Thursday, October 23, 2008

Sebat Di Aceh.. Serumah Bersama Janda



Ibnu Hasyim CATATAN SANTAI

LIHAT berita ini… Khamis, 23 Oktober 2008 | 06:53 ‘Serumah Bersama Janda, Anggota Dewan Kepergok Selingkuh. Diduga Kumpul Kebo, Ngakunya Sudah Menikah Siri’

KUALA SIMPANG–Lagi-lagi hasrat seksual anggota dewan terungkap ke permukaan. Kali ini seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh Tamiang, tertangkap basah serumah bersama janda. Diduga terjadi praktek kumpul kebo dan perzinahan, rumah tersebut lalu dikepung warga. Beruntung, anggota dewan berhasil kabur dari lokasi. Warga Desa Gedung Biara Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang mendadak gempar. 

Pasalnya salah seorang anggota Dewan Aceh Tamiang berinisial MW alias BY digerebek massa ketika berada di rumah IN, warga dusun Pandai besi, Desa Gedung Biara, Kecamatan Seruway pada Selasa (21/10) malam sekitar pukul 22.00 Wib. Menurut informasi yang diperoleh Metro Aceh menyebutkan kejadian yang menghebohkan itu berawal dari kecurigaan warga adanya seorang pria tak dikenal masuk ke rumah sang janda melalui pintu belakang sekira pukul 21.00 Wib.

Mengetahui ada yang tidak beres, massa lalu berkumpul dan hendak menggerebek secara langsung. Sayangnya niat itu dicegah Airifin selaku Ketua PAC PPP Kecamatan Seruway. “Sebaiknya hal ini kita laporkan saja kepada pihak yang berkompeten atau Datok atau perangkat dan imam desa setempat,” saran Arifin. Mendengar hal itu, warga lalu menghubungi Kadus Pandai Besi, Hasan Basri, Datok Penghulu, Abu Samah dan Imam desa setempat, Mukhtaruddin. Secara bersama-sama mereka lalu berangkat menuju rumah IN.

Di lokasi, lanjut Arifin, Kadus Pandai Besi Hasan Basri, bersama abang kandung IN yakni Baharuddin langsung menggedor pintu. Saat dibuka ternyata MW ditemukan berada di dalam kamar IN, hanya mengenakan kain sarung. Dalam introgasi Datuk Penghulu dan perangkat desanya, IN mengaku sudah menikahi di bawah tangan dengan MW tiga bulan yang lalu di Masjid Cunda, Aceh Utara. Dia dinikahkan oleh abangnya Syahrul. Anehnya abangnya yang paling tua Baharuddin dan warga setempat tidak ada yang tau kalau mereka telah menikah.

“Tidak lama kemudian, secara tiba-tiba MW menghilang dan diduga keluar dari pintu belakang. Pelaku mesum ini ketakutan menjadi korban amuk massa yang sudah merasa geram atas perbuatannya tersebut,” tambah Arifin. 

Warga mencurigai MW berselingkuh dengan IN karena diketahui wanita tersebut masih berstatus isteri orang yang telah lama pisah ranjang kerena cek-cok dalam rumah tangganya. 

"Kalau mereka sudah nikah kok masuk dari pintu belakang," cetus Arifin.

Datok Penghulu Desa Gedung Biara, Abu Samah ketika dikonfirmasi Koran ini kemarin membenarkan terjadi hal itu. Menurutnya karena pengakuan IN mereka sudah menikah maka hal itu tidak begitu dipersoalkan, walaupun IN tidak dapat menunjukkan Surat Nikah dengan MW dan Surat Cerai dengan suaminya yang terdahulu, Sof. Informasi terakhir yang diperoleh Koran ini, IN yang sudah punya beberapa orang anak dikabarkan malam itu juga kabur dari rumahnya dan tidak tau rimbanya.(urd)

Gambar di atas adalah dari ‘Berita Foto’yang tidak ada kena dengan berita tadi. Berita pada 13/01/2007 bertajuk ‘Mesum Dicambuk’, ertinya pelaku maksiat disebat. Berita dari Wilayatul Hisbah Kota Banda Aceh, pada Jumaat12/1/2007, melaksanakan hukuman cambuk (sebat) kepada pelaku khalwat yang berlangsung di halaman Masjid Kampung Mulia, Banda Aceh----foto: Fauzul. Lihat juga www. rakyataceh.com. 

Catatan kali ini adalah sebagai menjelaskan suasana sebenar sosio budaya masyarakat Negeri Aceh.
Mengapa bila kerajaan Kelantan hendak laksanakan hudud beberapa tahun lepas begitu mendapat tentangan dari kerajaan-kerajaan yang mengaku Islam, bahkan isunya dimainkan hingga ke peringkat antarabangsa? Tidak seperti dalam kes undang-undang Syariat Islam di Aceh ini? 

Wallahu aklam.

ibnuhasyim.com
(e-mail: ibnuhasyim@gmail.com)
Oktober23, 08. KL.

Lihat..
E-Buku IH-15: Aceh, Sebelum & Selepas Hasan Tiro'

E-Buku IH-15: Aceh, Sebelum & Selepas Hasan Tiro'

1 comment:

Anonymous said...

artikel yang menarik...

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails