Wednesday, March 07, 2012

Sampit Berdarah: Pertempuran Dayak & Madura.

sampit‑2.jpg aba118.wordpress.com

CATATAN PERJALANAN: Kalimantan siri 10

SAMPIT Berdarah, beginilah ceritanya..

Awal kerusuhan:

Kerusuhan bernuansa etnis di Sampit meletus semenjak peristiwa pembunuhan terhadap beberapa warga Madura di komplek perumahan yang terletak di sebelah utara pinggiran kota Sampit yang dilakukan oleh sekelompok orang yang dibayar oleh dua provokator masing-masing pegawai PEMDA dan Dinas Kehutanan Sampit. Peristiwa itu terjadi tengah malam minggu (Sabtu malam 17/2/2001) sekitar pukul 23.00 WIB disaat korban sedang tidur lelap.

Warga Madura yang berada di sekitar kejadian terkejut dan emosi mereka terpancing karena merasa dalam keadaan bahaya dan sedang diaserang oleh sekelompok suku Dayak, dan merekapun melakukan pembalasan hingga trerjadilah bentrokan yang menelan belasan korban jiwa. Dengan peristiwa ini warga dayak tidak tinggal diam mereka langsung menghadakan pembunuhan dan pembakaran terhadap rumah-rumah warga Madura.

Pada hari minggu pagi saya kontak melalui telpon kepada bibi dan paman yang bertempat tinggal di jalan S. Parman Sampit menanyakan tentang peristiwa tersebut dan pengaruhnya terhadap masyarakat kota Sampit pada umumnya. Bibi malah biasa-biasa saja dan tidak mempunyai perkiraan bahwa bentrok akan meluas, bahkan ia mengatakan “tidak apa-apa dan aman-aman saja, karena peristiwanya ada di pinggiran” tegasnya.

Pada hari yang sama yang menghubungi teman dekat yang ada di jalan Sampit Samuda menanyakan tentang peristiwa tersebut. Ia pun menjawab senada dengan jawaban bibi. Keesukan harinya saya lakukan kontak lagi kepada paman dan jawbannya tidak jauh berbeda dengan jawaban kemarin. Berbeda dengan jwaban teman yang saya kontak pada hari itu, ia mengatakan keadaan gawat dan kerusuhan meluas dan terjadi penambahan korban dari dua belah pihak. Pada hari Selasa, saya lakukan kontak kembali, akan tetapi telpon sudah tidak ada yang mengangkat.

Lalu saya menghubingi teman di rumah mertuanya dan kebetulan ia telah sembunyi di sana dan ia mengatakatan bahwa keadaan sangat mencekam karena orang-orang Dayak dengan seketika berdatangan dari berbagai penjuru dan pedalaman Kalimantan Tengah dan aparat kewalahan tidak dapat membendung arus kedangan mereka. Orang-orang Madura yang memang tidak sadar dan tidak menduga bahwa mereka akan dibersihkan dari Sampit akhirnya kalang kabut dan panik, karena diserang oleh Dayak yang lengkap dengan berbagai senjata tajamnya.

Maka korbanpun berjatuhan tergeletak tanpa kepala di rumah-rumah dan di jalan-jalan setiap sudut kota Sampit. Orang-orang Dayak melakukan swepping besar-besaran ke seluruh rumah-rumah penduduk tanpa terkecuali dan membunuh setiap orang yang dicurigai dari suku Madura tanpa memandang jenis kelamin atau usia. Maka warga dari suku Madura yang terjebak kepungan orang-orang Dayak dan tidak sempat mengungsikan diri menjadi sasaran empuk terjangan tobak dan mandau.

Sebelum etnis Dayak melakukan serangan mereka berkumpul bersama untuk membulatkan tekad dan bersumpah untuk mengikis habis etnis Madura dari Kal-Teng yang dimulai dari Sampit. Untuk mengobar semangat juang Dayak, Para provokator Dayak menebarkan kebencian dikalangan mereka terhadap warga Madura. Kata mereka :

”Warga Madura harus dikikis habis dari Kal-Teng, supaya etnis Madura tidak berkuasa di Kal-Teng”.

Informasi terakhir (dini hari Senin 25/2) yang saya terima dari Kec. Samuda (40 km dari Sampit) mengatakan bahwa pengikisan warga Madura sekarang juga sedang terjadi di ibu kota Palangkaraya dan sekitarnya. Orang-orang Dayak dalam melakukan kebiadabannya tidak cukup dengan menghabiskan nyawa suku Madura yang tidak berdosa, tetapi membakar rumah-rumah, tempat-tempat usaha, masid-masjid, lembaga-lembaga pendidikan, pesanteren-pesantren dan lain-lainnya yang dibangun oleh suku Madura.

Postingan ini merupakan lanjutan dari sampit berdarah ( bag 1 ).
aba118.wordpress.com
Rujuk Dari Sanggau Ledo hingga Sampit. HAJI Abdullah (53), tokoh masyarakat Madura ...
zkarnain.tripod.com
kerusuhan_sampit.gif shilahudinpunya.blogspot.com

Tragedi Sampit berdarah adalah buntut dari Tragedi Sambas dengan perencanaan yang matang.

Semenjak Sambas meletus masyarakat Dayak pedalaman telah mengadakan pembicaraan untuk melakukan serangan terhadap etnis Madura. Hal itu terungkap dari keterangan adik ipar saya yang - kebetulan berdarah Dayak tetapi leluhurnya telah memeluk Islam – bekerja sebagai pedagang sembako yang setiap hari hilir-mudik ke pedalaman Kalimantan Tengah (Rantau Pulut dan sekitarnya). Adik ipar tersebut sering mengemukakan alasan-alasan bahwa rencana tersebut sebaiknya diurungkan, karena menurutnya, orang-orang Madura adalah orang yang baik-baik dan sedikit diantara mereka yang berbuat jahat seperti suku-suku lainnya, ujarnya.

Bahkan, ia sendiri mengakui bahwa istrinya berasal dari keluarga yang baik dari suku Madura. Akan tetapi orang-orang Dayak tersebut tetap pada pendiriannya dan mengatakan bahwa mereka tidak akan mengganggu istrinya. Tentang rencana jahat Dayak tersebut sering diutarakan oleh adik ipar saya kepada keluarga kami. Beberapa hari sebelum Kerusuhan Sampit meletus adik ipar saya segera pulang dari pedalaman Kal-Teng dengan menyarter speedboard dan meninggalkan klotoknya di pedalaman untuk memberitakan akan rencana jahat Suku Dayak dan ipar saya menyerankan kepada seluruh keluarga segera menjual harta yang dapat dijual sebelum peristiwa terjadi, akan tetapi keluarga tidak mengindahkan saran tersebut.

Sebelum peristiwa Kerengpangi meletus (bebera[pa minggu sebelum peristiwa Sampit) sudah santar isu bahwa orang-orang Dayak akan menyerang suku Madura, dan kerana santarnya isu tersebut teman akrab ayah saya yang juga mantan anggota DPRD Tingkat I Palangkaraya sering berpesan dan menyarankan apabila nanti ada serangan Dayak maka sebaiknya keluarga saya berlindung di rumahnya di Palangkaraya. Ini juga memperkuat adanya perencenaan sebelum tragedi Sampit meletus.

Dua hari setalah Tragedi Sampit meletus orang-orang Dayak dari berbagai penjuru dan pelosok pedalaman Kalimantan –Tengah secara bergelombang dan berbondong-bondong membanjiri kota Sampit untuk melakukan memusnahan terhadap etnis Madura. Ini adalah suatu indikasi nyata dari perencaan jahat tersebut. Dan ketika berita Tragedi Sampit menyebar ke berbagai pelosok, penyerangan terhadap etnis Madura di pelosok-pelosok pun mereka lancarkan, hingga ratusan korban berjatuhan.

Maka dari itu sangat tidak salah kalau berbagai madia masa menyebutkan korban tewas lebih dari 200 orang. Adapun sebenarnya korban tewas jauh lebih besar dari yang diperkirakan, sebab suku Madura tersebar banyak di berbagai kecamatan dan pelosok yang terpencil di Kab. Kotawaringin Timur sebagai petani dan bercocok tanam, dan mereka tidak luput dari sasaran amukan orang-orang Dayak. Satu hari setelah meletusnya Sampit Berdarah masyarakat Dayak di Palangkaraya berdemontrasi menuntut kepada Pemerintah setempat agar mengusir seluruh etnis Madura dari propinsi Kal-Teng.

Aparat tidak bertindak tegas terhadap perusuh.

Pasukan Kepolisian dan Tentara yang disiagakan di Sampit bersikap pengecut bahkan tidak memberikan perlindungan kepada suku Madura. Hal itu terlihat dari ketidak mampuan mereka dalam membendung arus perusuh Dayak yang datang membanjiri kota Sampit dan membiarkan mereka melakukan swepping kerumah-rumah dan menghabisi jiwa setiap orang yang diduga dari etnis Madura, dengan tidak memandang apakah itu bayi, orang jumpo, laki-laki atau perempuan.

Bahkan serangan serangan yang merembak ke berbagai kecamatan dan pelosok dengan sangat mudah dilakukan oleh para perusuh Dayak tanpa ada usaha pencegahan atau sikap tegas dari aparat. Seharusnya aparat beritindak tegas terhadap setiap perusuh yang memasuki wilayah tugasnya tanpa pandang bulu. Bahkan ketidak tegasan aparat itupun tampak dengan dilepasnya puluhan tahanan etnis Dayak perusuh dan membiarkan mereka bergabung dengan para perusuh lainnya untuk melakukan pembunuhan.

Dan Penyerangan dan pembunuhan tidak hanya dikosentrasikan di kota Sampit saja, bahkan semenjak kerusuhan di kota Sampit meletus secara serempak di Kecamatan-kecamatan lain dilakukan penyerangan yang sama, dan dengan leluasa tanpa pencegahan dan tidakan tegas dari aparat mereka membunuh dan mengahncurkan segala harta dan rumah penduduk etnis Madura. Kemarin (Minggu 25/2/2001) saya kontak telpon dengan salah satu penduduk dari etnis Banjar di Sampit untuk mendapat imformasi terakhir tentang kota Sampit, orang itu mengimformasikan bahwa sampit makin mencekam para pengungsi yang berlindung di sekitar kantor PEMDA sedah kekurangan bahan pangan dan sudah banyak korban yang jatuh tewas kelaparan.

Sementara arus perusuh terus membanjiri Sampit dan mereka mengadakan serangan ke Kec. Samuda 40 km. Dari Sampit yang disana terdapat penduduk etnis Madura yang terpencar-pencar dalam jumlah yang sangat banyak diperkirakan lebih dari 1000 KK. Sedangkan tempat pengfungsian atrau persembunyian di sana tidak ada. Dan perusuh telah melakukan pemusnahan di sana tanpa ada aparat yang menghalangi atau bertindak tegas terhadap mereka. Bahkan pesanteren terbesar di Kec. Ini –yang juga tempat saya nyantri dahulu- telah luluh lantak. Tidak ada satupun rumapenduduk etnis Madura melainkan digempur habis-habisan.

Dan dari imformasi yang saya terima dari etnis Banjar di Kecamatan ini (dini hari ini –Senin 26/2) para perusuh dayak sudah sampai desa Parebok (Kec. Samuda) dan di situ mereka mendapat perlawanan dan terjadi korban dari dua belah pihak. Karena pihak perusuh tidak mampu, maka Dayak mengirimkan lagi 2 truk ke desa ini, dan akhirnya mereka dapat menghancurkan perlawanan etnis Madura. Para perusuh dari etnis Dayak tersebut menggunakan tanda pengenal merah di kepala, tangan dan tombak yang mereka bawa.

Evakuasi atau pengusiran?

Desakan etnis Dayak agar Pemerintah setempat mengusir etnis Madura dari Kal-Teng terus mereka lakukan sambil menyuarakan tuntutan agar Kapolda Kal-Teng mundur dan diganti dengan yang lain, akhirnya Kapolda menginstruksikan kepada segenap jajarannya di Sampit dan Kecamatan agar mendesak etnis Madura segera mengungsi ke Madura dengan alasan keselamatan. Bahkan Kapolsek di Kuala Pembuang sangat ketakuatan ketika mendengar perintah dari atasannya sehingga membuatnya segera melakukan evakuasi dan mengungsikan etnis Madura dari Kuala Pembuang (ibu kota kec. Seruyan Hilir 150 km dari Sampit) ke jawa. Bahkan di Palangkaraya sendiri dilakukan pengungsian etnis Madura ke Banjarmasin setelah menakut-nakuti mereka.

Kerusuhan Sampit bernuansa sentimen agama dan Masyarakat Dayak sebagai alat untuk mencapai tujuan.

Suku Madura tinggal di Kal-Teng semenjak lima puluh tahun yang lalu dan hidup berdampingan secara damai dengan etnis-etnis setempat (Banjar dan Dayak), tidak ada perselisahan diantara sesama mereka sehingga mereka hidup sebagaimana layaknya warga setempat. Keharmunisan hubungan dua belah pihak itu tampak dan makin jelas dengan makin banyaknya nikah silang (Dayak-Madura, Madura-Banjar) diantara mereka. Maka tidak heran jika lelaki muslim dari etnis Dayak nikah dengan perempuan asal etnis Madura atau sebaliknya.

Kriminalitas berupa pembunuhan, perjudian dan pencurian dilakukan oleh berbagai etnis bukan hanya dari etnis Madura, bahkan yang sering terjadi adalah pembunuhan antara etnis Madura itu sendiri bukan antar etnis Madura dengan etnis lainnya. Lalu kenapa Kerusuhan itu terjadi dan bahkan kerusuhan di Sampit diprovokasi oleh dua orang pegawai negeri sipil yang beragama non Islam? Lalu kenapa pembakaran dan pembunuhan dilakukan kepada semua warga etnis Madura tanpa pandang bulu?

Kenapa masjid-masjid, pesantren-pesantren, rumah-rumah warga madura yang tidak berdosa bahkan Kia asal Madura dihabisin? Tidakkah kita ketahui bahwa sebagian besar pesantren di Kal-Teng itu didirikan oleh suku Madura, bahkan pesantren terbesarpun adalah milik warga Madura? Kenapa etnis Madura jadi sasaran? Seorang Doter –sekarang bertugas di salah satu Rumah Sakit terkenal di Jakarta- yang juga berperan sebagai da`I selama masa tugasnya di Kalimantan Tengah (Kuala Pembuang dan Pangkalanbun) dalam beberapa tahun yang lalu, mengatakan bahwa suku Madura adalah merupakan suku yang paling lemah di Kal-Teng.

Secara organisatoris mereka tidak mempunyai ikatan atau wadah persekutuan etnis Madura, karena mereka sudah merasa menjadi bagian dari penduduk asli Kalimantan sehingga mereka melebur dengan meluruh komponen masyarakan di sana. Di sisi lain mereka merupakan komonitas yang memperbengkak jumlah komonitas umat Islam Kal-Teng, sehingga jumlah umat Islam Kal-Teng mencapai lebih 80 % . Namun imej yang dilontarkan kepermukaan adalah bahwa orang Islam di Kal-Teng merupakan penduduk menoritas, karena instansi-instansi penting di Pemerintahan setempat banyak dikuasai non muslim (Kristen Dayak).

Usaha kristenisasi di Kalimantan sangat berjalan lamban dan boleh dikatakan gagal. Para mesionaris akhirnya memilih Dayak sebagai sasaran dan alat untuk mencapai tujuan. Orang Dayak yang berhasil dikristenkan dikader untuk memainkan peran dalam proses kristenisasi dan menyingkirkan orang-orang Islam atau paling tidak, menjauhkan generasi Islam dari nilai-nilai ajaran islam. Sebagai contoh, Kec. Seruyan Hilir (Kuala Pembuang) mayoritas 96 % penduduknya adalah Muslim, yang terdiri dari berbagai etnis Banjar, Madura, Dayak dan Bugis.

Letaknya sangat stategis, karena merupakan kota transit bagi wilayah-wilayah pedalaman. Di Kec. Ini dahulunya tidak ada tempat lokalisasi pelacuran, tidak ada tempat perjudian, tidak ada tempat penjualan minuman keras dan tidak ada gereja. Akan tetapi, setelah jabatan pembantu Bupati dipegang oleh seorang dari etnis Dayak Kristen yang istrinya adalah seorang misionaris, maka gereja didirkan, tempat pelacuran dan perjudian diadakan, izin penjualan minuman keras diberikan (kepada orang keturunan cina ) yang mengakibatkan hancurnya akhlak generasi setempat sekalipun telah banyak mengundang berbagai protes dari tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Bahkan, setelah masa tugasnya berakhir ia memilih menjadi stap dari pada dipindah dari Kuala Pembuang dan menjadi pelindung tempat-tempat kemaksiatan tersebut. Yang lebih parah lagi, ketika jalan Sampit-Kuala Pembuang dapat dioprasikan, orang tersebut berusaha untuk membuka lokalisasi pelacuran baru di km. 7 dekat perkampungan etnis Madura sekalipun protes keras dilancarkan oleh kepala desa dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Bahkan ia menawarkan sebuah mobil Kijang kepada kepala Desa asal dizinkan rencananya.

Dengan sinis ia mengatakan “Orang Madura orang suci tidak menyukai keramaian!!”

Ketika SMU N I Kuala Pembuang dikepalai oleh orang Kristen Dayak, banyak anak SMU yang masuk sekolah dalam keadaan teler (mabuk). Mereka pun akhirnya diusir oleh guru-guru Muslim. Namun Kep. Sek. Melarang tindakan guru-guru tersebut dan ia mengatakan kepada mereka “biarkan mereka mabuk asal sekolah!”.

Etnis Madura yang tinggal di Kalimantan-Tengah (begitu juga di wilayah lainnya) tidak satupun dari mereka yang tidak muslim dan mereka mempunyai peran penting dalam memperkuat posisi Islam di Kalimantan. Hal itu terbukti dengan masjid-masjid dan pesantren serta Madrasah-madrasah yang mereka dirikan. Bahkan, untuk wilayah Kal-Teng mayoritas pesantren didirkan oleh etnis Madura, bahkan yang terbesar di Sampit dan di Palangkaraya pun pesantren yang dipimpin oleh etnis Madura, yang sekarang ludes diamuk etnis Dayak.

Bagi Masyarakat Dayak yang masih menganut kepercayaan Kaharingan (19 %) (Animesme) perbedaan agama sebenarnya tidak menjadi masalah dan mereka tidak pernah diresahkan dengan berkembangnya agama Islam di Kalimantan, karena memang etnis Madura dan etnis lainnya tidak pernah mengusik mereka, dan bila mereka memeluk Islam itupun karena kerelaan mereka. Tetapi berbeda dengan etnis Dayak yang sudah dikader menjadi misionaris oleh para Zending Batak di pedalaman.

Dayak Kristen inilah yang dijadikan alat oleh mereka untuk mencapai sasaran mereka. Untuk mencapai tujuan, maka Ikatan Mastyarakat Dayak pun dibentuk sebagai wadah kekuatan masyarakat Dayak. Sehingga apabila timeng waktu untuk merencanakan makar, masyarakat dayak Animesme dan Dayak Kristen menghimpun menjadi suatu kekuatan.

Otonomi Daerah Menimbukan kekhatiran Kristen Dayak.

Baru saja saya dihubungi teman dari Samuda (dini hari Senin 25/2) bahwa isu yang mereka sebar luaskan dikalangan etnis Dayak dan untuk memperteguh jiw a juang dan menanamkan kebencian mendalam terhadap etnis Madura adalah “kekhawatiran mereka kalau otonomi daerah sudah berjalan, maka yang berkuasa adalah etnis Madura”. “Kalau kita tidak menghabisi etnis Madura maka kita akan dilkuasi mereka”.

Maka di Palangkaraya sekarang sudah terjadi apa yang terjadi di Sampit dan sekarang mereka mulai bergerak ke Kab. Kotawaringin Barat (Pangkalanbun dan sekitarnya). Dan mereka menginstruksikan kepada perusuh Dayak agar membakar setiap rumah dan bangunan-bangunan lainnya yang diduga milik etnis Madura yang telah ditinggalkan penduduknya mengungsi. Padahal etnis Madura di sana mayoritasnya adalah petani dan tukang kebun, dan amat sedikit dari mereka yang di Pemerintahan dan yang menjadi pengusaha.

SERUAN DAN AJAKAN :

Melalu tulisan ini kami masyarakat Kalimantan Tengah menyerukan :

  1. Pemerintah harus segera menghentikan pembunuhan dan pembasmian terhadap muslim Madura di Kal-Teng.
  2. Menyerukan agar aparat bertindak tegas jangan berat sebelah atau menjadi pengecut.
  3. Menyerukan kepada Pemerintah untuk memberikan bantuan makanan dan kesehatan kepada para pengungsi yang hampir puluhan ribu jiwa.
  4. Menyerukan kepada LSM HAM untuk segera mengadakan infestigasi terhadap pelanggaran HAM di Sampit.
  5. Mendesak Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum untuk segera mengadili Provokator yang mendalangi kerusuhan Sampit.
  6. Menyerukan kepada tokoh-tokoh partai politik dan pimpinan-pimpinan organisasi Islam untuk mendesakPemerintah agar menghentikan kerusuhan di Kal-Teng dan bertindak tegas.
  7. Mengajak kaum Muslimin di mana saja agar segera melakukan pembelaan kepada saudara-saudara yang beriman yang sekarang sedang dibasmi oleh Dayak Kristen dan para pendukungnya.
  8. Menyerukan agar diadakan Tabligh Akbar untuk memberitakan apa yang sebenarnya sedang terjadi terhadap muslimin Madura di Kal-Teng.
Tulisan ini di tulis dengan sejujur-jujurnya oleh:

H. Musthofa Aini. Lc. Mahasiswa Pascasarjana di salah satu Unv. Islam di Jakarta. Warga asli Sampit dari suku Madura. Penulis terus mengadakan kontak langsung setiap hari kepada berbagai etis (Banjar dan Jawa) di Sampit untuk menanyakan informasi terbaru tentang kerusuhan. Penulis juga kembali dari Sampit beberapa minggu yang lalu sebelum tragedi Sampit meletus.

Pusat Informasi & Komunikasi Islam Indonesia Al-Islam Jl. Pahlawan Revolusi, No 100, Jakarta 13430 Telpon: 62-21-86600703, 86600704, Fax: 62-21-86600712 E-Mail: info@alislam.or.id
2001 Aku cuma sampaikan berita, walaupun satu ayat (bukti) yang aku tahu...

Bersambung, Insya Allah!

Ibnu Hasyim alamat: ibnuhasyim@gmail.com 26 Feb 2012 Pontianak, Ind.

Lihat catatan perjalanan...

E-Buku IH-51: Perjalanan Ke Kalimantan E-Buku IH-51: Perjalanan Ke Kalimantan

444 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 400 of 444   Newer›   Newest»
Anonymous said...

madura sialan gak ada kapok 2 nya ..nih suku musti diapain sih biar pikirannya terbuka..madura bangsat...anjing...

Anonymous said...

woooooi madura anjing , biadab ras setan..perang yuk sama betawi gak usah lu bayar2 aparat anjing ...perang aja sampe abis....kalo betawi kalah ...gua ihklas tinggalin jakarta ...tapi kalo madura lu juga musti konsisten tinggalin tanah betawi.....dasar madura iblis gak tau malu...ke laut aja lu njing..

Anonymous said...

MADURA ITU RAS SETAN ...CARA NGATASINYA YAH KAYA DI KALIMANTAN...ALIAS DIPENGGAL LEHERNYA

Anonymous said...

BANTAI AJA TUH MADURA SEPERTI TIKUS...GAK USAH DI KASI AMPUN

Anonymous said...

BANTAI AJA TUH MADURA SEPERTI TIKUS...GAK USAH DI KASI AMPUN

Anonymous said...

betawi anjing...tak carok kowe cong..

Agus Brown said...

ini tulisan sampah yg gk perlu di baca, saya orang melayu kalimantan yg ikut merasakan imbas perang itu. penulisnya juga tidak kalah lebih kotor dari sampah dengan tulisannya ini. lebih baik tulisan ini di hapus agar tidak terjadi lagi hal2 yg tidak di inginkan seperti di sampit dan sambas. semoga sang penulis sadar akan ap yg dia tulis dan bertobat.

Anonymous said...

Wakak.. bodoh loe.. lo tinggal dimana hah? M-16 nya brimob pernah diberondong ke pasukan dayak saat kerusuhan.. dan perlu loe tau TERGORES SAJA MEREKA TIDAK apa itu bukan ilmu magic? Granat yg dilempar ke kerumunan pasukan dayak semua nya tidak meledak bro.. ini terjadi di depan mata saya.. silahkan loe cek di lapangan.. setelah kerusuhan sampit banyak aparat yg depresi akibat keberadaan mereka tidak berguna.. satu kasus saat pasukan tni membawa pengungsi menggunakan truk.. mereka dicegat oleh pasukan dayak, tapi tni2 tadi berkelit kalo di dalam truk hanya bahan pangan buat pengungsi.. maka truk itu dipersilahkan lewat.. tapi apa yg terjadi setelah mereka sampai? Pengungsi dalam truk tadi sudah tewas dengan kepala terpenggal.. nah lo.. dgn kata lain.. pengawalan mereka tidak ada gunanya.. ini yg menyebabkan banyak anggota aparat keamanan depresi.. paham? Ini fakta bung

Anonymous said...

Wakak.. bodoh loe.. lo tinggal dimana hah? M-16 nya brimob pernah diberondong ke pasukan dayak saat kerusuhan.. dan perlu loe tau TERGORES SAJA MEREKA TIDAK apa itu bukan ilmu magic? Granat yg dilempar ke kerumunan pasukan dayak semua nya tidak meledak bro.. ini terjadi di depan mata saya.. silahkan loe cek di lapangan.. setelah kerusuhan sampit banyak aparat yg depresi akibat keberadaan mereka tidak berguna.. satu kasus saat pasukan tni membawa pengungsi menggunakan truk.. mereka dicegat oleh pasukan dayak, tapi tni2 tadi berkelit kalo di dalam truk hanya bahan pangan buat pengungsi.. maka truk itu dipersilahkan lewat.. tapi apa yg terjadi setelah mereka sampai? Pengungsi dalam truk tadi sudah tewas dengan kepala terpenggal.. nah lo.. dgn kata lain.. pengawalan mereka tidak ada gunanya.. ini yg menyebabkan banyak anggota aparat keamanan depresi.. paham? Ini fakta bung

Anonymous said...

Wa pernah punya pengalaman yg kurang baik dngn orang madura yaitu ketika istri wa di bawa kabur oleh orang madura tapi wa gak memendam dendam dgn orang madura karena jka istri wa gk mau mungkin hal itu tdk akn trjadi & yg membawa lari istri wa tuh hny 1orang dari sekian bnyak orang madura apakah hanya gara² kesalahan 1 orang madura wa harus membenci seluruh orang madura wa rasa kurang bijak bila menyamaratakan orang madura itu semua ny berengsek

Anonymous said...

madura emang ras binatang liar ,,,gak usah di kasi hati...dibenci bukannya mikir ,malah nantang....dasar ras setan ,,,madura anjiiiing....

Anonymous said...

JAYALAH Dayak......bravo dayak taboyan and jawa

Adi said...

Kapan Indonesia ini bisa damai ?

Anonymous said...

Saya Sasak-Jawa. Saya cinta Suku Dayak. Akhlaknya baik. Sopan sekali. Sangat jauh bertolak belakang dengan madura.Yang tidak perlu disebutkan lagi peringai buruknya. Baca sejarah, kronologi kerusuhan, baru mengeluarkan pendapat. Semoga peristiwan ini jadi pelajaran bagi suku madura. Wassalam,

Anonymous said...

Memang pantas madura di basmi,tidak menghargai budaya suku lain. Tau diri dong madura itu cuma pendatang transmigrasi disana.

Anonymous said...

Sya dari suku batak toba sumut sendiri merinding denger beritanya,menurut gw ni masalh diselesaikan musyawarah aja cuy,jgn bawa agama

Unknown said...

Di adu domba ama negeri sebelah aja pada kepancing semua!!!.... Adehhh.....

Anonymous said...

Melihat ini semua, betapa memalukannya indonesia, sangat menyedihkan, kedua belah pihak mudah terhasut dan di panas2i, tidak sadarkah malaysia sebenarnya mau merampas kalimantan dri indonesia, tp memanas-manasi dengan madura, dari komentar di atas pun sudah nelas terlihat, ada org malaysia yg bicara agar kalimantan ikut mereka, beginikah indonesia bersatu? Menyedihkan

Anonymous said...

Berhati-hatilah berbicara, Tuhan mendengar perkataan kalian, kalau karma dari mulut2 kalian datang, kalian akan merasakannya sendiri, yang menghujat madura, nantinya akan dibantu oleh org madura, bahkan berkeluarga dengan org madura, dan yg menghujat dayak, nantinya akan dibantu oleh orang dayak dan bahkan berkeluarga dengan org dayak, hati-hati..

Anonymous said...

Semoga orang yang mebulis blog ini disadarkan dan dimpuni Tuhan, dan yang menghujat kedua belah pihak disadarkan juga dengan perkataannya, amiin

Anonymous said...

ibnu hasyim atau penulisnya ini sebenarnya provokatornya... agama kok dibawa2

Anonymous said...

Madura ni agama apa? semua nk disembelih..Zaman nabi perang, yg lemah dikawal bkn dibunuh..mcm tiada agama..

Anonymous said...

Kesalahan di artikel ini emg adnya,sya org (parebok) nm kmpung di mksd kan.
jgn bwa2 agama dlm mslh ini.
Ini yg sya z & yg prnh sya alami.mungkn slh satu dri anda2 smua tau ap bila pd hru rabu ad pasar di kmpung sbelah.
Crita x bgini,sya seorg petani kebun jg ,saat itu ingn mngambil hsil dri tanaman yg sdh siap untk di jual,tp syg btpa kcwa hti mlhtnya,krn hnya trtinggal z bkn isinya(SAYUR KELADI).sya tau siapa plaku yg mlakukan.
jdi istilahnya org madura itu dsini rajin sholat sma ngaji nya,tp cangkal jua dgn mncurinya.
Dan ppatah yg sya adlah,bakey bakara dia matei dia jara.
Trus jgn ucapkan dayak anjing bl muasalnya madura titisan anjing hitam.yg tlh ingn mrebut makanan org.
Sblm trjdinya krusuhan itu,sya prnh mndngar ucapan yg mmbuat darah sya brdebar adlah,istrinya yg cantik itu gasan aku,sdng kan anak mrs yg bujang jdi pmuas nafsu pra pmuda aq.jdi siap yg tdk kcewa mndngar kta2 mcm itu.
apa yg sya ktakan ini adlah kbnran dri smua yg kalian koment.artinya adalah org madura itu srakahnya mlebihi para tikus2 kantor.
Buat madura klo mmg jdi tamu itu hrs sopan bl di tmpt org,biar bs di hrgai dgn baik..jgn malah tikam suami dan istri nya di perkosa smpai mati.
Prcuma z smbahyang tp klakuan mnjdi2..

Unknown said...

KALAU DIKIT-DIKIT MENYELESAIKAN MASALAH DENGAN CARA MEMBUNUH, HAPUS SAJA PANCASILA YG ADA TULISAN BERBEDA-BEDA TETAPI TETAP SATU JUA. KASIAN MENDIANG BUNG KARNO YG BUAT DASAR NEGARA PANCASILA. DI YOGYAKARTA AJA DARI BERBAGAI ETNIS SUKU SEMUA AKRAB KOK. MUNGKIN TRAGEDI INI ADA PROVOKATOR. INGAT, BANYAK ASING YG INGIN INDONESIA PECAH BELAH. JADI SAYA HARAP SODARA2 SKALIAN MENJAGA ANTAR KERUKUNAN SPERTI DI KOTAKU YOGYAKARTA :) MERDEKA..!!!

Anonymous said...

Itu betul kejujuran anda adalah watak cermin akidah agamamu, Biasa..semua itu politik karena apabila orang madura islami garis keras karena ketakwaan dalam menjunjung agama 35% masih berada dikalteng dikhawatirkan misi visi misionaris KO dalam pengelolaan dan perekrutan sistem pemerintahan baik otonomi dan pusat kristenisasi harus terus berjalan baik, dana dan kumpulan pajak rakyat dari mayoritas utk kegiatan minoritas seperti pembentukkan organisasi keamanan adat dan pembangunan fisik misi visi organisasi2 keamanan politik dan gaji dari pajak mayoritas bagi kenikmatan minoritas semua bisa dibeli baik kursi dpr, pengangkatan pejabat, pns, tokoh adat, lsm, semua yg basah2 harus di dominasi dari kaum kafirun al masih al nikmatullah bin korupsikun selalu amien terlindungi dan dilindungi kenikmatannya, bila madura tetap ada dikalteng dikhawatirkan dlm pemilihan langsung baik gubernur atau bupati yg diusung kumpulan dari usulan minoritas para pemimpinnya pasti kalah akibat bersatunya kaum muslimin..maka partai kerbau kebakaran jenggot.... makanya setiap jumat mesjid dan langgar selalu dibrefing oleh keamanan misionaris adat dan anggota keamanan dari polisi, TNI dan Organisasi politik yang ada.... begitulah nikmatnya kekuasaan hingga keamanan dan kebangsaan serta nasionalisme ini dapat dihancurkan, takut dengan intimidasi misionaris,.. uang dan korupsi sampai 7 turunan, semua berkiblat pada rasul rasulnya.... yang jadi pimpinannya, karena proyek2 basah hanya utk seputar keluarganya dan golongan partai tsb saja makanya buku dan pencatatan sejarah bagi golongannya tercatat utk segala kadernya hingga partai tersebut makin kuat dan selalu dilindungi dan direkomendasi anggota keamanan nasional negara ini??? ...... karena semua alasan pilihan rakyat yang dengan terencana dan pencatatan yg strategis.... semua orang madura dikalteng tetap dicatat, diintimidasi dan dikucilkan bisa ditonjolkan tetapi utk politik dan aqidahnya sdh dibeli....

Anonymous said...

damai peace

Anonymous said...

madura selalu bikin masalah dimana mana....harusnya gubenur di daerah masing2...bikin aturan keras agar pendatang 2 dari madura di usir dan di giring kembali ke daerahnya...madura bikin onar itu sudah watak aslinya ...gak bisa di harapkan untuk berubah...usir saja madura keparat dari lingkungan masing2

Unknown said...

tidak ada satupun suku di dunia ini yang boleh membunuh perempuan dan anak kecil kecuali suku iblis yang turun dari neraka yang menyerupai manusia dengan bangga menebas leher dan menjinjing serta menggantung kepala manusia lebih kejam dari jaman penjajahan belanda seperti jaman jahiliyah tapi jangan bangga bagi yang membunuh perempuan dan anak kecil yang tidak berdosa7 turunan karma akan lebih kejam karena iblis akan melakukan lagi lewat suku iblis yang akan membunuh anak dan perempuan yang kamu sayangi dan kamu seumur hidup tidak akan tenang sampai mati dan di lemparkan ke api neraka jahanam naudhubilla mindalik

Unknown said...

orang yang membunuh perempuan&anak kecil adalah iblis yang turun dari neraka menyerupai manusia, suku yang boleh membantai ibu&anak kecil adalah suku iblis, agama yang boleh memenggal dan menggantung kepala manusia adalah agama iblis hai manusia sadarlah kalian janganlah bangga dengan kemenanganmu membantai ibu dan anak kecil serta menggantung kepala manusia karena karma 7 turunan ibu dan anak yang kau sayangin akan di bantai oleh iblis yang menyrupai manusia lewat suku iblis yang turun dari neraka jahanam naudhu billa mindhalik

Unknown said...

Tidak semua orang madura buat onar

Unknown said...

Ibu dan anak kecil tidak boleh di bunuh dengan alasan apapun, oleh siapapun, suku apapapun kecuali suku iblis, agama apapun kecuali agama iblis naudhu billa mindhalik

Unknown said...

Sobat jangan memfitnah karena tidak semua orang madura jahat, bersainglah secara sehat kita ini indonesia

Unknown said...

bung jangan suka memfitnah orang madura

Unknown said...

Sobat janganlah memfitnah kita ini indonesia pada jaman belanda orang yang suka memfitnah biasanya penghianat

Unknown said...

Bung kalau ada masalah jangan bawa agama dan suku karena setiap suku banyak yang baik ada yang jahat suku manapun. mau berkelahi 1 lwn 1jangan bawa orang lain yang tak berdosa apalagi memenggal kepala ibu dan anak kecil ingat karma 7 turunan ibu dan anak yang kau sayangin nanti di penggal oleh iblis yang turun dari neraka jahanam yang menyerupai manusia naudhu billa mindhalik

Unknown said...

Orang yang memenggal kepala ibu dan anak kecil dan menggantung kepala manusia adalah iblis berupa manusia, hidupnyapun tidak akan tenang, siapapun, suku apapun tolong sobat janganlah di bela orang yang sudah menebas leher ibu dan anak kecil karena sama saja kita melakukannya

Unknown said...

Kejadian di sampit lebih kejam dari pada pki karena membunuh ibu dan anak kecil bahkan menggantung kepala manusia cuma iblis berwajah manusia yang bisa melakukannya naudhu billa mindhalik.

Unknown said...

Kejadian di sampit adalah paling kejam di dunia pada saat ini karena di depan mata memenggal kepala ibu dan anak kecil bahkan menggantung kepala manusia, di mana pemerintah, di mana ham kapan mau di adili orang yang membunuh ibu dan anak kecil serta menggantung kepala manusia,di mana aparat saat itu kita semua masih punya utang untuk mengadili pembunuh biadap yang lebih kejam dari pki karena pembunuh2 itu tidak mungkin semua mati inilah yang sebenarnya hukum rimba.

Unknown said...

Naudhu billa mindhalik

Unknown said...

Kejadian sampit adalah kesalahan pemerintah daerah, pemerintah pusat dan aparat yang tidak tegas serta intelijen yang tidak peka dengan masalah tersebut sampai sekarang pembunuhnya tidak di adili karena tidak semua pembunuhnya sudah mati inilah yang namanya hukum rimba, biarlah hukum manusia lewat tapi kita yakin hukum tuhan yang akan melaknatnya naudhu billa mindhalik.

Unknown said...

Selesai

Unknown said...

Ini yg punya blog mending kita duel aja..??? Madura anjiiing..!!!

Anonymous said...

jangan deket2 sama orang madura...nanti ketularan sifat licik dan culasnya...semua orang sdh tahu kelakuan suku madura...madura bikin malu indonesia aja....sebaiknya madura bikin negara sendiri aja....biar indonesia tidak tercemar dan malu..

Unknown said...

Hukum adat kayau & ritualnya ditetapkan oleh para Tetua Adat (Damung Adat, Mantir Adat, Balian Adat) dengan 3 unsur pertimbangan : 1. Darah telah tumpah di tanah Borneo. 2. Roh leluhur/Roh Kepala Adat Suku Dayak yg sangat dihormati telah dihina & dilecehkan. 3. Pelaku yg menumpahkan darah di tanah Borneo tdk mendapat hukuman yg setimpal ditinjau dari sudut hukum adat dayak.
Hukum Adat Kayau berlaku bagi siapa saja yg berdiam di tanah Borneo bahkan berlaku utk suku dayak itu sendiri. Ini pernah terjadi di jaman dulu di mana para tetua suku dayak hulu menetapkan hukum adat kayau kepada suku dayak hilir karena suku daya hilir telah melakukan 3 unsur tsb kepada suku dayak hulu. Dalam hukum adat kayau yg di kayau hanya kelompok yg telah melakukan 3 unsur tsb. Tetapi dalam pelaksanaan kayau, sering kali terjadi, org-org yg tdk ikut melakukan ritual adat mengayau yg dipimpin Balian Adat, malah ikut melakukan kayau karena mempunyai dendam terhadap suku/kelompok yg dikenakan hukum adat kayau. Sehingga terjadilah hal-hal yg diluar kendali dari hukum adat kayau tsb.
Ritual adat sebelum mengayau disebut Nyaru Tariu & dilakukan di Pandagi (tempat yg dianggap keramat) bukan DI SEMBARANG TEMPAT. Org-org yg ikut dalam ritual Nyaru Tariu setelah selesai ritual akan kerasukan & org yg tdk sanggup malah bisa pingsan. Org yg kerasukan setelah ritual ini akan mempunyai sifat sangat sadis & tdk mengenal rasa takut (ini yg disebut oleh dunia sebagi Ghost Warrior atau ada yg menyebutnya Pasus Dayak) apa pun itu namanya. Bahkan dalam kejadian kayau yg dilakukan dayak hulu seperti tsb di atas, tdk cuma memenggal kepala tapi jantung & hati para tetua adat dayak hilir telah dimakan mentah dalam keadaan masih berlumuran darah. Ini tdk akan sanggup dilakukan oleh manusia manapun apabila dalam keadaan sadar.
Org-org yg telah kerasukan dalam ritual Nyaru Tariu di Pandagi secara fisik dapat dilihat dengan ciri-ciri : Tatapan matanya seperti mayat hidup, berperilaku seperti pembunuh berdarah dingin & pada warna putih bola matanya akan banyak muncul urat yg berwarna merah darah sehingga kalau dari jauh warna putih bola matanya terlihat menjadi merah darah. Itu ciri umum yg banyak diketahui org tapi ada satu hal yg tdk pernah diketahui org & hanya diketahui oleh para Damung Adat Suku Dayak. Hal ini telah menjadi rahasia beberapa generasi Damung Adat Suku Dayak tapi karena begitu banyaknya org-org yg salah mengartikan & mendefinisikan kayau & bahkan mengaku-ngaku pernah menjadi Ghost Warrior hanya utk kesombongan & keangkuhan maka fakta tentang kayau ini harus diungkapkan. Ciri yg menjadi rahasia tsb adalah : org-org yg kerasukan tsb mempunyai ciri khas tersembunyi yaitu di bagian dalam pada kedua kelopak mata bawah terdapat tanda merah dari darah seperti tahi lalat. Hal ini yg membuat mereka bisa melihat utk membedakan mana musuh yg sebenarnya. & satu tanda merah darah lagi yaitu bagian dalam bibir atas mereka. Hal ini membuat mereka bisa mencium bau musuh sebenarnya bahkan sanggup memakan jantung&hati musuhnya yang masih berlumuran darah. Apabila tanda itu hilang maka mereka akan kembali normal sadar dari kerasukan. Setiap org berbeda tingkat & lama kerasukannya, apabila ada org yg kerasukannya berlangsung lama maka akan di bawa kembali kepada Balian Adat utk mengakhiri kerasukan tsb.
Hukum Adat Kayau di jaman ini seharusnya di terjemahkan dalam definisi yg berbeda. Kayau (memenggal KEPALA) seharusnya didefinisikan sebagai cara utk membuat para KEPALA pemerintahan di Negeri ini (Bupati/Walikota, Gubernur dll bahkan Presiden) agar bisa berbuat utk kesejahteraan tanah leluhur. & org yg memenangkan cara tsblah yg harus diagung sebagai THE GHOST WARRIOR atau SANG KESATRIA HANTU.
Inilah pesan seorg kakek yg pernah menjadi Kepala Adat Suku Dayak & diberi gelar kehormatan adat sebagai DAMUNG TINGANG RUAI JALAYA di pedalaman Sampit yg tahun ini berusia genap 100 tahun, kepada cucunya yg telah menceritakan tentang pendapat org-org tentang kayau.
SALAM DAMAI SELALU BORNEO

Unknown said...

Hukum adat kayau & ritualnya ditetapkan oleh para Tetua Adat (Damung Adat, Mantir Adat, Balian Adat) dengan tiga unsur pertimbangan : 1. Darah telah tumpah di tanah Borneo. 2. Roh leluhur/Roh Kepala Adat Suku Dayak yg sangat dihormati telah dihina & dilecehkan. 3. Pelaku yg menumpahkan darah di tanah Borneo tdk mendapat hukuman yg setimpal ditinjau dari sudut hukum adat dayak.
Hukum Adat Kayau berlaku bagi siapa saja yg berdiam di tanah Borneo bahkan berlaku utk suku dayak itu sendiri. Ini pernah terjadi di jaman dulu di mana para tetua suku dayak hulu menetapkan hukum adat kayau kepada suku dayak hilir karena suku daya hilir telah melakukan 3 unsur tsb kepada suku dayak hulu. Dalam hukum adat kayau yg di kayau hanya kelompok yg telah melakukan 3 unsur tsb. Tetapi dalam pelaksanaan kayau, sering kali terjadi, org-org yg tdk ikut melakukan ritual adat mengayau yg dipimpin Balian Adat, malah ikut melakukan kayau karena mempunyai dendam terhadap suku/kelompok yg dikenakan hukum adat kayau. Sehingga terjadilah hal-hal yg diluar kendali dari hukum adat kayau tsb.
Ritual adat sebelum mengayau disebut Nyaru Tariu & dilakukan di Pandagi (tempat yg dianggap keramat) bukan DI SEMBARANG TEMPAT. Org-org yg ikut dalam ritual Nyaru Tariu setelah selesai ritual akan kerasukan & org yg tdk sanggup malah bisa pingsan. Org yg kerasukan setelah ritual ini akan mempunyai sifat sangat sadis & tdk mengenal rasa takut (ini yg disebut oleh dunia sebagi Ghost Warrior atau ada yg menyebutnya Pasus Dayak) apa pun itu namanya. Bahkan dalam kejadian kayau yg dilakukan dayak hulu seperti tsb di atas, tdk cuma memenggal kepala tapi jantung & hati para tetua adat dayak hilir telah dimakan mentah dalam keadaan masih berlumuran darah. Ini tdk akan sanggup dilakukan oleh manusia manapun apabila dalam keadaan sadar.
Org-org yg telah kerasukan dalam ritual Nyaru Tariu di Pandagi secara fisik dapat dilihat dengan ciri-ciri : Tatapan matanya seperti mayat hidup, berperilaku seperti pembunuh berdarah dingin & pada warna putih bola matanya akan banyak muncul urat yg berwarna merah darah sehingga kalau dari jauh warna putih bola matanya terlihat menjadi merah darah. Itu ciri umum yg banyak diketahui org tapi ada satu hal yg tdk pernah diketahui org & hanya diketahui oleh para Damung Adat Suku Dayak. Hal ini telah menjadi rahasia beberapa generasi Damung Adat Suku Dayak tapi karena begitu banyaknya org-org yg salah mengartikan & mendefinisikan kayau & bahkan mengaku-ngaku pernah menjadi Ghost Warrior hanya utk kesombongan & keangkuhan maka fakta tentang kayau ini harus diungkapkan. Ciri yg menjadi rahasia tsb adalah : org-org yg kerasukan tsb mempunyai ciri khas tersembunyi yaitu di bagian dalam pada kedua kelopak mata bawah terdapat tanda merah dari darah seperti tahi lalat. Hal ini yg membuat mereka bisa melihat utk membedakan mana musuh yg sebenarnya & satu tanda merah darah lagi yaitu bagian dalam bibir atas mereka. Hal ini membuat mereka bisa mencium bau musuh sebenarnya bahkan sanggup memakan jantung&hati musuhnya yang masih berlumuran darah. Apabila tanda itu hilang maka mereka akan kembali normal sadar dari kerasukan. Setiap org berbeda tingkat & lama kerasukannya, apabila ada org yg kerasukannya berlangsung lama maka akan di bawa kembali kepada Balian Adat utk mengakhiri kerasukan tsb.
Hukum Adat Kayau di jaman ini seharusnya di terjemahkan dalam definisi yg berbeda. Kayau (memenggal KEPALA) seharusnya didefinisikan sebagai cara utk membuat para KEPALA pemerintahan di Negeri ini (Bupati/Walikota, Gubernur dll bahkan Presiden) agar bisa berbuat utk kesejahteraan tanah leluhur. & org yg memenangkan cara tsblah yg harus diagung sebagai THE GHOST WARRIOR atau SANG KESATRIA HANTU.
Inilah pesan seorg kakek yg pernah menjadi Kepala Adat Suku Dayak & diberi gelar kehormatan adat sebagai DAMUNG TINGANG RUAI JALAYA di pedalaman Sampit yg tahun ini berusia genap 100 tahun, kepada cucunya yg telah menceritakan tentang pendapat org-org tentang kayau.
SALAM DAMAI SELALU BORNEO

Anonymous said...

Madura memang sangat suka cari onar, di berastagi sumut juga pernah ada orang madura merasa jagoan, tapi nyali madura hanya ada ketika pake senjata tajam dan kebal badan, bukan asli medan namanya kalo takut sama pereman sejelas madura, pada akhirnya simadura kehilangan tangan ( senjata makan tuan, kebal badan tidak berfungsi) oleh pemuda karo,,, hingga kini madura yg lainnya tak berani untuk macam2 di berastagi,

Unknown said...

Kalimantan itu bukan tanah nenek moyang madura.. jadi tamu harus tau diri. Cam kan itu

Unknown said...

Yg jelas kalimantan bukan tanah nenek moyang madura..cam kan, gola mandau terobak..

Unknown said...

Nayub

Unknown said...

Nayub

Unknown said...

Nayub

Unknown said...

Hmm...ni betawi juga bodoh ni.mau di bodohi madura.belajar tu sana sama orang kalimantan.

Unknown said...

Yg buat blog ngak ngrti .jadi harus bnyak blajar lah.yg tau tentang kbnaran itu hanya orang indonesi.dia yg tau sapa yg salah.sapa yg betul.ini bukan konflik agama.ini konfil suku.dimana suku madura sangat dibenci di indonesia.sapa saja orang madura yg baca ini intropeksi diri lah.dari sabang sampai maroke ngak ada satu sukupun yg bisa hdup berdampingan dengan orang madura.allah maha kuasa .smoga kedepanya suku kita ini bisa lebih baik kedepanya.kerasnya kehidupan jagan di bawa kehati.hati kita hndaknya slalu bersih.dimanapun kita berada.salam dari riau.I love dayak.suku yg sopan dan mempunya adat istiadat yg sangat menakjubkan.

Unknown said...

H M hasyim.saya orang mlayu riau.anda juga pasti orang melayu.tapi bicara anda sunguh tidak punya dasar.jgan mnambah kebencian kami kepada negara anda.suku melayu malaysia juga sdang ditindas oleh cina dan india.anda harus tau itu.lihat dengan kacamata anda dngan jelas.jagan pakai kaca mata itu tejuntai kebawah.apa kata dunia.jlas anda seorang yg tak ada ilmu dan sangat bodoh.pakai hati.pakai pemikiran.baru bisa bicara panjang lebar.dasar malingsiang.

Unknown said...

H M hasyim.saya orang mlayu riau.anda juga pasti orang melayu.tapi bicara anda sunguh tidak punya dasar.jgan mnambah kebencian kami kepada negara anda.suku melayu malaysia juga sdang ditindas oleh cina dan india.anda harus tau itu.lihat dengan kacamata anda dngan jelas.jagan pakai kaca mata itu tejuntai kebawah.apa kata dunia.jlas anda seorang yg tak ada ilmu dan sangat bodoh.pakai hati.pakai pemikiran.baru bisa bicara panjang lebar.dasar malingsiang.

Unknown said...

Yg buat blog ngak ngrti .jadi harus bnyak blajar lah.yg tau tentang kbnaran itu hanya orang indonesi.dia yg tau sapa yg salah.sapa yg betul.ini bukan konflik agama.ini konfil suku.dimana suku madura sangat dibenci di indonesia.sapa saja orang madura yg baca ini intropeksi diri lah.dari sabang sampai maroke ngak ada satu sukupun yg bisa hdup berdampingan dengan orang madura.allah maha kuasa .smoga kedepanya suku kita ini bisa lebih baik kedepanya.kerasnya kehidupan jagan di bawa kehati.hati kita hndaknya slalu bersih.dimanapun kita berada.salam dari riau.I love dayak.suku yg sopan dan mempunya adat istiadat yg sangat menakjubkan.

Unknown said...

Hmm...ni betawi juga bodoh ni.mau di bodohi madura.belajar tu sana sama orang kalimantan.

Unknown said...

Fitnah yang dasyat.

Anonymous said...

MADURA ADALAH RAS TERKUAT DI DUNIA...


dimanapun minoritas selalu kalah...
dayak cuma jago kandang doang...hahahahahaha........


HATI-HATILAH TERHADAP PEMBALASAN ORANG MADURA !!!

Unknown said...

bantai abis ..ras madura cuy...jangan sisain sedikit pun...dasar suku setan..gk punya rasa malu ..cuuiiiihhhh...huekkk

Info Kajian Sunnah said...

Ya Alloh berkahilah negara ini dengan orang - orang yang taat agama.

Cumis said...

Semua bisa menilai mana yg benar dan salah... saya 8 tahun tinggal di Kalimantan aman2 aja koq.. org Dayak baik dan ramah, tdk ada mslh..

Cumis said...

Semua bisa menilai mana yg benar dan salah... saya 8 tahun tinggal di Kalimantan aman2 aja koq.. org Dayak baik dan ramah, tdk ada mslh..

Unknown said...

think smart ! suku madura harusnya menghargai org dayak yg pnya budaya tinggi. Org Madura ga pnya etika sukanya ngadu domba ngaku-ngaku tanah orang. Indonesia didnt need suku madura. Menghilang aja dari bumi! its better for us !

Anonymous said...

FIX MADURA YANG SALAH DIKASIH HATI MALAH MINTA JANTUNG!!

Unknown said...

Rusak dah moral bangsa

Anonymous said...

Di dunia ini ada manusia baik dan jahat di setiap suku
Jadi sama di mata tuhan mbak/mas bro...
Allah tuh gak diam tp allah tuh melihat...
Ngapain kaliat ubek2 masalah/luka lama..? Itu hanya membuat dengki dan tak akan ada perdamaian yg sejati

Anonymous said...

Jack sparrow kontol ni memang mau mati. Keyboard warrior shit. Jumpa loe jamin mati. Kepala atas kayu. Jgn bilang lawan 1 by 1 kalau setakat cakap. Bagi alamat biar gue cari loe asu sekeluarga

Gaman logiut

Unknown said...

Lah madura ini emang gitu sifatnya

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Jangan ada lagi permusuhan etnis di Negri kita ini. Ingatlah bahwa kita semua ini saudara, satu bangsa tanah air indonesia.
Jaya Indonesiaku 😘

Unknown said...

Tapi alangkah bijaknya kalau kalian mau membantai madura bantailah laki lakinya saja perempuannya jangan. Empot memeknya gan yg bikin kita hak tahan..xixix

Unknown said...

kok jadi bawa agama? lucu amat ini penulisnya.

Unknown said...

kok jadi bawa agama? lucu amat ini penulisnya.

Anonymous said...

Yang ditulis ini tidak berdasarkan kebenaran, konflik sampit bukanlah konflik agama tetapi konflik antar suku murni. Sebabnya suku dayak sudah gerah dengan tingkah laku suku madura meski tidak semua, tetapi ibarat pepatah nila setitik rusak susu sebelangga ya itulah akibatnya, makanya kita harus saling menghargai bukan sok kuasa dan menang2an ditanah orang, dan untuk penulis saya rasa anda tidak layak membuat tulisan provokasi ini dan tidak sesuai dengan kebenaran. Anda penulis yg mengaku berpendidikan tapi dalam menulis faktanya kabur semua tidak sesuai dengan kenyataan pas kejadiannya, sadarlah kau penulis blog ini

Sinona said...

Penulisnya menulis tidak berdasarkan kebenaran, blognya masuk kategori buruk banget

Unknown said...

Sebaiknya artikel ini jangan membawa agama karena kesalahan Mereka adalah tidak mengingat bahwa "DIMANA BUMI DIPIJAK DISITULAH LANGIT DIJUNJUNG"

Unknown said...

Kalo belum pernah kesini jangan sok tau MADURA merasa dialah yang paling hebat dan tidak menghormati masyarakat ditempat dia merantau ,DAYAK tidak akan berbuat yang tidak-tidak bila tidak diganggu

Anonymous said...

Api tidak akan menyala tanpa ada pemicunya!

Anonymous said...

Jaga sikap kalian kalo kalian diBORNEO jangan sok sok an ingin jadi yg kuat di tanah kami ! CAMKAN ITU

gemma sukma said...

bner..ini tulisan tai..emang dr orok kalau orang madura itu bodoh dan gak mnghargai orang lain. uda sepantasnya orang madura di habisin..aku orang jawa tp muak dgn madura..aku salut sama orang kalimantan..smngat..habisin aja madura tai sapi

gemma sukma said...

madura taek

gemma sukma said...

madura taekkkk

Unknown said...

Madura suka cari masalah, orang dayak tegas karena orang madura cari masalah duluan

Unknown said...

Ya kalo gitu didiklah orang madura yg kolot biar berubah. Kalo gk kpengen di tebas lagi

Unknown said...

Benar, madura yg cari masalah duluan, berkuasa di pasar lah, berkuasa di kampung orang. Hajar ja madura tu mun wayah ni cari masalah lagi

Unknown said...

Yang jelas orang madura kebanyakan suka cari masalah duluan, soalnya saya sering menyaksikannya langsung kaya apa watak orang madura tu, wajar lh orang dayak marah

Unknown said...

Memang madura itu keras. Tpi ga semua nya jahat kok. Madura,batak,ambon, itu adat nya keras2 tapi hati nya baik2. Saya sebagai anak sunda yg banyak berteman dengan anak lain suku bisa ambil kesimpulan bahwa ini adalah masalah suku yg di besar2kan...

Unknown said...

iseng liat artikel ...sempat heran juga ....lebih heran lagi sama yang komen ....yang penting berkarya bos ku ...hehehe

Unknown said...

heran dengan kalian
ramai ni blog ....udah bertahun" berantem mulu ...hahahha

Unknown said...

Mas,agan" yg baek,coba anda lihat,yg bijak lah,maaf bkan saya menganggap anda semua tak bijak,,ini yg punya blog orang malaysia mas,agan",,dia bangsat ini tak tau apa",coba anda tanya,pernah ke sampit belum,kenal baek sama org dayak tidak,dia juga memposting Dayak memenggal kepala,,ini org tak tau apa" mas,ini sengaja memprovokasi kita,orang indonesiaindonesia,,ibnu hasim malaysia anjing ini mgkin karakternya tukang ngadu domba gan,hati" anda semua,sudahlah,semua sudah berlalu,saya gk bela mana" lah,yg penting,sling mghargai,sopan santun,rendah diri,dikampung org jgn semena mena,,Aman Aman gan,,q kumpul dayak gk 3 thn 6 thun gan,dayak iban yg punya sumpit mematikanpun prnh saya kumpulin,yg pnya kapak sakti,mandau terbang,kalo kita baek,gk mgkin mreka ganggu kita,y gak,,yg punya blog ini lho sbnarnya yg brengsek,,senang melihat anda" bermusuhan,sling mghujat,,DAMAI DAMAI,NKRI HARGA MATI

Unknown said...

Tanah kelahiran harus dijaga,itu harga mati mas,saya asli kalimantan

Unknown said...

Ibnu hasym anjing,penulis bajingan bangsat,sini lo datang indon kalo brani,dancok lo,,ke indo saja tak pernah kau,,babi kau,iblis,setan,tukang fitnah kau,,JAWA BORNEO,,salam

Unknown said...

Pelangi indah di pandang walau pun berbeda beda warna tapi tetap indah di pandang berbedan itu indah .jangan di masalah kan. Semua sudah berlalu api yg padam jangan di sulut lagi.peace i donesia

Unknown said...

Yg punya blog ini babi....otak nya engga ada!!! Bisanya ngadu domba ,engga tau pokok dari cerita tentang konflik entnis dayak madura ...ini bukan masalah tentang agama jadi please dewasa dkit jangan mau diadu domba sama malaysia anjing !!!

Unknown said...

Yg punya blog ini babi....otak nya engga ada!!! Bisanya ngadu domba ,engga tau pokok dari cerita tentang konflik entnis dayak madura ...ini bukan masalah tentang agama jadi please dewasa dkit jangan mau diadu domba sama malaysia anjing !!!

Unknown said...

Ngapain nasi dingin di panasin lg, ga enak
Yg lalu biar berlalu, yg penting kedepan nya ga usah lg ngaku2 tanah orang jd milik sndiri, yg ga tau akar masalah jngan sok tau, jngan juga sok nantangin kelahi, ga usah d ribut2in lg, udah damai . Tp tetap ada perjanjian seandainya madura msh mengulang kembali kejadian yg dulu madura akan benar2 tidak bisa lg tinggal dsni. Ingat itu, dayak itu suku yg damai, tidak pernah cari masalah selama kmi dihargai dan di segani, pikirkan saja rumah anda kalau di obrak abrik orang gmn rasanya ? Marah kan ? Apalagi orang rumah nya di bunuh.

Unknown said...

I love you cantik

Anonymous said...

Mahasiswa S2 ini, tulisan nya bener bener mencerminkan Siswa SMP, Setau gw bos Suku Dayak tidak pernah mempermasalahkan agama!!!!!!, nulis sesuatu itu pake data data yg valid bkn pake data dr otak lu yg penuh mencretan sapi!!!

Anonymous said...

Ini blog jual agama.belum ada yang bangkit dari mati menceritakan azab seksaan dosa hidup didunia jadi jangan jadi bodoh sial, berfikir sebelum membuat sesuatu yang merugikan.agama untuk mengawal diri sendiri dan bukan untuk kawal orang lain.

Unknown said...

heleh klau memang blum pernah ngerasain yg namanya konflik gk usah bnyak bacot bro, dtang aja ke kalimantan tantangin sna orang dayak carok 1 by 1 biar tau sndri gmna rsanya di kayau, gtu aja kok repot

Unknown said...

ya udah gk usah dong kalian ke kalimantan, dsar ini orang madura gk berotak, comment pkai bwa" nama allah, trus d bawah nya ada kta" anjing segala mcam, hadeh gk usah lah kalian ke kalimantan, bkin sumpek aja liat orang madura tu...fuck madura!!!!

Unknown said...

emang ada prestasi orang madura???? liat bro dmna" orang madura tu memang rusuh, sok" preman, sdh kalah perang bru bwa isu tentang perang agama? haduh malu bro, terima aja kekalahan itu, gk usah lah pergi ke tanah kami, kami lebih suka bersaudara dngan orang pedalaman tpi bsa berbaur dngan ras lain dri pda dngan kalian yg selalu bkin rusuh dan onar d tanah orang lain, KLAU MEMANG SUKU ANDA MAU MEMBALAS DTANG AJA SNI KE KALIMANTAN, BAWA AJA SMUA ORANG MADURA YG KALIAN BANGGAKAN ITU KE KALIMANTAN, BIAR PUNAH SEKALIAN SUKU KALIAN ITU, BKIN KACAU NEGARA AJA!!!!

Unknown said...

emang ada prestasi orang madura???? liat bro dmna" orang madura tu memang rusuh, sok" preman, sdh kalah perang bru bwa isu tentang perang agama? haduh malu bro, terima aja kekalahan itu, gk usah lah pergi ke tanah kami, kami lebih suka bersaudara dngan orang pedalaman tpi bsa berbaur dngan ras lain dri pda dngan kalian yg selalu bkin rusuh dan onar d tanah orang lain, KLAU MEMANG SUKU ANDA MAU MEMBALAS DTANG AJA SNI KE KALIMANTAN, BAWA AJA SMUA ORANG MADURA YG KALIAN BANGGAKAN ITU KE KALIMANTAN, BIAR PUNAH SEKALIAN SUKU KALIAN ITU, BKIN KACAU NEGARA AJA!!!!

Unknown said...

heleh klau memang blum pernah ngerasain yg namanya konflik gk usah bnyak bacot bro, dtang aja ke kalimantan tantangin sna orang dayak carok 1 by 1 biar tau sndri gmna rsanya di kayau, gtu aja kok repot

BanyakBacotLu said...

Eh madura semvak naga..elu jangan banyak belagu dehh..ini di kampung gw madura ini selalu cari onar..ngajak berantem..tapi apa bawa temen..akh sakit berani main keroyokan..kalo lo berani sini ke banjarmasin..gw tunggu elu kamvrett..sebel gw.anjing

BanyakBacotLu said...

Semua suku di indonesia kagak suka yg nama nya MADURA..asal lu tau..ini tempat tinggal gw kotor gara" madura anjing

Anonymous said...

Bogger yang bodoh, udah jelas 1 indonesia tau siapa yg jadi biang keladi nya, sate sate haha

Unknown said...

OM SWASTYASTU (SEMOGA KALIAN SELALU DI JALAN TUHAN) Ini bukan masalah Agama, kalau memang masalah agama Suku Dayak yg beragama isalam pun akan di babat abis. Ini masalah "Sikap". Dari sekian sumber hanya Blog ini yg lain "Citarasanya". Ketawa sendiri sih bacanya. Lihat aja yg nulis tu ternyata "Malangshit" ni orgnya.Jgn mw di adu domba. MOHON KALAU BERTAMU KE RUMAH ORG HARGAILAH TUAN RUMAH, JIKA KITA HARGAI TUAN RUMAH TUAN RUMAH PUN AKAN MENGHARGAI KITA. FUCK IBNU HASYIM yg mengartikan ajaran agama secara dangkal MALANGSHIT ajingnya Inggris. Inti semua Agama adalah Kasih Sayang. OM SANTHI SANTHI SANTHI OM (SEMOGA SEMUA DAMAI)

Unknown said...

Yg buat blog ini org Malingshit bro

Anonymous said...

Lanjutkan bro, madura fuck,dimana mana bikin rusuh

Unknown said...

Saya asli dayak......

Coba lah kalian pikir seperti kata orang apabila kamu mempunyai mainan yang kamu suka dan tiba2 di curi orang apa kmu marah atau tidak??????
Bagi kami tanah itu adalah tanah adat orang dayak dari turun temurun apa bila di ambil olh orang ya pastilah kami marah
Kami orang dayak punya kesabaran..broo
Dan juga ngapain bawa2 agama.... semua agama itu mengajarkan yang baik...klo kmu bawa2 agama dlm kejadian ini salah...... SAYA MAU TANYA APA TUHAN ITU PENAH MENGAJARKAN KITA TENTANG YANG BURUK????
JAWABANNYA TENTU TIDAK KAN.......
Udah lahh yang sdh terjadi tejadilah..gak ush di ribut kan lagi

Naaaaa bicara masalah magis orang dayak....kami orang dayak memang punya ilmu dari turun temurun sebelum mengenal agama islam,kristen......jadi kalo ada masyarakat mempunyai ilmu itu ya wajar lah kan dari turun temurun di wariskan
Bahkan ada orng dayak islam mau pun kristen mempunyai ilmu itu tapi mereka tetap beribadah sesuai agama mereka....

Masalah orng dayak tidak pernah merantau ya tentu karna di kalimantan kan kaya akan alam... semua kebutuha kami bisa dapatkan di alam kami kalimantan... seperti emas,minyak,sayur2, dan masih banyak lagi jadi buat apa merantau tohhh kan udah di sediakan alam buat kami hidup....

Unknown said...

Saya Dayak asli Maanyan dan beragama muslim..
Mohon untuk semuanya jika masih punya otak, tidak perlu membaca dan menghiraukan sesuatu yg nantinya akan memancing emosi kita..
Cukup tutup telinga dan mata, karna kebenaran hanya ada satu dan itu hanya milik Allah SWT..
Biar Allah menunjukkannya, kita umat manusia tidak perlu ikut campur terllu jauh..

Unknown said...

Berisik !!! gini aja, madura pulang ketanahnya, dayak juga pulang, semua suku apa aja lah semuanya pulang ketanah masing masing, kalau perlu minta presiden jokowi larangan migrasi ketanah suku lain, kalau perlu biar ngga ada lagi indonesia sekalian, hayooo pulang pulang berisik ..

Unknown said...

Terserah, saling bantai aja sana gua ngga perduli, ayooo bantai lg ngga usah damai aja terusin sampai mampus.. mendingan gua ngopi sambil ngeroko santai aduh sedapnya kedamaian ini.. yg mau ikut kedamaian ayooo sini.. kalau mau bantai bantaian silahkan terusin aja ngga papa gua ngga perduli.. Astagfirullahalazim 3x

Raga said...

udah udah, di kota saya bogor teman saya yg keturunan dayak sm madura org2nya baik.

Anonymous said...

im think you should learn the different religious and race....religious is something wht we believe....race is something on your blood line....and also...to tell what the different religious and race is something we can think logically...even the children also can explain it...what adult like you cannt tell the different and mixed it up...come on....this is 21 century man...open up your mind...

Anonymous said...

udah bangkit bro, naik ke surga pula, dan nanti akan datang lagi bro.. dan lu akan dihakimi bro..amin.

Unknown said...

menurut sy. siapa yg tidak tau watak suku madura. . . mungkin ini pembelajaran. . . bahwa kita harus saling menghormati. sebagai warga kalimantan sy tau persis kejadian nya . . . berkali-kali pertikaian terjadi antara suku madura v dayak. . . selalu suku dayak mengalah. dan berdamai. tiap berdamai selalu ada perjanjian. tapi sayang nya perjanjian selalu di langgar oleh suku madura. . . singkat nya. kerusuhan pecah. karena suku madura menguasai kota sampit. serempak turun ke jalan dengan senjata dan spanduk yg sok jago. sebagian bertuliskan . SAMPIT KOTA SAMPANG KE DUA. suku pribumi tidak terima, harga diri terinjak-injak. akhirnya terjadilah perang demi kehormatan. dan untung nya pribumi berhasil mengusir suku pendatang tersebut.... jika tidak. mungkin sekarang kalimantan di kuasai suku pendatang tersebut yg menguasai dengan arogan nya....

Anonymous said...

Di jakarta aja, parkiran hampir semua dikuasai madura,banyak tempat diklaim parkir, padahal tempat umum, siapa aja si palak (parkir), padahal kendaraan ga di jagain

Unknown said...

Betul bgt saya setuju kok bs mencampurkan agama. Saya orang islam tp klarifikasi anda kurang berbobot . islam itu byk kalangan coy jawa , bali, jakarta , sulawesi dll mengapa hanya suku madura saja yang di bunuh? Itu kan berarti bukan krn agama. Krn madura sendiri serakah . di jawa aja toko2 dll, di kuasai siapa klo gk madura? Think smart klo mau ksh komentar antar suku jgn memperkeruh agama

Anonymous said...

Saya hanya ingin ngasih tahu aja sama masyarakat asli kalimantan. Mulai dari segi gubernur bupati bahkan polda semuanya harus & akan terisi orang dayak. . Jgn heran kalu di suatu masa kalimantan akan mnjadi basis kristen. Suku kutai, banjar & melayu skrg sudah bnyak paham siapa dalang kerusuhan itu sendiri. Ulamak banjar & suku kutai skrg sudah mulai memper erat hbngan ini. Interljen tukang sayur.

Unknown said...

Woy jangan asal cerita
Memutar balikan fakta
Saya yang ada disampit melihat sendiri awal kejadian itu karena orang madura memampangkan spanduk sampang ke2 disampit dan membunuh anak anak belasan tahun disana
Polisi dan tni gak bisa apa apa
Nembak 1 warga dayak bisa habis semua polisi dan tni dikalteng

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur said...

Kepada Yth:
Penulis Blog ini
Di_
Tempat

Kami mengirimkan data lengkap kronologis kejadian konflik sampit beserta rangkai sebab masalah, kondisi saat konflik hingga penyelesaian di salahsatu penulis koran Jawa Pos dengan website https://www.wattpad.com/77966-asal-muasal-kerusuhan-sampit

Mogon sekiranya untuk mencermati kembali, data yang kami berikan sesuai dengan isi buku MERAH yang saat itu oleh Lembaga Musyawarah Masyarakat Dayak Kalimatan Tengah dan Telah disetujui oleh organisasi wilayah kesukuan banjar, batak, bugis dan jawa. Namun, atas perintah melalui SK resmi dari MENKUMHAM Prof. DR. Machfud M.D agar buku merah tidak diterbitkan, maka buku MERAH tersebut ditarik kembali dan hanya bisa dikonsumsi oleh orang-orang tertentu.

Sekian dari kami, mewakili pemerintah daerah kabupaten kotawaringin timur Kalimantan Tengah, atas perhatiannya kami haturkan terima kasih

Sekda,

Unknown said...

Hati hati you ngomong, kalo orang dayak lebih Marah lagi bisa2 pulau mu di invansi suku Dayak baru tau rasa

Unknown said...

Hati hati you ngomong, kalo orang dayak lebih Marah lagi bisa2 pulau mu di invansi suku Dayak baru tau rasa

Unknown said...

jangan terprovokasi, kita satu bangsa, kita harus lebih pintar membedakan mana yg benar & mana yang salah. intinya kekerasan itu merugikan.

Unknown said...

Bener nih ...aparat mestinya membiarkan saja ...biar orang madura gak ada yang lari naik kapal ...biar habis saja di kalimantan.....

Anonymous said...

Yang komen diatas dah pada mati belum ya, kalau masih hidup kaya apa ya sekarang, pasti makin tambah aja goblognya. xixixi
Yang jelas satu, kita semua bersaudara, yang membedakan cuma satu yaitu kualitas SDM nya

Unknown said...

Udah tau dikandang kami.. Kalian malah bertingkah

Unknown said...

Setuju, ini yg tulis blog emang goblok, penggal juga kepalanya, membalikan fakta, jelas2 madura yg jahat, apa yg di tuai harus di panen, kepenggal lah kepala kaum madura semuanya ( panen )

Unknown said...

Carok ..carokk ... kerokan atau serokan comberan kali... nasib tukang sate aja belagu, emang ga dimana smuanya sama, biang rusuh, pemalas, suka buat onar, banyak mengeluh, ga mau kerja tapi maunya enak, percuma jadi muslim, bikin malu aja, najisss

Unknown said...

Udah namanya saja jack spparow.. kaya nama anjing sakit di kolong jembatan, yang namanya anjing ya ga punya otak, ga puny akal dan pikiran, kasihan jgn di buli trs

Unknown said...

Setuju, mau sehebat sesuci sepintar dll org madura tetap keahlian yg tak tertandingi ya sebagai tukang te sate... sapoloh ribohh ( molot tuh monyongin terus y ), masih aja cari penyakit terus, bukannya buat jadi palajaran tapi masih gilA TRS..

Unknown said...

Lu aja kalee... jgn bawa2 org lain ( kita ??) Najisss

anonymous 2 said...

Jack sparow ..madura yang anjing .primitive ...lo bilang dayak yang salah?? Dayak kasih pinjam madura tanah
.saat dayak perlu tuh tanah bukannya madura mengembalikan malah ngambilin celurit apa ...makanya jangan macam macam di tanah kalimantan ,,kami mengalah bukan karna kami lemah..jika kami marah kampung kalian banjir darah anji
ng

anonymous 2 said...

Jack sparow ..madura yang anjing .primitive ...lo bilang dayak yang salah?? Dayak kasih pinjam madura tanah
.saat dayak perlu tuh tanah bukannya madura mengembalikan malah ngambilin celurit apa ...makanya jangan macam macam di tanah kalimantan ,,kami mengalah bukan karna kami lemah..jika kami marah kampung kalian banjir darah anji
ng

anonymous 2 said...

Intinya jangan cuman ngomong di dunia maya lu ..jangan bilang dayak anjing lo...yang anjing siapa?? Dayak kasih pinjam tanah ke madura ,, saat dayak perlu tu tanah ..bukan tanah yang dikembalikan malah celurit yang di ambil
Jangan macam macam di tanah kalimantan..jika anda sopan maka kami segan...kami mengalah bukan karna kami lemah..jika kami marah kampung kalian banjir darah

Anonymous said...

Hay kamu bilang dayak anjing??
Jangan cuman berani di dunia maya...
Sebenarnya siapa yang anjing?? Dayak kasih pinjam madura tanah,, saat dayak perlu itu tanah ,,bukannya tanah di kembalikan malah celurit yang di ambilkan madura..

Intinya jangan macam macam di tanah kalimantan..jika anda sopan kami akan segan..
Kami mengalah bukan karna kami lemah ..jika kami marah kampung kalian banjir darah

Ganteng said...

NKRI semua suku bersaudara. Semoga kita sama2 menjaga hubungan yang baik antar suku bangsa. Semoga peristiwa yg kelam itu dijadikan pengalaman utk saling memperbaiki diri. Salam sahabat dari palembang.

Ganteng said...

NKRI semua suku bersaudara. Semoga kita sama2 menjaga hubungan yang baik antar suku bangsa. Semoga peristiwa yg kelam itu dijadikan pengalaman utk saling memperbaiki diri. Salam sahabat dari palembang.

Ganteng said...

NKRI semua suku bersaudara. Semoga kita sama2 menjaga hubungan yang baik antar suku bangsa. Semoga peristiwa yg kelam itu dijadikan pengalaman utk saling memperbaiki diri. Salam sahabat dari palembang.

Unknown said...

Sudah sudah kalian ini. Kalau kalian begini terus kapan kita mau bersatu. Buat apa rakyat negara ber juta juta jika tidak bisa bersatu. Buat admin blog dan yang lainnya ini, Jangan membuat provokasi dong. Api taakan ada jika tak ada orang yang menyalakannya. Yang lalu biarlah berlalu. Semoga di kejadian ini. Terkandung hikmah yang sangat indah dari yang diatas.

Unknown said...

Maaf... saya bukan dari suku dayak atau madura... yang sudah biarlah berlalu... mending kt doakan smw korban dr kedua pihak semoga tenang di alam selanjutnya... yuk kt saling berangkulan bersatu atas nama NKRI.. Ayolah saudara2ku dr smw suku yg bertikai.. pertikaian itu selalu membuat kerugian dan ga untungnya dr kedua belah pihak yg bertikai.. masalah fakta kejadian jg sy pikir dah pada tau kok faktanya seperti apa awal mulai kerusuhan itu terjadi. Jd yg merasa tau fakta sebenarnya mending tetep kalem aja.. sy pikir yg baca komen2 disini jg dah bs memilah mana yg benar n salah... Salam NKRI saudara2ku..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

untung gue bukan orang madura...huaa..ha...hahh...

Anonymous said...

Ga belajar geografi ya. Hutan terbesar itu Amazon ndul, jangan suka meNOTHINGkan apapun tanpa berpikir dalam. Walaah. Udah gitu ga mleset dr topik.

Anonymous said...

Nggak bakal mimpi buruk, sdh hobi. Atau sdh yercuci otaknya alias nggak waras.

Anonymous said...

Ini orang minta diinjak2 sampe penyet. Kondisi yg dh damai jangan dibuat panas lagi dong. Biarkan orang bernafas dengan lega.

Anonymous said...

For all theclash of clans players http://maxclashgems.com This is why some players are so strong! (00U4h)

Unknown said...

Bro sorry ye aq pun orang islam juga.aq asli bogor suamiku asli kalbar.aq hanya punya saran.kalau bisa agama jangan dibawa2 itu gak baik.tapi setau saya orang dayak itu ramah malah mau membatu orang selagi orang itu ramah.karna saya pernah mengalami mogok motor pas di perkampungan dayak dan orang dayak itu mau menolong kami dan dengan ramahnya kami dibantu oleh mereka.saya setuju dengan pepatan dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.karna memang seharusnya kita perantau harus bisa membawa diri dimanapun berada.

Umar Syarif said...

Gerilya

Unknown said...

Madura itu suka nya menggonggong doang kayak anjing ,.
Salam ujung badik bugis madura bangsat ,.!

Pokok nya yg merasa orang madura ANJING,. TELASO MU SEMUA SATU SUKU BANGSAT !!!

KALO ADA YG GAK TERIMA , AKU TANTANG BAKU TIKAM DALAM SARUNG ,.

BY. ANDI.ARIF . DARI SUKU BUGIS BONE (LAMURU)
WIJANNA ANDI.ARRUNG PALAKKA
DE'GAGA IYASENG JAGO..!!!

Unknown said...

bener ni penulis ni provokatornya. banyak yg saya baca tentang kasus sampit. emg org madura yg salah.. mereka itu pendatang di kalimantan.tp suku dayak tetap terima mereka. tp suku madura makin suka hati di kalimantan... membunuh,memperkosa,dan penganiayaan terhadap suku dayak.tp para pelaku slalu lolos dari hukum. ya wajar lah kesabaran penduduk pribumi habis.. dan untuk aparat.. mereka bukan membela sebelah pihak..mereka takut menghadapi suku dayak.. yg kebal terhadap amunisi dan bom. gue udah pulang dari sampit dan borneo.. suku dayak ramah dan baik.. asalkan kita juga baik sm mereka.gue dari aceh.... i love dayak.

Unknown said...

udah tau kalimantan itu kandang dayak... makanya klu pendatang itu tau diri donk. udah di kasih tempat tinggal malah jadi serakah.. dasar madura gak punya otak.. di mana tinggal slalu buat rusuh.. coba klu brani buat rusuh di aceh.. bukan kepala yg ilang.. tp tu tubu jadi bubur.. makanya klu numpang tu tau diri donk.

Unknown said...

ngaco loe.. cari penyakit tu namanya

Unknown said...

ngaco loe.. cari penyakit tu namanya

Unknown said...

udah tau kalimantan itu kandang dayak... makanya klu pendatang itu tau diri donk. udah di kasih tempat tinggal malah jadi serakah.. dasar madura gak punya otak.. di mana tinggal slalu buat rusuh.. coba klu brani buat rusuh di aceh.. bukan kepala yg ilang.. tp tu tubu jadi bubur.. makanya klu numpang tu tau diri donk.

Unknown said...

bener ni penulis ni provokatornya. banyak yg saya baca tentang kasus sampit. emg org madura yg salah.. mereka itu pendatang di kalimantan.tp suku dayak tetap terima mereka. tp suku madura makin suka hati di kalimantan... membunuh,memperkosa,dan penganiayaan terhadap suku dayak.tp para pelaku slalu lolos dari hukum. ya wajar lah kesabaran penduduk pribumi habis.. dan untuk aparat.. mereka bukan membela sebelah pihak..mereka takut menghadapi suku dayak.. yg kebal terhadap amunisi dan bom. gue udah pulang dari sampit dan borneo.. suku dayak ramah dan baik.. asalkan kita juga baik sm mereka.gue dari aceh.... i love dayak.

Unknown said...

Penulisnya dr madura provokator kelas teri.. Gw lbh percaya dayak yee ketimbang madura..bisnis bokao gw aj semua langganannya di embat semua sm madura..eh penulis nga ush loe bagusin madura ya..semua jg tahu madura tuh ky ap.. Dimana mana tanah dipatokin pdhl dua pendatang.. Gw betawi lbh suka dayak..

Unknown said...

Gw betawi benci am madura napa loe bangsat!

Unknown said...

Loe yg setan

Unknown said...

Sini lah..orang dayak yg paling sakti...cb lawan saya.sluruh dayak cb musnahkan saya apa bisa.seluruh dayak anjing

soekarno said...

JAGA MULUT MU JAGA UCAPAN MU MADURA BUKAN RAS BINATANG, MEMANG TIDAK AKAN PERNAH ADA YG NAMANYA KONFLIK BETAWI DAN MADURA , TAPI JIKA UCAPAN KAMU TIDAK DIJAGA AKAN ADA PEMBANTAIN BETAWI OLEH MADURA DENGAN VERSI YG BERBEDA, DAN KETAHUILAH BAHWA KETURUNANMULAH YG AKAN MENYESAL ATAS UCAPANMU

soekarno said...

JAGA MULUT MU JAGA UCAPAN MU MADURA BUKAN RAS BINATANG, MEMANG TIDAK AKAN PERNAH ADA YG NAMANYA KONFLIK BETAWI DAN MADURA , TAPI JIKA UCAPAN KAMU TIDAK DIJAGA AKAN ADA PEMBANTAIN BETAWI OLEH MADURA DENGAN VERSI YG BERBEDA, DAN KETAHUILAH BAHWA KETURUNANMULAH YG AKAN MENYESAL ATAS UCAPANMU

Unknown said...

Yg Tulis ini kebanyakan makan tempe,,,otak nya otak tempe,,,,lw masih modal katanya gak usah di share,,,tambug...aku kelahiran Tarakan saksi langsung kejadian tersebut..pengen betul mengayau peler ikam spya gk bnyak kesah

Erwin swist said...

Uda uda jangan pada ribut lagi, kalok madura sor sama dayaknya lagi, yaudah serang deh sana dayaknya.berani gak maduranya? Madura arusnya tauh dimna titik masalahnya knpa dayak nyerang madura

Erwin swist said...

Uda uda jangan pada ribut lagi, kalok madura sor sama dayaknya lagi, yaudah serang deh sana dayaknya.berani gak maduranya? Madura arusnya tauh dimna titik masalahnya knpa dayak nyerang madura

Unknown said...

Sudah,semua jangan tambah lagi pertikaian.. tetep pada bineka tunggal ika,sama sama orang indonesia jangan menambah lagi pertikaian..hiduplah rukun walaupun beda satu sama lain.. di dunia ga ada yg sempurna mas mba, kita hanya manusia biasa yg hanya bisa berencana..
Salam dari orang jawa.. hiduplah rukun tentrem ayem gemah ripah loh jinawi.. :) :)

Anonymous said...

Salam..

Ada juga etnik yang beragama Islam lain di Sampit ketika itu.

Tetapi agak ganjil kenapa hanya kaum Madura sahaja yang di sasarkan oleh kaum Dayak pada waktu itu.


Jika rujuk kepada cubaan menamakan Sampit sebagai Sampang 2, jelas menunjukkan mindset etnik Madura ketika itu.


Ada asas bagi konsep dosa dan pahala dalam Islam.


njlajahweb said...

sekilas Info Qs 40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan, 74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. 75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). 76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".

Qs 13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

Qs 9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

Qs 5:9 (5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Qs 5:3 (5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Qs 10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

Qs 2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Qs 23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

Mat 13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar,13:50lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

njlajahweb said...

Sekilas info Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)

Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.

14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
+++
16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
( Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada KualitasAllah yang terkandung dalam KeilahianYesus )
---
5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
+++
13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
===

Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
---
3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

njlajahweb said...

28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
---
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
***
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.

---
8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
---
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
---
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
---
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
---
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Anonymous said...

PROVOKATOR MALAYSIA ANJING, BERITA INI JIKA DICERNA OLEH OKNUM MUSLIM YG HANYA MEMBACA AL-QURAN SETENGAH 2 MAKA YG TERJADI DI BAKALAN KARIR KAN WARGA DAYAK PADAHAL WARGA DAYAK MUSLIM TIDAK SEDIKIT. MEDIA SESAT PENULIS NYA PERLU DI NGAYAU!!!!!

Unknown said...

Stop provokasi.. damai damai, jangan Terpancing emosi.
Salam Indonesia cerdas
By. Suku Jawa

Anonymous said...

Gue sih sebagai suku minang sebenarnya lebih ngebela suku dayak, kenapa gitu?? ya jelas madura yang salah lah, kalo gak salah gak akan diusir tuh dari kalimantan, suku madura emang etnis paling tidak tau diri di indonesia dan paling merasa sukunya paling jagoan...
Dan saya pun bersama teman2 suku minang di tanah perantauan mana pun tidak pernah ada masalah sedikitpun...
Pepatah minang "DIMA BUMI DIPIJAK, DISITU LANGIK DIJUNJUANG"

njlajahweb said...

SEKILAS INFO Yesus Kristus menebus dari dosa kutuk hukum taurat (Gal 3:13), bagi semua manusia didunia (I Yoh 2:2), baik terhadap Kristen juga terhadap non Kristen (walaupun non Kristen tidak berpindah agama ke agama Kristen)

>>> Namun Yesus Kristus tidak menebus dosa perbuatan manusia dalam seumur hidup mereka baik terhadap Kristen maupun non Kristen.

>>> Mat 13:40 Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. 13:41 Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya. 13:42 Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

NB 1: Penebusan Yesus Kristus telah disediakan bagi seluruh manusia didunia bagi Kristen dan non Kristen, tapi belum diberikan.

>>> Namun hanya diberikan,

ketika mereka ( Kristen & non Kristen ),
bisa mempertanggungjawabkan perbuatan mereka, pada Hari Penghakiman nanti, yaitu ketika timbangan kebaikan mereka ( dalam total seumur hidup mereka ) lebih berat timbanganya dari pada timbangan total dosa / keburukan mereka dalam seumur hidup mereka, dihadapan Tuhan.

>>> Maka pada saat itulah Yesus Kristus menghapus total timbangan dosa / keburukan mereka yang lebih ringan timbanganya, sehingga mereka bisa langsung masuk surga, tanpa harus mencicipi siksa neraka dulu. Pada saat inilah Kuasa Penebusan Yesus Kristus difungsikan, jika hati non Kristen percaya bahwa Yesus Kristus mampu menebus /menghapus kutuk hukum taurat.

>>> Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

>>> Wahyu 2:18-23 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu. Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

njlajahweb said...

SEKILAS INFO Saat kapanpun Keilahian Yesus Kristus juga Roh Kudus bisa disebut Allah, ( hanya jika berdasarkan Kualitas Keilahian )
>>> Demikian juga saat kapanpun Yesus juga Roh Kudus bisa disebut Utusan, ( hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal Kualitas Keilahian. )
>>> 14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
---
>>> 16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
>>> (Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada Kualitas Allah yang terkandung dalam Keilahian Yesus)
>>> 5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
---
>>> 13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
---
Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
---
3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

njlajahweb said...

28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
---
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
***
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
---
8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
---
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
---
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
---
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
---
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

njlajahweb said...

Yes 3:18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! -- dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu. Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Ams 24:17 Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok, 24:18 supaya TUHAN tidak melihatnya dan menganggapnya jahat, lalu memalingkan murkanya dari pada orang itu. Mat 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. Mat 25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. 25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; 25:43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. 25:44 Lalu mereka pun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. 25:46 Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal." Mat 6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."Bil 14:18 TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat. Yes 40:2 tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosanya. Ayb 13:26 Sebab Engkau menulis hal-hal yang pahit terhadap aku dan menghukum aku karena kesalahan pada masa mudaku;

njlajahweb said...

SEKILAS INFO Qs 40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan, Qs 40:74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. Qs 40:75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). Qs 40:76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".

Qs 13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

Qs 9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

Qs 5:9 (5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Qs 5:3 (5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Qs 10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

Qs 2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Qs 23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

Mat 13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, 13:50 lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

PUANG said...

Jangan asal bacot asal nyalahin suku bugis kalo ga tau kejadian sebenarnya.dasar babi lo

mirza said...

Kita adl saudara sebangsa setanah air, lupakan masa lalu. Kt kembali merajut tali silaturahmi.

Unknown said...

Woy yang ngehina dayak sini loe jngan berani di sosmed mau putus kah leher mu.. Kami gak pernah cari gara2 kalo kami gak di usik..

Unknown said...

Woy yang ngehina dayak sini loe jngan berani di sosmed mau putus kah leher mu.. Kami gak pernah cari gara2 kalo kami gak di usik..

Anonymous said...

Heyaih

Anonymous said...

Di Surabaya Meduro Bangsat Semua !

Unknown said...

Madura anjing, selalu bikin masalah, belagu , mampusin aja tuh semua orang madura

Anonymous said...

Bro dayak itu gk bakalan bikin masalah kalo gk dimulai mknya ente klo mau bkin tulisan mikir dong,bnyk ko org jawa yg tinggal di kalimantan tpi aman2 aja krna mereka tau diri lo gk tau kn kjdian di banjarmasin yg mana warga daya di keroyok sama madura kejadianya di pekapuran mknya klo ente bukan warga asli kalimantan jgn sembarangan nulis artikel yg berbau isu sara.

Anonymous said...

Mmm

Anonymous said...

Saya punya pengalaman pribadi dengan berbagai etnis, bahkan dengan saudara angkat yang berbeda agama sekalipun.Saya asli suku Bugis dari Maros Sulawesi Selatan. Pernah bekerja di salahsatu anak perusahaan Pt.Astra Agro Lestari Tbk di Kalteng. Disana saya bertemu dengan sesama etnis Bugis dan mereka mengaku tak pernah punya masalah serius dengan etnis Dayak. Dan sebagian dari mereka juga sudah ada yang menikah dengan etnis setempat. Intinya mereka tak pernah saling mendendam, meskipun terjadi perselisihan, selalu dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Terlepas dari mitos kuno tentang suku Dayak, saya secara pribadi tidak pernah merasakan hal yang aneh selama berada di sana. Saya malah merasa berada di kampung halaman sendiri, apalagi setelah saya berkenalan dengan salah satu keluarga dari suku Dayak Iban yang kemudian menjadikan saya sebagai anak angkat selama saya berada di Kalteng hingga di mutasi ke Tarutung oleh kantor Pusat Pt.Astra Agro Lestari.Tbk. Dari mereka saya mendapatkan perhatian dan kasih sayang seperti keluarga sendiri. Jadi kurang yakin rasanya jika suku Dayak digambarkan sebagai etnis yang menyeramkan, sebab yang saya rasakan tidaklah demikian.

Unknown said...

Dasar anjing

Unknown said...

Bisa tha bro ngurus orang madura mampu tha ngehabisin orang madura .. dasar anjing

Unknown said...

Haha lo surabaya asu anjing.. klo berani langsung aja bro siaran disurabaya suruh perangin orang madura jgn sok"an di publik .. klo mau cepetan tak kami tunggu .. klo mau surabaya jadi madura 2 silahkan lakukan .. oke .. SURABAYA ASU BABI ANJING ..

Unknown said...

Hahaha silahkan bro kalo mampu haha dasar sok jago anjing sampah sampit ASU

Unknown said...

TAK TUNGGU KABAR MU KAWAND

muhammad el busairy said...

Masing-masing membenarkan sukunya sendiri..Gak ada introspeksi diri nya sama sekali.. Dasar bodoh kalo mau perang bunuh2an gk usah byak bacot di komen kali..Sikat aja langsung pas kalo ketemu..Coba kita pikir klo kita damai gmn rasanya..?? Malah masih mau perang anjing provokator semua sini anjing..Sy sebagai letnan sedih liatnya anak bangsa disini..Coba saya ketemu kalian ku ajarin supaya gak banyak bacot lagi..Tentara tu susah payah jaga kalian supaya hidup tentram damai di Indonesia ini dari gangguan luar kalian malah bntrok di dalam..

Unknown said...

Ass.sy bukan siapa2,tapi sy ingin mengumumkan pada kalian semua....,indonesia ini dikenaln krna keramahany bukan kemarahanny jgn smpai kesalahn ini terulang kmbali,entah itu dari dayak/madura ato dari madura/dayak semua org itu brbeda2 jgn samakn dari suku,dunia ini fana yg sesaat akan hancur,jujur sy islam dan menurut sy dunia ini tdk ad artinya,tapi satu kata untuk suku madura/dayak/dayak/madura ato semua sukulah
Cari lah keikhlasan dimuka bumi ini maka yg kau dapat adlh kedamaian,mungkin kalian masih ad dendam tapi untuk apa,jika masih ada dendam dimuka bumi ini maka yg akan muncul adlh propaganda yg akan melahirkan rantai kebecian selanjutny yg takan ad akhirny,sy sarankn pd seluruh org yg mmbaca tulisan ini untuk dpt melupakan semuany tdk ush berfikir yg aneh2 fikirkn sj besok kalian mau makan nasi pake lauk apa,jujur sy dari suku Blasteran(campuran)lahir di bandung/sunda,ibu jateng cilacap,ayah dayak (sampit)yak sy tidak brphiak pd suku manapun menurut sy,sy bukanlh siapa2 dan bukan apa2 karna tidak ada lagi yg tersisa untuk sy didunia ini,menurut sy itu sj pendapat yg akan sy pampangkan maaf jika ada kesalahan kata untuk org dayak/madura,islam/kristen #Sampit #Dayak #Madura #sukumadura.

Unknown said...

Kawan kawan orang Madura aja tau kok kalo tragedi sampit itu karna ulah orang madura (bukan bermaksud memojokan).
Asal kalian tau aja yang nulis artikel ini bukan orang Indonesia,dia hanya mau mempecah belah NKRI.

Unknown said...

Kawan kawan orang Madura aja tau kok kalo tragedi sampit itu karna ulah orang madura (bukan bermaksud memojokan).
Asal kalian tau aja yang nulis artikel ini bukan orang Indonesia,dia hanya mau mempecah belah NKRI.

«Oldest ‹Older   201 – 400 of 444   Newer› Newest»

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails