Sunday, January 08, 2012

Kiamat 2012, Dipelancongkan Di Mexico


Panik datangnya kiamat menjelangnya 2012 dimanfaatkan pemerintah Mexico untuk menarik pelancong. Pada 21 Desember 2012 merupakan hari yang dianggap oleh suku Maya sebagai hari kiamat. Sebab pada tarikh tersebut merupakan akhir dari sistem penaggalan kalender yang mereka miliki sejak beribu tahun lampau.

Mexico, tempat suku Maya itu berasal, diambil kesempatan oleh kerajaannya untuk menarik pelancong berkunjung ke sana. Pemerintah Mexico sendiri telah memasang target kedatangan 52 juta pelancong yang akan membanjiri lima negara bahagian Meksico iaitu Chiapas, Yucatan, Quintana Roo, Tabasco, dan Campache untuk selama 12 bulan ke depan.

Hal ini merupakan sebahagian dari strategi kempen pelancong yang dicanangkan oleh Presidennya Felipe Calderon untuk mempromosikan Mexiko sebagai destinasi unik dengan puncaknya 'menyambut kiamat'.


Beberapa kota telah di persiapkan untuk menyambut datangnya hari kiamat adalah
:

Satu: Tapachula
Kota ini terletak di perbatasan Mexico dan Guatemala. Pihak pemerintah daerah setempat telah memasang sebuah jam digital setinggi 2.5 meter untuk menghitung undur menuju 21 Desember 2012. Jam ini sendiri telah memulai penghitungan undurnya mulai tanggal 21 Desember 2011 yang lalu.

Dua: Cancun dan Playa del Carmen
Kota yang berada di tepi pantai ini menawarkan kepada touris sebuah botol berisi sebuah surat atau foto yang dapat dikubur selama 50 tahun. Terdapat pula, pusat seremonial menyambut kiamat seperti reruntuhan Tulum, Palenque, dan Chichen dipersiapkan untuk menampung ribuan pelancong yang ingin menjadi saksi sejarah kiamat.

Tiga: Merida, Yucatan
Sebuah muzium tentang suku Maya telah dipersiapkan oleh pemerintah Mexico akan dibuka pada bulan Jun 2012. Pemerintah daerah Yucatan sendiri mengeluarkan dana sebesar 30 juta dollar untuk membangun muzium ini, yang menjadi tempat bagi sekitar 750,000 artefak suku Maya.


Empat: Xunantunich, Cayo, Belize
Kalangan agen pelancong banyak menganjurkan kota Cayo menjadi destinasi yang wajib dikunjungi terutama pada 21 Desember 2012. Situs sejarah Xunantunich akan menyelenggarakan sebuah festival dan konsert yang cukup besar diatas reruntuhan.

Lima: Calakmul Reserve, Campeche
Kota ini, dulunya merupakan salah satu kota pusat peradaban suku Maya. Pembangunan sebuah hotel telah dimulai oleh pemerintah Mexico di situs arkeologi Calakmul di Campeche. Ianya dikhususkan untuk pelancong yang menyenangi lawatan sejarah dan kebudayaan kuno.

SUMBER: Pelancongan kiamat 2012 di Maxico

1 comment:

Gaya peneroka said...

Assalamualaikum...mohon line blog saya dalam blog tuan...
http://gayapeneroka.blogspot.com/

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails