Friday, September 28, 2012

K/Bharu Bandar Islam, Rujukan B/Aceh K/Madani.

 Gubernur Kelantan, Malaysia, dalam seminar "Banda Aceh Model Kota Madani"

Banda Aceh 28 Sept 12: Menteri Besat Kelantan atau disebut Gubernur Kelantan, Malaysia, Dato Bentara Setia Haji Nik Abdul Aziz Bin Nik Mat menjadi narasumber dalam seminar internasional sehari bertajuk Banda Aceh Model Kota Madani di Aula Balai Kota Banda Aceh, Khamis 27 September semalam. 

Seminar ini dipenuhi peserta dari berbagai komponen yang dengan seksama menyimak setiap paparan narasumber yang berjumlah 4 orang. Demikian menurut Hidayatullah.com.

Menurut berita itu lagi, Wali Kota Banda Aceh, Mawardi Nurdin mengatakan, seminar ini untuk menyaring aspirasi dan menyamakan persepsi. Selain itu untuk melakukan sinkronisasi dan sinerginisasi mindset menyangkut Kota Madani.

"Seminar ini untuk mencari masukan agar memiliki pemahaman yang sama dalam memahami Kota Madani tersebut," ucap Mawardi Nurdin.

Sebagai pembicara Gubernur Kelantan, Malaysia, membagikan pengalamannya selama memimpin Kelantan. Dato Bentara telah terlebih dahulu menerapkan Kota Baru, Bandar Islami Kelantan. Paparannya akan dijadikan bahan pertimbangan menyusun Banda Aceh Kota Madani.

“Kita tidak semua mengadopsi dari Kelantan. Ada hal-hal yang tidak sama, baik budaya maupun lainnya. Akan tetapi, secara umum, Kota Banda Aceh bisa menjadikan Kelantan sebagai referensi,” kata Mawardi.

Menurut beliau, yang penting dalam penerapan Banda Aceh Kota Madani adalah sikap toleransi antaragama harus terjaga. Di Kelantan, toleransi memang menjadi hal sangat diperhatikan untuk membina kerukunan beragama.

"Ke depan tentunya kita akan sangat toleransi dengan agama lain di Aceh dalam penerapan Kota Madani," tukasnya.

Setelah seminar ini Mawardi Nurdin akan segera membentuk team kecil untuk merumuskan semua hasil tersebut, kemudian langsung akan berkoordinasi dengan DPRK untuk dibahas lebih jauh. Baru setelah itu akan dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

“Gubernur Aceh memberikan batas waktu dalam jangka 3 bulan setelah dilantik harus telah selesai RPJM Kota Banda Aceh,” katanya, dlaporkan The Globe Journal.

Pembicara lain dalam seminar Prof. Dr. Al Yasa' Abubakar, MA dan Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA, dipandu Mawardi Ismail, SH, MH, pakar hukum Universitas Syiah Kuala. Pembandingnya Prof. Drs. Yusny Saby, MA, Ph.D, pakar ilmu pemikiran Islam IAIN Ar-Raniry.

Sementara itu di Kuala Lumpur sebentar tadi, Tgk Mansur Din (gambar sebelah), Pengerusi Persatuan Kebajikan Bangsa Aceh Malaysia (PKBAM) menyambut baik usaha menerapkan Kota Baru, Bandar Islami Kelantan, yang paparannya akan dijadikan bahan pertimbangan bagi menyusun Banda Aceh Kota Madani.

"Saya, sambut baik hal tersebut dan persatuan kami akan setiasa memberi kerjasama ke arah cita-cita trsebut." Jelas beliau. (IH)


Lihat sebelum ini mengenai PKBAM....

Lihat catatan perjalanan ke Aceh sebelum ini...
E-Buku IH-6: Perjalanan Dari Menado Ke Aceh..
E-Buku IH-6: Perjalanan Dari Menado Ke Aceh.. E-Buku IH-16: 'Dari Surabaya ke Medan & Aceh'
E-Buku IH-16: 'Dari Surabaya ke Medan & Aceh' E-Buku IH-15: Aceh, Sebelum & Selepas Hasan Tiro'
E-Buku IH-15: Aceh, Sebelum & Selepas Hasan Tiro' E-Buku IH-47: Medan-Aceh, S'baya, Bali & T/Leste
E-Buku IH-47: Medan-Aceh, S'baya, Bali & T/Leste E-Buku IH-39: Catatan Perjalanan Medan-Banda Aceh
E-Buku IH-39: Catatan Perjalanan Medan-Banda Aceh

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails