Friday, October 05, 2012

Presiden Terkaya Dunia, Bandingkan Dg PM Kita.


:ngumpul:INILAH Presiden terkaya di dunia. Kerana itu, beliau menyumbangkan 90 persen gajinya ke badan amal, walaupun Persiden Uruguay Jose Mujica ini disebut-sebut sebagai ''Presiden Termiskin di Dunia''. Namun ia tidak merasa terusik dengan julukan tersebut.

"Saya tidak permasalahkan apa yang saya dapat, masih banyak warga yang hidup kekurangan," kata dia dalam wawancara dengan Le Monde.

Per bulan, kini, Mujica digaji US$ 12.5 ribu (sekitar RM37.5,000). Namun ia hanya mengambil sepuluh persen saja dari haknya itu (kira-kira RM3,750). Kebiasaan menyumbangkan gaji ini juga ternyata menular kepada isterinya, Lucia Topolansky. Maka tidak aneh bila barang mewah yang dimiliki pasangan ini hanya sebuah rumah di Montevideo dan kereta jenis Volkswagen.

Mujica, 77 tahun, adalah seorang pemimpin gerila pada periode 1970an. Kala itu ia masuk-keluar hutan, bertarung melawan rejim militer Uruguay. Kariernya di pemerintahan cukup cemerlang, pada 2005 hingga 2008 ia menjabat sebagai Menteri Pangan, Pertanian, dan Perikanan. Setelah itu, ia sempat menjabat sebagai senator.

Ia mulai menjabat Presiden Uruguay pada 1 Mac 2010 setelah dicalonkan koalisi sayap kiri. Uruguay sendiri merupakan negeri kedua terkecil wilayahnya di Amerika Latin. Namun negeri ini dinilai berkembang dan kini menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita terbesar di wilayahnya.

Di bawah kepemimpinan Mujica, Uruguay dikenal dapat memberantas rasuah. Tingkat rasuah di negeri ini, menurut indeks lembaga Transparency International, menempati urutan kedua terbawah. Tanpa kekayaan, dan bahkan sedikit hutang, Mujica mengatakan masih tidur tenang. Banyak yang berkata, Uruguay mengalami masa jaya masa pimpinannya. Meski demikian ia tidak takut jika kelak jabatannya berakhir.

"Saya akan merasa lebih damai, tinggal di rumah bersama isteri dan anjing saya, Manuela," ujarnya.

Itulah orang yang kaya di dunia.. Kaya jiwa. Kalau di Maaysia, masih ada orang-orang yang cara hidup sederhana sepertinya iaitu Tuan Guru Nik Abdul Aziz MB Kelantan, Hj Abdul Hadi Presiden AS dan lain-lan. Bukan seperti PM Malaysia dan keluarga, Taib Mahmud MB Serawak dan lain-lain.(IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails