Sunday, August 21, 2011

Hamas Sokong Mesir Tarik Dutanya Ke Israel

KL IH 21 Ogos 11: Hamas memuji keputusan Mesir menarik dutanya dari Tel Aviv sebagai bentuk protes atas pembunuhan lima orang petugas penjaga perbatasannya pada hari Kamis lalu.

Jurubicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan dalam sebuah kenyataan, Sabtu semalam, bahawa Hamas menghargai keputusan Mesir tersebut. Tv pemerintah hari Sabtu melaporkan Mesir memutuskan untuk menarik balik dutanya ke Israel sebagai protes atas kematian petugas di perbatasan masa pelancaran serangan Israel terhadap Palestin.

"Mesir memutuskan menarik dutanya ke Israel sampai ada minta maaf secara resmi," lapor tv pemerintah setempat.

Menurut berita MENA, dalam pertemuan mendadak yang dilakukan tidak lama setelah kejadian itu, pemerintah Mesir telah menuntut Israel minta maaf secara resmi. Menteri Informasi Mesir Osama Heykal mengatakan, beberapa polis terbunuh di wilayah Mesir akibat dari pertempuran bersenjata antara pasukan Israel dengan kelompok bersenjata yang ada di dalam teritorial Israel.

Penarikan duta dari Tel Aviv ini adalah yang kedua kalinya dilakukan Mesir. Pada Nopember 2000 Mesir memanggil pulang perwakilannya di Israel sebagai protes atas apa yang disebutnya sebagai "penggunaan kekuatan berlebihan oleh pasukan Israel atas rakyat Palestin saat Intifadah Kedua." (IH)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails