Wednesday, June 30, 2010

Syabas Carlos Latuff! Kartunis Yang Dibenci Israel..


KL JUN 30 10: SYABAS Carlos Latuff! (gambar) Perjuangan anda mengguugat samseng dan musuh No 1 dunia. Sebab itulah, kedutaan Israel di Mesir semalam telah mengemukakan aduan kepada akhbar parti pemerintah Mesir mengenai penyiaran sebuah kartun beliau yang mengaitkan rejim Zionis itu dengan Nazi Jerman.

Aduan itu adalah langkah luar biasa kerana kedutaan tersebut lazimnya tidak mempedulikan kritikan daripada media Mesir.

Al-Watani al-Youm pada 15 Jun lalu menyiarkan kartun menunjukkan sebuah kapal bantuan kemanusiaan yang menuju ke Genting Gaza ditangkap oleh seekor sotong kurita yang membawa bendera Israel, tetapi lambang swastika Nazi dan bukan simbol Star of David tertera pada bendera itu.

Syabas sekali lagi dari Blog Ibnu Hasyim. (Kilk Israel Bantah Kartun Mesir. Samakah KDN-Kartun Zun... )

Siapakah Latuff?

Carlos Latuff adalah kartunis kelahiran 30 November 1968 di Rio de Janeiro, Brasil. Karya-karya Latuff sudah dimuat dibeberapa situs, blog, surat kabar dan majalah tidak hanya di Brazil tapi juga di Amerika Syarikat, Irak, Arab Saudi, dan Lebanon. Karyanya juga menjadi pemenang kedua dalam Kompetisi Kartun Holocaust Internasional di Iran pada tahun 2006.

Kebanyakan dari kartun Latuff berhubungan dengan konflik Israel-Palestina yang “menjadi hal penting bagi Latuff setelah kunjungannya ke wilayah itu akhir 1990″. Karyanya sangat mengkritik Israel sehingga membuatnya dituduh sebagai anti-Semit. Latuff juga mengkritik aksi militer Amerika Serikat di Irak dan Afghanistan.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah mingguan Yahudi-Amerika, The Forward, pada Desember 2008, Latuff merespon tuduhan anti-Semit:

Kartun-kartun saya tidak terfokus pada orang Yahudi atau ajaran Yahudi. Fokus saya adalah Israel sebagai entitas politik, sebagai suatu pemerintahan, tentara mereka menjadi satelit kepentingan Amerika Serikat di Timur Tengah, dan khususnya kebijakan Israel atas Palestina.

Sumber: Wikipedia
Catatan: Lihat karya-karya Latuff lainnya di Latuff’s DeviantArt.

Newest Deviations


Israeli paintball that KILLS
by ~Latuff2

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails