Saturday, October 19, 2013

Labbaik Allahumma Labbaik!


“Labbaik Allahumma Labbaik”
SELESAI shalat subuh hari Ahad (13/10/2013) kelmarin, jamaah haji berbondong-bondong menuju  ke lembah Mina melalui jalan darat, dengan kereta atau berjalan kaki. Termasuk jamaah asal Indonesia dan seluruh dunia, mulai mempersiapkan diri untuk menuju Arafah. DiArafah-Muzdalifah-Mina),  jamaah haji Indonesia akan menempati 48 maktab dengan nomor maktab antara 1 – 100.

Mereka akan sholat dan beristirahat di Mina sebelum pindah ke Bukit Arafah hari Senin (14/10/2013) siang ini, untuk kemudian menjalani puncak dari ibadah haji, wuquf di Arafah tahun 1434 H, bertepatan Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhirnya.

Pemerintah Saudi telah mengerahkan puluhan ribu tentara untuk menjamin keamanan jamaah haji yang tahun ini jumlahnya mencapai  2 juta.

Menteri Dalam Negeri Saudi Pangeran Muhammad bin Nayif mengatakan, rincian jamaah haji dari luar negeri tahun ini mencapai 1.37 juta orang, atau turun 21 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 1.75 juta orang. Sekitar 1.29 juta orang datang ke Saudi dari 188 negara di dunia.

Pengurangan jumlah itu berkait dengan pemotongan kuota sebesar 20% atas setiap negara, disebabkan masih berlangsungnya projek perluasan Masjidil Haram, Makkah. Jamaah haji asal dalam negeri Saudi juga dipotong sekitar separuh dari tahun lalu. (IH/Hidayatullah)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails