Saturday, January 01, 2022

Jom ke negara jiran Filipina, tinjau umat Katolik sambut Natal.

 Umat Katolik di Filipina

Filipina: Umat Katolik mengikuti Misa sebelum fajar yang disebut 'Simbang Gabi'. (Foto 1 hingga 10)

Tradisi ini dilakukan 9 hari berturut-turut menjelang perayaan Natal. 

Jemaat gereja menghadiri misa sebelum fajar di sebuah gereja di Paranaque, Metro Manila, Filipina, Senin (10/12/2021).  

Misa menjelang fajar, yang disebut "Simbang Gabi", adalah rangkaian misa renungan sembilan hari yang dipraktikkan oleh umat Katolik di Filipina untuk mengantisipasi Natal.  

Simbang Gabi adalah sebuah Tradisi Iman menjelang Perayaan Natal yang sudah mentradisi dan membudaya serta mengakar dalam kehidupan umat Katolik Filipina.  

Secara harafiah Simbang Gabi berarti Ke gereja pada malam hari. Ketika diartikan dalam konteks iman Katolik Filipina, Simbang Gabi adalah Perayaan Ekaristi (misa) yang dilakukan pada Malam Hari tepatnya pada subuh pkl. 04.00.  
Simbang Gabi merupakan Misa Novena sembilan hari berturut-turut sebagai persiapan menyongsong Kelahiran Raja Agung yang dijanjikan oleh Allah Bapa untuk menebus dosa umat manusia.  
Simbang Gabi memiliki hubungan yang sangat mendalam dengan Iman umat Katolik Filipina. Iman pada satu Allah yang bersatu atau masuk dalam sejarah hidup manusia. 

Menurut umat Katolik Filipina, Simbang Gabi menjadi sarana untuk memperbaiki diri, tingkah laku dan hidup serta kesempatan membangun pertobatan yang meringankan beban jiwa, hati, persaan dan kehendak.  

Simbang Gabi adalah sebuah tindakan atau pekerjaan Solidaritas, Cinta dan Devosi. Maka yang dibutuhkan di sini adalah kekuatan dan pengorbanan untuk bangun pada pagi hari yang dingin di bulan Desember.  

Seiring waktu, Simbang Gabi menjadi salah satu bagian dari tradisi dan budaya umat Katolik Filipina yang memperlihatkan dengan jelas Identitas Bangsa yang harus dijaga dan dirawat.  

Di tempat-tempat yang terkena bencana, Simbang Gabi membawa ketenangan, kedamaian dan harapan. 

Sekian. -IH.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails