Thursday, December 22, 2016

Sejarah Islam Di Korea Selatan, Ini 8 Buah Masjid..



Di Korea Selatan, agama Islm merupakan agama minoriti. Terhitung tidak sampai 1% populasi umat muslim di sana. Meski begitu, penyebaran Islam di Korea Selatan terbilang tidak mudah, banyak hal yang mesti dilalui sampai agama islam dapat masuk dan berkembang di Korea Selatan seperti sekarang. 

Sejarah Perkembangan Islam Di Korea Selatan.

Berikut fakta-fakta sejarah perkembangan Islam dari abad 19 hingga kini.

1. Dinasti Joseon.

 Dinasti Joseon (Via: id.wikipedia.org)
Selama berabad-abad, Korea Selatan dikuasai oleh Dinasti Joseon. Selama dikuasai oleh Joseon, Korea Selatan mengalami kemajuan dalam segala bidang. Sayangnya, kerajaan Joseon yang menguasai Korea Selatan membuat negara gingseng terisolasi atau terpencil dari pengaruh luar. Termasuk agama Islam.


2. Kemasukan Jepun.

.

Kemasukan Jepun (Via: bumirakyat.wordpress.com)

Kejayaan Dinasti Joseon berakhir pada 1910 setelah Jepun masuk.

3. Tentera Turki.

Tentara Turki (Via: senjatarohani.wordpress.com)

Tahun 50-an, Korea Selatan dan Utara mengalami perang besar. Korea Selatan yang berada di bawah naungan PBB kedatangan Tentara Turki untuk membantu mereka. Dari sini, agama Islam berkembang melalui dakwah tentara Turki. Sejak tahun itu pula, sudah terdapat sekitar 35 ribu muslim di Korea Selatan.

4. Sokongan Pemerintah.

Bantuan Pemerintah (Via: regifauzi.wordpress.com)
1970, pemerintah menghibahkan sebidang tanah di Itaewon, Korea Selatan untuk dijadikan masjid. Atas bantuan negara-negara Islam di dunia, berdirilah Masjid Sentral Seoul pada 1976 yang menjadi tonggak penyebaran agama Islam di Korea Selatan.
5. Masjid Central SeoulMasjid Sentral Seoul (Via: al-rayani.blogspot.com) 
Masjid Central Seoul menerima kunjungan warga setempat yang ingin mengenal Islam. Saat hari libur pun masjid terbesar di Korea itu kerap menjadi tempar wisata oleh turis lokal maupun internasional.
6. Abdurrahman Lee


Abdurrahman Lee adalah imam Masjid Central Seoul sejak 2006 hingga kini. Tiap hari Sabtu selepas Ashar, ia membuka kajian agama Islam untuk para mualaf.

Itu dia 6 fakta sejarah Islam di Korea Selatan yang kamu  dapat ketahui sebagai umat muslim.

Menelusuri 8 Masjid di Korea Selatan


Bagi chingudeul muslim yang berniat mengunjungi Korea Selatan dan menelusuri jejak Islam di Korea Selatan, ada beberapa Masjid nih yang bisa chingudeul singgahi untuk menunaikan kewajiban agama ataupun untuk sekedar berwisata. Ada 8 Masjid di Korea Selatan yang memiliki sejarah penting dan juga design yang unik. Simak dibawah ini untuk infonya:  


1. Seoul Central Mosque


Terletak di pusat kota Seoul di Itaewon, Masjid Sentral Seoul ini merupakan masjid permanen pertama yang berada di Korea Selatan dan merupakan satu-satunya masjid di Seoul. Masjid ini dibangun tahun 1976, dengan bantuan dari pemerintahan Korea dan kontribusi moneter yang besar dari Arab Saudi dan negara-negara Islam lainnya.

Masjid ini memiliki tiga lantai, yang memiliki fungsi berbeda. Di lantai pertama terdapat kantor Federasi Muslim Korea dan ruang pertemuan, sedangkan ruang salat berada di lantai dua dan tiga. Di tempat ini juga dibangun sebuah madrasah yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan Islam bagi anak-anak, Pusat Penelitian Kebudayaan Islam dan Organisasi Islam lainnya.

2. Masjid Busan


Masjid Busan merupakan masjid kedua yang didirikan di Korea Selatan. Dibangun pada tahun 1980, dengan sokongan dana dari Ali Fellaq, mantan Menteri Keuangan Libya. Masjid ini berada di 30-1 Namsan-dong Keumjeong-ku, Busan. Di masjid ini, pengunjung tidak hanya dapat melaksanakan ibadah solat dan mengaji, tetapi juga dapat mempelajari lebih banyak mengenai Islam di Korea Selatan.

Kerana di Masjid ini, jamaah dapat bertemu dan bertanya banyak hal kepada ketua Masjid, atau yang disebut sebagai imam. Masjid ini juga menyediakan perpustakaan yang memberikan banyak bahan dan materi audio yang dapat dipinjam.

3.  Masjid Gwangju


Masjid Gwangju merupakan Masjid ketiga yang dibangun di Korea. Terletak di Yeok-dong 48-9, Gwangju, Gyeonggi-do. Masjid Gwangju dibuka pada tahun 1981. Masjid ini juga merupakan satu-satunya Masjid di Gwangju. Muslim yang beribadah di Masjid Gwangju, biasanya datang dari berbagai negara seperti Bangladesh, Mesir dan India. Masjid ini dikelola oleh Korea Muslim Federation dan menjadi Pusat Dakwah Islam di Gwangju. Organisasi ini mewakili umat Islam dan melindungi kepentingan mereka di Korea.

4. Masjid Jeolla-do/Jeonju


Jeonju merupakan kota yang memiliki tradisi dan seni korea dengan harmoni yang indah. Keharmonian tersebut, ditunjukkan pula pada Masjid Jeonju yang memiliki arsitektur Korea dan Islam. Masjid ini memiliki atap yang berupa perpaduan atap khas korea dan kubah khas Islam.

5. Masjid Ansan


Masjid ini berada di 741-5, Wongok-dong, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do. Pemimpin di Masjid ini berasal dari Bangladesh, yang dipilih oleh para imigran Islam di Korea Selatan. Masjid ini biasanya digunakan oleh para imigran Muslim dari Bangladesh, Pakistan, dan Indonesia yang bekerja di dekat Kompleks Industri Ansan.

6. Masjid Anyang


Tidak jauh dari Seoul, berdiri sebuah Masjid yang diberi nama Masjid Anyang. Sama seperti Ansan, Masjid ini juga digunakan oleh para imigran Korea Selatan. Namun kebanyakan hanya imigran dari Bangladesh dan Pakistan yang beribadah di Masjid ini. Masjid ini beralamat di 618-132, Anyang 5-dong, Anyang-si, Gyeonggi-do.

7. Masjid Bupyeong


Terletak di ujung timur Incheon, atau di antara Seoul dan Incheon,  Masjid Bupyeong merupakan tempat ibadah bagi umat Islam yang bekerja di daerah tersebut dan sekitarnya, termasuk Kompleks Industri Namdong di Incheon. Kebanyakan dari pekerja adalah penduduk imigran, dan hanya sedikit warga asli Korea Selatan yang beribadah di Masjid ini. Masjid ini beralamat di 574-19, Sipjeong-dong, Bupyeong-gu, Incheon.

8. Masjid Gyeonggi / Paju


Masjid ini terletak di dekat Sungai Injin, yang terletak di antara Seoul dan kota Kaesong Korea Utara. Kota ini merupakan sebuah kompleks teknologi tercanggih di Korea yang dikembangkan di dalam kota. Masjid Paju, biasanya dikunjungi oleh umat Muslim yang berasal dari Pakistan dan Bangladesh yang tinggal di sekitar wilayah tersebut. Masjid ini beralamat di 421-9, Yeongtae-ri, Wonreung-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do.
(IH)


Lihat..
Tawaran baru kerja di Korea Selatan..

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails