Saturday, May 02, 2009

Perusahaan Kereta AS Terus Bengkrap..


By Asyok Kumar

EKONOMI AS terus Merudum. Pemerintahnya kini gagal menyelamatkan Chrysler, salah satu perusahaan otomotif terbesar di AS. Presiden AS Barack Obama di Rumah Putih Khamis 30 April lalu menyatakan, Chrysler bakal di nyatakan muflis atau bengkrap setelah tidak tercapai kata sepakat dalam perundingan.

Sebelumnya, Obama telah memberikan tempuh waktu sampai tengah malam waktu tempatan bagi perusahaan itu untuk menyelesaikan urusannya dengan pihak pengkredit, syarikat buruh dan perusahaan mobil Fiat Itali sebagai rakankongsi Chrysler, ataupun Chrysler akan dinyatakan muflis. Sehingga waktu ditetapkan pihak Chrysler gagal menyelesaikannya, apbila majoriti kreditor menolak proposal untuk memberikan jaminan terhadap hutang Chrysler yang nilainya mencapai 6.9 milionr dollar.

“Saya tidak mahu berpihak pada mereka, saya berpihak pada pekerja di perusahaan Chrysler," kata Presiden Obama.

Sebelumnya, Chrysler masih diberi kesempatan untuk melakukan pembetulan. Sementara itu, Ketua Eksekutif Chrysler Robert Nardelli mengatakan akan terus meninggalkan perusahaan tersebut. Chrysler adalah satu dari tiga perusahaan otomotif terbesar di AS, setelah General Motors dan Ford. Ketiga perusahaan itu menghadapi masalah kewangan apabila berlaku krisis ekonomi di AS. Chrysler dan General Motor meminta kerajaan membantu 21.6 milion bagi menyelamatkan perusahaan-perusahaan tersebut.

Setelah Chrysler menuju muflis, General Motor masih ada masa 30 hari lagi untuk melakukan penyusunan semula, dan Ford masih mengaku cukup dana untuk bertahan tanpa bantuan kerajaan. General Motor awal April lalu sudah mengumumkan kemungkinan pembuangan pekerja menutup sebagian kilang dan showroomnya. Pemerintahan Obama, telah memecat Ketua Eksekutif General Motor, Rick Wagoner sejak bulan Mac lalu.

Bagaimana dengan perusahaan kereta Malaysia? Harap-harap akan tetap teguh! (Sumber Era Muslim dll.AK)

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails