Thursday, September 09, 2010

Apa Istimewa Tehran Samput Idulfitri?


TEHRAN 9 SEPT 10: Kota Tehran seperti kota-kota lain di Republik Islam Iran semakin bermandikan cahaya dan warna-warni menyambut hari raya Idul Fitri. Warga ibu kota Iran berusaha menyambut hari pengampunan ini. Demikian dilaporkan kantor berita Borna News Kamis hari ini dari Tehran.

Layanan Transport Umum bagi Jamaah Shalat
Untuk menyelenggarakan shalat Idul Fitri secara semarak, Datuk Bandar Tehran telah menyiapkan 2500 bus, 750 teksi dan mengaktifkan seluruh jalur subway guna mengatakan para jamaah shalat Idul Fitri ke Universiti Tehran. Sebagaima telah diumumkan, shalat Idul Fitri akan dimulai pukul 6.45 dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Quran.

Bas-bas yang disiapkan itu berada di depan setiap masjid, bundaran kota dan distrik-distrik di sekitar kota Tehran. Sementara itu, sekitar 750 teksi secara percuma akan membawa para jamaah shalat ke Universiti Tehran.

Polis Siap Menjaga Keamanan Shalat Idul Fitri
Polisi Tehran sendiri telah menyatakan kesiapannya untuk mengawal keamanan dan memberikan pelayanan baik keamanan atau lalu lintas demi kenyamanan warga. Pihak polis juga telah mempersiapkan helikopter-helikopternya untuk meningkatkan keamanan warga di hari Idul Fitri. Kepada warga Tehran yang menghadapi masalah dipersilahkan menghubungi nomor telefon 110.

100 Ambulans Dipersiapkan di Universiti Tehran
Demi menjaga dan melayani keselamatan dan kesehatan jamaah shalat Idul Fitri, pemerintah juga telah menyiapkan 100 kereta ambulans di sekitar Universiti Tehran disertai 300 dokter dan tenaga medis. Seluruh rumah sakit di sekitar tempat penyelenggaraan shalat Idul Fitri dalam kondisi siaga dan setiap ada jamaah shalat yang memerlukan layanan dengan sigap petugas rumah sakit melayani mereka.

Malam Idul Fitri Tehran Bermandikan Cahaya
Malam hari raya Idul Fitri seluruh tempat-tempat umum, bundaran Azadi, Milad Tower, bundaran Nubuvat, Tajrish, Laleh dan bundaran-bundaran lainnya akan dimeriahkan dengan pencahayaan. Selain dimeriahkan dengan pencahayaan itu, di sebahagian bundaran kota Tehran juga melangsungkan acara ‘maghfirah'.

Komen Blog Ibnu Hasyim: Bandingkan dengan sambutan Hari Raya di Malaysia, besok. Baik, itulah tauladan. Buruk, cukup situlah sempadan! (IRIB/AK)

2 comments:

pensel kayu said...

Salam 'Idilfitri.Pohon ma'af Zahir & Batin pada semua.
كل عام وأنتم بخير

Ben Azmi said...

salam tuan, meminta kebenaran untuk share

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails