Sunday, April 05, 2009

Gagasan Merdeka Selesai -Muzakir Manaf. Mana Islamnya?


By Asyok Kumar April5,2009

MANTAN Panglima Gerakan Aceh Merdeka, Muzakir Manaf, menegaskan gagasan memerdekakan Aceh telah selesai seiring dengan penandatangan perdamaian tahun 2005. Muzakir Manaf, yang kini menjadi Ketua Umum Partai Aceh, juga mengatakan dia tidak lagi memimpikan referendum untuk kemerdekaan bagi Aceh.

"Kita sudah komitmen sesuai dengan pemimpin kita yang di Helsinki waktu penandatanganan. Buat apa itu lagi? Dengan Indonesia pun kita sudah komitmen di bawah NKRI semua," kata Muzakir di Banda Aceh.

Bagaimanapun, ketika ditanya apakah dia akan mengangkat senjata lagi apabila upaya perdamaian gagal dilanjutkan, Muzakir mengatakan belum bisa menentukan. "Saya tidak bisa menjawab sekarang, tapi yang jelas kami ingin hidup damai dan masalah perang untuk masa sekarang, kami tidak memikirkan," kata Muzakir.


Simak wawancara dengan mantan Panglima GAM yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Aceh, Muzakir Manaf, dalam acara Tokoh, Hari Minggu, 29 Maret 2009, siaran pukul 05.30 WIB. Versi panjang wawancara itu juga akan disiarkan khusus oleh puluhan mitra BBC, Hari Senin, 30 Maret 2009, pukul 06.00 WIB.

Politisi
Muzakir Manaf naik ke puncak pimpinan militer GAM tahun 2002 untuk menggantikan Panglima GAM sebelumnya, Abdullah Syafie yang mati tertimbak dalam pertempuran dengan militer.Tentara GAM yang dikenal dengan Teuntara Neugara Aceh, resmi dibubarkan sesuai dengan nota kesepahaman antara pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka. Nota tersebut ditandatangani di ibukota Finlandia, Helsinki, Agustus 2005.

Kesepakatan damai yang dimediasi oleh mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari, ini diharapkan dapat mengatasi konflik separatis di wilayah Aceh yang sudah berlangsung puluhan tahun. Sesuai dengan kesepakatan damai, di Aceh boleh dibentuk partai-partai lokal untuk mengikuti pemilihan umum.Semula para mantan gerilyawan membentuk partai yang diberi nama GAM dengan lambang bendera gerakan itu, tetapi nama itu menimbulkan polemik sehingga akhirnya diubah menjadi Partai Aceh. Partai tersebut diketuai oleh Muzakkir Manaf yang mematok partainya harus menang pemilihan legislatif di Aceh.

"Kami targetkan 95% akan menang dan mungkin akan dapat. Kami sesuai dengan pergerakan kami, GAM bekerja sama termasuk di kampung dan di pelosok untuk memenangkan PA," tutur Muzakir. Lulusan Libya dalam bidang latihan kemiliteran itu mengaku masih merasa kaku terjun di bidang politik praktis sekarang ini. "Sekarang ini menjurus ke politik, mungkin kita agak kaku dalam menghadapi arena politik ini," tuturnya. Namun dia mengaku persoalan itu tidak menjadi kendala berkat bantuan kawan-kawannya.

Keamanan

Muzakir Manaf menyatakan khawatir akan situasi keamanan di Aceh menjelang pemilu menyusul terjadinya serangkaian tindakan teror yang diarahkan kepada Partai Aceh dan orang-orangnya, mulai dari penggranatan hingga pembunuhan.

"Ya itulah yang selalu membuat kita was-was. Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan atau ditakutkan dengan PA karena inilah orang-orang yang tidak senang dengan perdamaian, dengan hasil penandatangan MoU Helsinki," kata Muzakir. Menurutnya, ada segelintir oknum yang tidak sependapat dengan garis yang ditempuh pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan yang menginginkan Aceh porak poranda.

"Bagi kami bangsa Aceh, cukup komitmen dengan perdamaian dan semuanya harus komitmen menjaga perdamaian di Aceh. Karena orang Aceh selama satu kurun ini cukup menderita dan kami ingin menikmati perdamaian," tegasnya. Muzakir Manaf juga dikenal sebagai pengusaha di bidang kontraktor, meski menurut sosok yang berusia 44 tahun ini, bisnis tersebut kini telah ditinggalkan untuk memusatkan diri pada dunia politik. (Heyder Affan Produser, BBC Siaran Indonesia)

Demikian selesainya Gagasan Merdeka, setelah termeterainya Mou Helsenki, Kita lihat pula kemana hala perjuangan PA.

Partai Aceh adalah salah satu partai politik lokal di Aceh, Partai ini ikut dalam Pemilihan Umum Legislatif Indonesia 2009 untuk pemilihan anggota parlemen Aceh. PARTAI ACEH (PA) partai pemilik perjuangan di Aceh untuk perubahan nasib masyarakat Aceh. Partai yang masih punya tanggung jawab menjalankan amanah MoU Helsinki dan menyempurnakan Undang-Undang Pemerintah Aceh yang telah disahkan oleh DPR RI pada 11 Juli 2006.

Kini saatnya para pejuang Aceh (GAM) mengabdi diri sebagai fungsionaris partai dan seluruh rakyat Aceh yang dengan berbesar hati telah bisa meninggalkan perjuangan bersenjata dan menukar dengan Demokrasi, sehingga hari ini bukan diam menunggu hasil, rakyat Aceh harus bangkit bersatu-padu berpartisispasi untuk perjuangan masa depan Aceh dan perdamaian. ingat "Sesungguhya Allah tidak akan merubah suatu kaum/masyarakat/bangsa sehingga mereka mau merubah keadaan diri (nasib) mereka sendiri(Al Qur-an).

Parti Aceh: Tanggal berdiri : 7 Juli 2007 Inisiator : -Tokoh pendiri : Malik Mahmud, Muzakkir Manaf. Azas : Islam Lambang Partai : Kata Aceh dengan latar bendera merah dan hitam eks bendera GAM. Ketua Umum : Muzakkir Manaf Sekretaris Jenderal : Muhammad Yahya, Alamat : Kantor DPP Partai Aceh, Jl Tgk Imam Al-Asyi Luengbata, No 48 Banda Aceh

Sejarah: Partai Aceh didirikan oleh mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Mulanya, begitu tiba masa perdemaian, para mantan gerilyawan itu membentuk partai yang diberi nama GAM, namun kemudian diubah menjadi Partai Aceh.

Ketum Partai Aceh adalah Muzakkir Manaf yang dahulu mejadi Panglima Angkatan GAM. Partai Aceh sempat menimbulkan kontroversi manakala menjadikan bendera GAM sebagai lambang partainya. Lambang itu tetap dipakai meski muncul imbauan pemerintah untuk menggantinya.

VISI & MISI

1. Membangun citra positif berkehidupan politik serta melaksanakan mekanisme partai sesuai aturan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan menjunjung tinggi nota kesepahaman Helsinki yang telah ditandatangani pada tanggal 15 Agustus 2005 antara Pemerintah RI dan GAM.

2. Mentransformasi dan atau membangun wawasan berpikir masyarakat Aceh dari citra revolusi party menjadi citra development party dalam tatanan transparansi untuk kemakmuran hidup rakyat Aceh khususnya dan bangsa Indonesia.

Komen Blog Ibnu Hasyim: Lihat asasnya adalah Islam, itu penting. Apakah Islam yang dimaksudkan itu seperti yang difahamkan oleh UMNO? Seperti yang termaktub dalam perlembagaan UMNO atau dalam perlembagaan Malaysia yang sekular ciptaan Lord Ried penjajah? Atau seperti yang tercatat dalam perlembagaan PAS di mana Al-Quran, Hadis, Ijmak Ulama dan qias menjadi dasar perundangannya? (AK)


7 comments:

Anonymous said...

Salam...Saudaraku Mohd Hashim.

Acap kali blog Bang Mat membicarakan persoalan JIHAT yang termaklum peripentingnya,amat diyakini jarang amat ianya dibicarakan secara terbuka dan serius kerana ianya berjaya ditenggelamkan oleh orientalis dan kebanyakkan nasionalis.

Sehubungan itu, adalah dicadangkan Bang Mat mengutarakan pula isu Negara Islam yang menjadi idaman pejuang Islam...terutamanya yang digagaskan oleh PAS...

Berikutan kerjasama PR, persoalan ini masih menjadi masalah kepada pejuang terbanyak untuk mencepani musuh terutamanya UMNO, mungkin dikalangan yang faham situasi ini, ianya bingkas terjawab, akan tetapi bagi ahli terbanyan ianya suatu persoalan yang boleh memerangkap dan tidak mampu dihujah balas dengan tuntas.

Wassalam........

Asri
Jitra, Kedah

Ibnu Hasyim said...

Terima kasih, insya Allah saya akan cuba. Buat masa ini saya masih berada di Udon Thani, utara Thai berhampiran Vian Tian, Laos..

Anonymous said...

assalamualaikum, bukan begitu maksudnya kami disini(bangsa aceh) tahu bagaimana kami nak uruskan pentadbiran selepas kemenangan Parti Aceh pada 10april lalu, tidak seperti di malaysia. alahmdulillah selepas kemenangan ini segala yang termaktub dalam Al-quran akan kami tunaikan sikit demi sikit, InsyaAllah

SUKARNO is HITLER said...

Indonesial National Anthem

Indonesial tanah Cairku
Tanah tumpah muntahku
Disanalah aku merangkak hina
Jadi kubur

Indonesial negara miskin ku
Bangsa Busuk dan Tanah Miskinku
Marilah kita semua tidur
Indonesial negara miskinku

Mati lah tanahku
Modar lah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Miskin lah jiwanya
Tidurlah badannya
Untuk Indonesial Miskin

Indonesial Miskin
Mampous Modar
Datang kerja Malaysia
Tapi TKI Jadi perampok
Rompak Malaysia bawa wang ke Indon

Indonesial Pendatang Haram
Miskin lah Miskin lah
Datang Haram ke Malaysia
Tiada paspor
Bila kena tangkap dan hantar balik
Kata nya malaysia jahat

Indonesial Negara Perampok
Indonesial Menghantar perampok maling
pekerja TKI Indonesial
hantaq pi Malaysia

Indonesial Maling
Merampok lagu Malaysia
Mengatakan itu lagu mereka

Indonesial Tanah yang hina
Tanah gersang yang miskin
Di sanalah aku miskin Untuk slama-lamanya
Indonesial Tanah puaka
Puaka Hantu Kita semuanya
Negara luas hasil bumi banyak tapi miskin
Datang minta sedekah di Malaysia
Marilah kita mendoa Indonesial brengset

Gersang lah Tanahnya mundurlah jiwanya
Bangsanya Rakyatnya semuanya
Tidurlah hatinya Mimpilah budinya
Untuk Indonesial Miskin

Indonesial Tanah yang kotor Tanah kita yang Malang
Disanalah aku tidur selamanya bermimpi sampai mati
Indonesial! Tanah Malang Tanah yang aku sendiri benci
Marilah kita berjanji Indonesial miskin

Mati lah Rakyatnya Modar lah putranya
Negara Miskin Tentera Coma pakai Basikal
Miskinlah Negrinya Mundur lah Negara nya
Untuk Indonesial kurap

http://indonesiasukarno.blogspot.com/

SUKARNO is HITLER said...

Indonesia negara penjajah yang tamak
Indonesia kononnya mendapat kemerdekaan melalui peperangan dengan Belanda setelah Jepun kalah perang dunia kedua. Indonesia pernah menjajah melalui peperangan Aceh, Maluku, Papua (Irian Jaya) dan Ambon. Ia adalah negara yang tamak. Terdapat kemungkinan mereka ini ingin menjajah Brunai. Ia juga pernah menjalankan program "Ganyang Malaysia" malangnya mereka telah kalah. Sungguh memalukan. Mereka menakluk Timur Timor sebaik sahaja Timur Timor mendapat kemerdekaan daripada Portugal. Sebenarnya Indon ni takut perang dengan Portugal yang peralatan perangnya mencukupi tetapi hanya mahu berperang dengan negara miskin yang baru merdeka. Pengecut !!! Setelah krisis ekonomi Indonesia menjadi papa kedana dan akibat tekanan antarabangsa mereka terpaksa melepaskan Timur Timor. Kalah dan malu mereka ini.




Sukarno
Sukarno adalah merupan president pertama Indonesia. Dia adalah salah seorang yang memulakan rancangan jahat "Ganyang Malaysia". Sungguh memalukan bila Indonesia telah kalah. Sukarno dikatakan telah mati ditembak. Dia ialah Hitler Asia Tenggara. Dia bercita-cita menakluk seluruh Asia Tenggara.

Anonymous said...

malangsia negara pencuri budaya..
ko liat aj..
saat waktu yang tepat..
kami dari tentara indonesia
akan menghapus malingsia
dari peta dunia...
kecamkan itu...

Anonymous said...

silakan la indon kalau berani mau datang malaysia...dasar indon bangsa babu..datang aja kau jadi pekerja aku..dah la miskin, sombong.. bangsa indon, kamu akan terus kena bala sebab kamu sombong sama tuhan..mana ada malaysia curi budaya kau bodoh..nampak sgt kau bodoh sejarah.. sory walaupun kakek akau indon tapi alhamdullillah aku menjadi rakyat malaysia..indon ni memmang bodoh sejarah!

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails