarum suntik yang sehat," imbuhnya.

Menurut Faisal, kondom bukan cara yang baik untuk mencegah virus mematikan tersebut. Karena dengan kondom belum menjamin seseorang tidak terjangkit penyakit berbahaya tersebut.

UGM: Tak ada bus kondom Jupe mampir ke kampus
Bus Pekan Kondom Nasional 2013. blogspot

Sementara pimpinan Universitas Gadjah Mada (UGM) menyesalkan adanya aksi pembagian kondom kepada mahasiswa yang dinilai tidak tepat sasaran. Aksi pembagian kondom gratis yang dilakukan pada Jumat (29/11) lalu, dibagikan kepada beberapa pengendara yang melewati jalan di depan gerbang masuk UGM. Kita sangat menyesalkan pembagian kondom ini, kata Sekretaris Eksekutif UGM, Drs. Gugup Kismono, MBA, Ph.D., seperti dikutip situs resmi UGM, Rabu (4/12).

Demo tolak legalisasi kondom, aktivis HMI bentrok dengan polisi
HTI tolak Kondom. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko
Ini, sekitar 20 aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar aksi unjuk rasa di depan pintu gerbang Kementerian Kesehatan. HMI menolak legalisasi kondom yang dilakukan secara terselubung oleh Kemenkes selama ini.

Dalam aksinya HMI juga membakar ban dan bendera lambang kesehatan di depan Pintu Gerbang Kemenkes. Polisi yang berjaga akhirnya memukul mundur para pendemo
(IH)

Lihat..
E-Buku IH-61: P.Kebajikan B/Aceh M'sia
E-Buku IH-61: P.Kebajikan B/Aceh M'sia

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails