Monday, December 28, 2020

Misteri... Seorang wanita berpakaian kemas di Perkuburan Ranggon..

  Foto: TPU Pondok Ranggon (Rengga Sancaya)

Jakarta - 

Jakarta memiliki sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) yang sarat dengan cerita misteri. Salah satunya yang terkenal adalah TPU Pondok Ranggon.

Dikutip dari laman Jakarta.go.id, TPU Pondok Ranggon, merupakan salah satu tempat pemakaman umum di wilayah Jakarta Timur yang memiliki lahan yang cukup luas untuk pemakaman warga DKI Jakarta. 

Lahan seluas 62 hektar ini terbagi menjadi beberapa blok pemakaman (diantaranya yaitu Blok AA I, Blok AA II, Blok A I, Blok A II, Blok A III, Blok A IV, Blok A V, Blok A VI, dan Blok A VII).

Selain menjadi tempat peristirahatan bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya, TPU Pondok Ranggon juga menjadi tempat peristirahatan bagi mereka yang menjadi korban Tragedi Mei 1998.

Di bagian tengah TPU, tepatnya di Blad 27, Blok AAI terdapat 213 makam yang hanya ditandai dengan nisan tanpa nama jenazah dan bertuliskan Korban Tragedi Mei 1998.

Pada bagian makam korban Tragedi Mei 1998 TPU Pondok Ranggon ini terdapat sebuah Monumen, didirikan oleh Pemprov DKI Jakarta yang bekerjasama dengan Komnas Perempuan, yaitu Monumen Prasasti Mei 1998 Pondok Ranggon. Monumen prasasti dengan simbol jarum yang sedang menjahit kain ini dibuat oleh Awan Simatupang. Diresmikan pada hari Rabu, 13 Mei 2015.

Namun, di balik cerita sejarahnya, TPU ini juga kerap diisukan sarat dengan cerita mistis. Dikutip dari buku '666 Misteri Paling Heboh: Indonesia & Dunia', cerita-cerita mistis itu datang dari warga sekitar. Warga disebut sering mendengar suara tangisan dan rintihan sedih. Namun, asal suaranya tak diketahui.

Buku itu juga menuturkan, TPU ini kerap menerima jenazah yang tak jelas asal-usulnya. Hal inilah yang dianggap membuat TPU itu menjadi angker

Ada pula cerita tentang perempuan berbaju rapi yang naik taxi. Seorang supir taxi mengantar seorang perempuan cantik yang berpakaian rapi. Sang supir awalnya tak curiga. Namun, di tengah perjalanan dia tertidur. Tahu-tahu dia sudah ada di TPU Pondok Ranggon dan perempuan itu menghilang.

Menjadi kuburan Korban COVID-19

TPU Pondok Ranggon adalah lokasi yang ditunjuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyemayamkan jenazah pasien positif atau probable Corona. Rata-rata yang dimakamkan setiap hari 24 hingga 25 jenazah sejak September 2020. Bahkan, para penggali kubur bahkan bisa bekerja dari pagi hingga malam.

Hibur Hibur Sikit. Pilihan..

Album 1 

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails