Tuesday, March 06, 2012

Dayak Potong Kepala Manusia..

Tengkorak dari zaman pemburuan kepala masih boleh dilihat di rumah panjang hari ini.

CATATAN PERJALANAN: Kalimantan siri 9

TELAH disebutkan, kira-kira 8 pagi bas kami sampai di Putussibau. Sempat aku jalan-jalan dan rehat-rehat dipekan kecil itu, sementara menunggu untuk naik bas lain pula menuju ke Badau kira-kira jam 10.30 pagi itu juga. Aku singgah minum pagi di warung sebelah stesyen bas itu.

Duduk di hadapanku seorang anak muda lulusan sekolah menengah setempat, setelah aku perkenalkan diriku yang datang menziarahi kawan-kawan kita kaum Dayak di Kalimantan ini, katanya..

"Awas Pak, orang Dayak suka potong kepala orang..."

"Hei, jangan cakap begitu depan orang luar. Mentang-mentang kau bukan orang Dayak!" Cakapnya dipotong oleh seorang wanita bersama suaminya, yang baru duduk menumpang semeja dengan kami.

Rupanya beliau bekas guru kepada anak muda tadi. Setelah mereka pergi, anak muda itu cepat-cepat menunjukkan kepadaku video melalui telefon bimbitnya.

"Lihat, ini buktinya orang Dayak memotong kepala orang Mudura! Aku cakap betul, bukan main-main! Memang adat orang Dayak suka menyimpan kepala tengkorak manusia, di perabung dalam rumah panjangnya. Banyaknya tengkorak melambangkan kepahlawanan mereka!" Jelas anak muda itu.

Ku lihat memang betul ada rakaman pembunuhan antara kaum Dayak berlawan dengan kaum Madura. Lebih kurang macam gambar-gambar di bawah ini..

Sebenarnya, dikatakan Dayak (istilah kolektif untuk masyarakat asli Kalimantan) telah mengalami peningkatan dalam konflik antara etnik. Di awal 1997 dan kemudian pada 1999, berlaku perlawanan antara orang-orang Dayak dan Madura di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Puncak dari konflik ini terjadi di Sampit pada tahun 2001. Konflik-konflik ini pun kemudian menjadi topik pembicaraan di akhbar-akhbar Indonesia.

Sepanjang konflik1997, sejumlah besar penduduk baik Dayak mahupun Madura terkorban. Dianggarkan dari 300 hingga 4,000 orang, menurut sumber-sumber independen. Pada tahun 1999, dikatakan juga orang-orang Dayak, bersama beberapa kelompok-kelompok pendatang Madura,114 orang terkorban. Ada fakta menunjukkan, memang orang Dayak terlibat dalam pergaduhan itu.

Puncak dari konflik ketegangan kaum ini terjadi di Sampit pada tahun 2001. Tragedi yang dikenali dengan nama 'Sampit Berdarah'. Seterusnya untuk dapatkan maklumat mengenai peristiwa itu, sila lihat tulisan seorang Mahasiswa Pascasarjana di salah satu Unversiti. Islam di Jakarta. Beliau adalah warga asli Sampit dari suku Madura.

Beliau (penulis) mengadakan hubungan terus tiap hari dengan berbagai etnik (Banjar dan Jawa) di Sampit untuk dapatkan informasi terbaru tentang kerusuhan waktu itu. Beliau adalah H. Musthofa Aini. Lc. Kita sambung dalam tulisan catatan perjalanan akan datang.

Insya Allah!

Ibnu Hasyim
alamat: ibnuhasyim@gmail.com

26 Feb 2012
Pontianak, Ind.

Lihat catatan perjalanan...

E-Buku IH-51: Perjalanan Ke Kalimantan
E-Buku IH-51: Perjalanan Ke Kalimantan

122 comments:

Melayu Sarawak said...

Assalamualaikum Saudara,

- Itulah saya Katakan, Jika Kita Tidak Menghormati Bangsa Lain, Mereka Akan Menghormati Kita Jua.

- Rasullullah SAW pernah bersabda,(hampir Sama) " Jangan Kita Menhina Dan Tidak Menghormati Bangsa @ Org Bukan Islam, Kerana Jika Kita Bersikap Tidak Baik Terhadap Mereka, Mereka Akan Lebih Jahat Lagi Dari Kita".

- Kaum Madura Bersifat Ganas. Jika Kamu Sendiri Pergi Melihatnya, Kamu Akan tahu bagaimana Sifatnya.

_ Kaum Madura memandang bangsa lain dari atas ke bawah. Senyum Pun Tidak Mahu. Mereka tidak menjaga mata spt yang disuruh oleh Rasul kita. Malah Mereka (Madura) Tinggi Sifat Assabiyahnya.

- Bangsa Melayu Sarawak (berasal Dari Wilayah Melayu Sambas) amat Dihormati Oleh Bangsa Dayak, Lebih2 Lagi Iban. Sebab Panglima Iban Pernah Kata, " Jika Org Dayak Burung, Org Melayulah Anginnya."

Jika Kita Lihat Dari Pelbagai Perspektif, Dari Dulu Hingga Sekarang Org Melayu Sarawak@Sabah Dapat Hidup Aman Dgn Bangsa Lain. Begitu Juga Di Kalimantan. Dimana Melayu Sambas Dan Dayak Tidung,Iban, Dan Lain2 Saling Hormat Menghormati.

- Ketika, Tahun 1999. Org Madura Menyerang Org Melayu. Org Madura menganggap Org Melayu Lemah,Tidak Pandai berdanggang, dan kurg menguasai Ekonomi. Manakal org Madura menganggap Org Dayak Sebagai org Kafir yang perlu dibunuh. Oleh Itu pada Tahun Itu Org Melayu VS Org Madura.

- Org Melayu tiba2 di tolong oleh org Dayak, Maka Byk org Beranggapan Pada Tahun Itu Org Dayaklah Yg Bergaduh Dgn Madura. Padahal, Org Melayu lah yg digaduh oleh org Madura.

- Sampai Skrg Org Madura berasa Amat sedih dan rugi kerana mereka dihalau oleh org Melayu dan tidak boleh menjejaki kaki ke Wilayah Sambas, @ Kalimanatan Barat kerana Mereka mmg bangsa Kurg Ajar. Jika mereka benar2 Islam, Mereka Seharusnya menghormati bangsa Lain2 Terutama Org Melayu (Islam Sendiri).


Kesimpulannya

ORG Madura adlh ORG YG Tidak Pandai Menjaga Adab Dgn Bangsa Lain.

Adat Dayak Adalah Jika Seorg Cari Pasal Sekampung Akan Mati. Tapi Jika Anda mAhu Tahu, Bangsa Dayak Lah Bangsa Yang Amat Tinggi Nilai Hormat-Menhormati, Saling Tegur Menegur, Sopan Santun Dan Sbgnya.

ORG Madura Pernah Begaduh Dgn Melayu,Dayak, Dan Tionghua.

Ibnu Hasyim said...

T.kasih komen tuan, amat bermanfaat.

Mungkin tuan dapat sumber berbeda. Catatan perjalanan selanjutnya saya masukkan peristiwa 'Peristiwa 'Sampit berdarah'dari sumber Informasi Al-Islam' diperbandingkan..

As-salamu'alaikum.

Melayu Sarawak said...

Walaikumsalam,

Minta Maaf Saudara Jika Ada Salah Dan Silap Saya Ketika Memberi Komen.

Jia Boleh Delete Lah thread bertajuk Iban Masakini Kalau Tak Silap Nanti Ada Org Yang Salah Faham. Biasalah Manusia, Rambut Sama Hitam, Tapi Hati Lain2.

Saya Mendapat Sumber Ini Daripada Imam Kami Yang Berbangsa Madura. Dialah Yang Menayangkan Video Tersebut Kepada Kami Dan AKur Terhadap Sifat Bangsanya Yang Tinggi Sifat Assabiyahnya.

Namun Kebaikan Bangsa Madura Adlh Diorg Rajin Dan Jika Mereka Tinggal Dimana2 Sahaja Mereka Akan Membina MAsjid Untuk Tempat Bermesyyuarat dan Hal2 Yang Penting.


Namun Ingat!!!! Kata Imam tersebut lagi, jangan Biarkan Org Madura Hidup Dalam Satu Kelompok Sahaja. Maksudnya Jangan Biar Mereka Tinggal Dalam Satu Bangsa Mereka Sahaja.

Sekian, Terima Kasih.
Saya Minta Maaf Jika Terkomen Yang Bisa Menyakiti Hati Anda.

Mencuri Jangan Kau Lakukan,
Berbohong Jangan Ka Lafazkan,
Silap Dan Salah Diriku Lakukan,
Ampun Dan Maaf Aku Ucapkan

Anonymous said...

kalam pena,

Informasi yang menarik dan mesti dikaji semoga kita mendapat pengajaran dari kisah yang berlaku moga2 tidak berulang. Kepada tuan Melayu Sarawak, terima kasih atas info. Sy sebagai pembaca akan terus mengkaji.

Anonymous said...

sejujurnya saya akui, perangai orang madura jika seorang diri amat baik, rajin dan rendah diri, tetapi jika mereka ramai dan terkumpul akan berubah menjadi sombong ego dan keras kepala , berani cabar orang bergaduh. .siang malam kemana saja bawa pisau

saya tdk salahkan iban (dayak) dan melayu sambas atas perang yg berlaku, orang madura yg memulakan sengketa, orang madura yg cari penyakit, orang madura tdk sedar diri diuntung menumpang tempat orang, sepatutnya madura ingat dan cermin diri jgn tunjuk lagak tempat orang

kes sebegini tidak mustahil akan berlaku ditempat lain, samada di sabah ( dengan pendatang haram indon dan
filipina )
juga di semenanjung Tanah melayu (melayu vs Cina atau india )

apabila si pendatang sdh tunjuk samseng, hina dan cabar bangsa asal, pergaduhan akan terjadi, ketika marah segala kemungkinan boleh berlaku, potong kepala itu biasa saja...makan jantung juga biasa, hanya orang yg tak pernah merasa akan hairan dan takut

ketika perang pilihan hanya satu, hidup atau mati! membunuh atau mati dibunuh, anda pilih mana satu?

Anonymous said...

jgn dinilai dayak itu hanya oada luaran, dayak itu rendah diri. .hormat orang, hormat tetamu, rajin menolong dan tdk suka bergaduh, sifat mereka mesra dan suka meraikan rakan yg berkunjung

pun demikian dayak jgn disakiti, jgn hina dan jgn cabar bertarung, kerana dayak tdk pernah takut potong kepala musuhnya, potong kepala itu adat bertarung

bukan dayak saja, bangsa Dusun kadazan, murut juga akan potong kepala musuhnya, sebagai bukti sehingga hari ini bangsa Dusun kadazan dan murut masih menyimpan tengkorak yg pernah dipenggal, bezanya mereka tak meraikan pesta gawai antu sebagaimana diamalkan bangsa dayak

Gelayan Bryan said...

Excuse me, you are bullshit. I am an Iban, my Great Grandfather is Dayak Warrior, a long time ago. Most of us is Christian. 97% of Dayak in this world is Christian. Sorry la, I can't believe that people like you ever exist in this world. Hahah.. Madura.. jangan perasan la.. we are now educated.. do not worry, we won't kill you madafaka

Anonymous said...

sebenarnya orang dayak dan kadazandusun adalah bangsa yang tidak suka buat jahat dari dulu lagi apa lagi sekarang yang majoritinya kami beragama kristian..kami suka hormat bangsa lain..saya mahu kongsi satu fakta mengenai bangsa kami..kami ni tidak suka bergaduh sebab kami penakut dan pengecut..tapi saya sangat minta tolong dengan bangsa lain supaya please jangan paksa kami keluarkan keberanian kami sebab buruk padahnya..jangan main dengan api..minta maaf kalau anda tersinggung..

Lien ACM_1899 said...

Kbetulan saya ini suku Dayak,prinsip hidup kami org dayak adalah saling mengasihi dan menghormati,jika anda baik kami akan lebih baik,jika anda sopan kami akan lebih sopan,jika anda meminta dgan baik jgnkan satu sepuluhpun kami kasih..Tapi ingat jika anda jahat atau berniat jahat maka kami akan sepuluh kali jahat

Anonymous said...

Tidak ada dalam sejarahnya orang membunuh dikatakan ramah...
yang berani memenggal kepala adalah hati syetan...
membunuh yang tak berdosa, bagai iblis yang kelaparan...

Anonymous said...

Harusnya konflik bkn suku.tp pd nama pelakunya. Dan anak2 serta yg tidak bersalah jgn jd korban......smg mereka yg tidak tahu menahu masuk surga

6803man sarawak said...

Saya keturunan dayak bidayuh..

Anonymous said...

Apapun alasannya, membunuh orang dengan keji tidaklah dapat dibenarkan. Apalagi wanita dan anak-anak. Benar-benar suatu kesalahan besar dan noda dalam sejarah. Semoga turun balasan yang setimpal bagi mereka yang berbuat keji tersebut. Jika tidak didunia, maka nanti setelah akhir zaman.

Anonymous said...

Ada2 jhx..

Anonymous said...

Sya pun keturunandayak iban.hormat menghormati kepada keluarga dan orang lain dan tak kira apa bangsa kmi menghormatinya sebagai tetamu.jika org baik dgn kami. Maka kami berpuluh kali baik dgn org itu tak kira apa bangsanya tapi jika org buat jahat dgn kami kami akan berpuluh kali buat jahat dan tidak kira siapa.so jgn libatkan kmi dayak yg penakut ini di paksa jadi berani jika kami tak dihormati dan dihargai di segenap masyarakat setempat.jika perayaan gawai di rumah panjang susudikan datang kami akan jamu kamu dgn makan istimewa.jika muslim yg jadi tetamu boleh sembelih ayam doa sendiri dan kami akan bagi bagi ayam.lembu atau kambing utk kamu masak sendiri.buat mcm rumah sendiri masak pun takpe.asalkan org itu dtg dgn tujuan baik.

Anonymous said...

Jgn menghina kami org dayak keseluruhan khasnya di kepulauan borneo ini kerana kami adalah org petani.tanam padi lada dan memburu.menjala ikan adalah hasil pendapatan kmi.yg beketja dgn kerajaan pun utk masa depan anak anak.kami tak mau bermusuhan jgn paksa kami buat jahat.tidak salah jika kami mempertahankan tanah air khasnya malaysia termasuk sabah dan sarawak tetap kami pertahankan jika ada sebarang pencerobojan asing.tidak salah kan!

Anonymous said...

Saya adalah Dayak

Anonymous said...

Dalam keadaan terdesak, tercabar dan ikutkan hati yang panas terutama apabila melibatkan soal maruah...saya kira semua orang tdk kira apa sukunya tetap BERANI dan GANAS walaupun asalnya seorang pengecut...Bila ini terjadi tiada siapa yang untung. Oleh itu...marilah kita saling mnghormati budaya dan prinsip hidup masing2....peace !!!

Anonymous said...

Saya percaya bukan kaum dayak sahaja yg mempunyai sifat kepahlawanan dan keberanian,tetapi membunuh wanita dan kanak2 bukan lah sesuatu yg harus kita banggakan.Pada pendapat saya,itu bukan peperangan tetapi pembunuhan.
Memang tidak dinafikan kaum Madura terkenal dgn sifat panas baran,suka bergaduh dan bongkak tetapi itu tidak bermaksud kita boleh membunuh seluruh nya.

Anonymous said...

Aku anak dayak.. Asal kepulauan borneo.

agus wijaya said...

Orang dayak beraninya hanya di wiliyahnya sendiri,,,,? Coba anda byangkan seandainya kjadian it trjdi dmadura,, bkan ha,a kepalanya yg akan kmi potong,,,,? Nenek moyang,a pon akn q suruh bangkitkan klo perlu,,,,,? Anda semua belum tau yg sebtul,a kehebatn orng madura dalam perang,,,,,,? Dmna'' orang madura ttp dsegani'' klo anda g' prcya prglah kekawasan surabaya,, anda akan tau kekuasan orang madura di pulau jawa

dayakwarrior said...

Isin gak jaku nuan tok neh...bansa kmi tuk sigi pnakut...enti bansa nuan tuk kak mcm2 ngau urang dayak...nyadi brani meh kmi tuk..enti ktak nyak kak agi bisi palak,..anang kak mcm2..agi idup agi ngelaban..respect lh sikit kaum orang..

Anonymous said...

sy orng lombok

Anonymous said...

kaum sakera. . .
Orang madura tak takut mati. . .
Tp tak mau mati. . .


One peace

Anonymous said...

ORANG MADURA DI JATIM PENTOLAN PREMAN, DI JAKARTA JUGA PENTOLAN PREMAN, TAPI DI SEMARANG MEREKA TAKUT OIIIII HAHAHAHAHAHA KEBIRIT-KEBIRIT

MAU NGUASAI PREMANISME SEMARANG? JANGAN NGIMPI OIIII HAHAHAHAHA

Anonymous said...

hai Ibnu Hasyim salam damai...
mau tanya maksud dan tujuan dari blog kamu ini apa ya? apakah sekedar informasih saja? atau mau mengumpulkan orang2 madura buat perang lawan dayak lagi? atau minta bantuan orang buat bunuh orang dayak? atau cari orang sebanyak2nya buat musuhin orang dayak? atau sengaja menyudutkan orang dayak... karena ini menyangkut nama dayak.. sy mengaku bahwa suku bukan lah yg utama dalam hidup saya. tapi ingat! kamu berbicara tentang suku dayak, suku dayak gak cuma di sampit.. kamu berbicara tentang dayak, berarti semua orang dayak... tidak semua orang dayak yang terlibat bukan???

Anonymous said...

ya allah itu foto-foto asli ya gak di sensor, serem banget liatnya.. :(

Anonymous said...

apabila tak tau pasal dengan soalan ini, jangan banyak cakap, makin banyak cakap semakin pula banyak salah. Di treat ini tak nak pula Dayak nak jadi terkenal atau nak cari muka atau pun nak cari lawan. Sesiapa saja boleh tau ini pasal siapa yang mulakan. Saya tak nak cakap rasuah disini tapi perlu pula orang ramai tau bahawa kes ini berlaku semua jadi oleh dorang kaum bukan oleh Dayak. Di tanah orang dia nak rampas dan rompak Dayak punya tanah, Dayak punya kedaulatan. Memang Dunia dan tanah ini milik Tuhan tapi korang semua sudah dibagi oleh Tuhan dimana tempat dan tinggal kita. Apabila kita sedar diri datang ketanah orang maka sepatutnyalah korang harus berpandai-pandai membawa diri, bukan datang ketanah orang lalu dorang nak kuasa tanah orang asal. Dorang macam itulah sifat maka dorang tak selalu cocok dengan mana-mana suku kaum. Dengan Betawi dorang tak cocok, dengan Budis pun dorang tak cocok, dengan Padang sama pula tak cocok. JAdi apabila dorang tak pernah cocok dengan suku kaum lain, apakah boleh dikata dorang adalah orang benar?

Anonymous said...

Sarawak, Sabah, Brunei Darusalam dan Kalimantan bukanlah orang luar. mereka satu keluarga. apabila satu disakiti maka semua akan merasa sakit. Untuk itu jangan nak cuba sakiti orang Borneo sebab kaum Melayu Borneo pun berpuak Dayak sebelum dorang pindah agama menjadi ISlam. Mereka sebut diri Melayu kerana mereka telah berpindah agama menjadi ISlam. Sila kisahkan asal mula puak Melayu di Borneo dimana rata-rata kisah puak Melayu adalah Dayak yang telah pun berpindah agama.

Melayu Serawak Brunei said...

Sapa madah urang dayak ya xbagus,urg dayaklah org yg mengikut rule dimana2 tempat.org yg rajin n ramah.Aku madah ajak lah ho.Jgn dimain org melayu ngan dayak di borneo tok.Nahas kelak.
Aku x join membenci n anti madura, tp aku berik amaran,melayu serawak hatinya keras mcm besi.kelemahan kmk org cuma malas, tp mun ati dah maok,sorang leh numbang 10 org.jgn dimain.Melayu serawak mun di malaysia melayu paling berani.jgn main main. Dayak memang xdinafikan agik kehebatan dan kepahlawanan sidak.So,mun maok idup aman, jgn berani cabar2.Darah Awang Alak Betatar ngan Sultan tengah masih FRESH dibadan!

sakaratul maut said...

mintak maap lah.
sebelom madura mok menguasai sarawak, tanah madura akan di bom terlebih dahulu.

xpun masokjak madura nak kuasai sarawak,sidak akan mati di sempadan.Pekida,pejasa,pertiga,pertiwi ngan RUMPUN SILAT SARAWAK,akan bangkit mencantas kepala2 madura yang kurang ajar!

Anonymous said...

Betoi urang madura tu pemberani mcm perempuan,,berani tikam belakang..kuburan nenek moyang madura di aceh banyak,,majikan belanda dulu,,skrg bukan zaman clurik..urang madura tak pernah hormati adat urang lain..skrg zaman AK-47..kalau berani jgn tikam belakang....

nyamiks rahayu said...

Membunuh semuanya utk menebar ketakutan dg korban anak2 dan wanita, org baik yg menyerah adalah sikap panik, ketidakjantanan, tidak satria. Sy tdk lagi menaruh mf sy mjd kurang hormat pd pasukan dayak yg membantai membabi buta. Sendainya mereka lindungi anak2, wanita, dan musuh yg menyerah betapa aku akan hormat pd pasukan dayak...tapi sekarang luntur sudah krn ilmu sesat dipakai utk membunuh tanpa ampun laksana Hindun di jaman Rasulullah. Di agama Islam tdk boleh membunuh wanita dan anak2 shg jelas kebenaran agama ini drpada ritual2 yg didukung iblis dan setan. Bersekutu dg setan utk emmbunuh jelas dosa besar. Maaf ini mewakili perasaan, sebenarnya bnyk org dayak yg baik tapi menjadi cemar gara2 sejumlah dayak yg berperilaku sangat kejam. Allah pasti memberikan balasan krn panglima burung tdk kuasa melawan kehendak Allah. Amin

Anonymous said...

Jujurdeh..stlah baca dan tau peristiwa sampit jadi takut amat dan tak mau ke pulau kalimantan,. Ngeri ane ama ke ganasan disana
Terus ane mau tanya nih sama orng dayak,boleh ya?sebenarnya tradisi pemburuan kepala ini pda tempo dulu itu tujuan nya untuk apa sih?dan kepala yg diburu itu apakah dari suku2 dayak yang ada di daerah lainnya taw gimana tuh?nah gimana sih sejarah nya?

Anonymous said...

Memang sewktu dayak mlakukan kekejian itu mereka dlm keadaan tak sadar.prtama karna amarah yg lama trpendam.ke dua karna d ikut sertakannya kuasa kegelapan.jd apabila kemarahan d hati sdh mnguasai jiwa dan raga.apa pun bisa trjadi.ya..sprti bnyk kasus mutilàsi yg sering kita lihat d tv. Tnpa mngikut sertakañ kuasa gelap pun manusia bisa jahat.apalagi dg mmbwa serta iblis.jd tak prlu heran bila kekejian ini blm ada tandingannya d abad ini.

Anonymous said...

Suku dayak wkt mlakukañ hal itu tnpa sadar.sbb mereka sdh mngundang kekuatan jahat dr roh2 yg di puja suku pedalaman.jd saat mmbañtai itu yg mereka lihat bkn manusia tp anjing.Shingga wajar mereka tak dpt bedakan wanita dan anak2. Tp semua tlh trjadi dan nama bngsa sdh trcoreng.semoga takan trjadi lg hal semacam ini.dptkah kita trsenyum manakala masyarakat dunia katakan bngsa kita kanibal??

Anonymous said...

ini adalah sejarah gelap bangsa kita.lebih gelap dari penjajahan belanda dan jepang, karena perpecahan terjadi antar bangsa kita sendiri. tidak semua madura itu sombong, tidak semua dayak itu jahat. saat itu 1997-2001, iblislah yang mengadu domba orang sombong dan org jahat sehingga orang baik pun kena juga. kalau boleh, masalah ini harus diselesaikan selurus-lurusnya, seadil-adilnya saat ini didunia sbelum nanti pertanggungjawaban di akhirat. ingatlah,, umur manusia itu tidak lama, jgn slalu melihat kebelakang karena luka itu akan selalu perih terasa. lihatlah kedepan, anak cucu kalian. sisihkan ego suku, di akhirat suku tidak penting lagi. semoga pemuka madura dan dayak dapat mewakili untuk saling berdamai, dan musyawarah untuk titik terang. semoga sejarah lalu slalu jadi pelajaran buat kita untuk tetap menjaga keharmonisan perbedaan di bumi ini.

Anonymous said...

Di Samarinda ada Madura mencincang j orang awa krn motif yg tidak beralasan, terakhirdi Jakarta kembali Madura merobek isi perut orang betawi yang tidak bersalah. Jadi gak heran saya liat gambar diatas.

Anonymous said...

Buat orang madura nih....
Jika menempati suatu permukiman jangn sekali" kalian berbuat se'enaknya dan jangn beranggapan semua ini tanah tuhan,asal kalian tau,kalian itu hidup ada aturannya,kalo kalian hidup gk ada aturannya namanya kalian BINATANG.

Anonymous said...

Subhanallah...andai itu blum berlaku,
Ingin ku tadahkan sekujur bdan langit tuk menghiba hidayahmu.nmun,semuanya terjdi bgitu dahsyat gusti.inilah kami...pribadi hampa yg mudahnya di jejali profokasi iblis.ampunkan dosa kami y robb..

Saudara2 seiman,sebangsa dan setanah air..
Adakah anda mngerti diri anda??
Adakah anda telah menguasai ego anda??
Sahabat2ku entah itu suku dayak ataupun etnik madura.coba renungkan,apa dan siapa kita ini!!!
Tidakkah anda malu Pada SANG yg meniupkan ruh pda diri anda??tiadakah yg lbih angkuh dari anda??sdah tiadakah yg lbih handal dri apa yg anda dabikkan didada anda??
Anda ini di bumi siapa!!!anda ini di cipta siapa!!!
Astaghfirullaah....astaghfirullah...astaghfirullah....

Anonymous said...

Kelopak mata kan tetap menatap persada,
Biar hati membungkam sesal membatu.
Mengubur misteri pertumpahan darah yg ngeri itu.ada bermata,tapi buta tk melihat!!
Ada yg bertelinga,tpi tuli tk mndengar!!
Ada yg berhati,tpi lumpuh tk lgi mmpu menimbang!!
Jngan apa salah siapa!!pula siapa yg benar apa!!
Di mana harkat sebuah keyakinan,terkubur sudah mengglepar tertusuk pedang.
Adakah pertimbangan!!!
Adakah pertimbangan!!!
Adakah pertimbangan!!
Skujur dari maksudnya hanya laknat yg tk hentinya kuasai badan.sampai kapan!!!!

Anonymous said...

nampak sudah aslinya madura dari komemtmu

sombongnya kau

Anonymous said...

gak usah merasa takut dan seram bila hendak merantau ke kalimantan, asal niat anda untuk mencari nafkah anda akan di terima disini, dayak adalah suku yang ramah terhadap pendatang

Anonymous said...

Saya menceritakan,disaat kmi semua kerasukan,kami meliht org madura adalah anjing,dn maka kami tidk kasihan untuk membunuh nya dn kami saat itu adalah menganggap bahwa kami sedg berburu,dn menyincang2 kpala kalian dn hatinya kami makan dengn lezat,ad yg dibakar dan dimasak dengn indomie,dn sampai saat ini org madura sangat tidk berani menginjakan kaki mereka ke tanah kalbar sambas,krna mereka ingat disaat merek melihat air sungai bewarna merah dn trliht kepala2 yg hanyut,tapi heran nya kok mereka masih berani berbuat hal yg tidak trpuji di palangkaraya,di thun 2001 berati mereka kn belum jera,pdhl kejadian sambas 1999,dn apalagi saya liht komen kalian tntg kalian preman semarang,PRRET jangn sok sok yaaah,banyak suku2 lain yg gx suka sama kalian PRRET
Sekian dn terimakasih~


















Anonymous said...

Eh...apa, ko ingat dayak membabi buta membantai??? Ko dah silap!! Jangan jadi bodoh, madura yg membabi buta membantai dayak.. Ko apa tahu.. Cakap tu jangan merapu! Sya ni dayak tau.. Habis tu, madura tak bunuh anak bini org dn merogol org ke??? Walaupun dayak ada ilmu sesat yg ko kata, tapi mereka hormat pada org kat sekeliling. Kalau agama betul tapi hati busuk, tak guna juga. Jgn menilai sesorang melalui agama.. Belum tau yg beragama itu baik.. Sbg contoh kaum madura itu sendiri.

Anonymous said...

AGUS WIJAYA LEK NGOMONG SENG NGGENAH, AKU AREK SUROBOYO COK, JARE SOPO SUROBOYO DIKUASAI MEDURO? RAIMU GA DUWE ISIN URIPE NUMPANG BENYAK COLOK GUS-GUS. BONEK

Anonymous said...

Penulis warga malaysia,memprovokasi wilayah indonesi. Masa lampau biarlah berlalu, kita songsong masa depan lebih cerah (yok-s.pinyuh KALBAR)

Anonymous said...

Sadarlah saudaraku suku Dayak,Madura,jawa,Bugis,Melayu dsb...mari kita sling mghormati n mghrgai adat istiadat suku lain.tragedi yg lalu kita lupakan dan jdikan plajaran utk kta smua,,mari bersatu demi NKRI sbgaimana cita2 pndhulu Bgsa kita.kita shrusnya lbih waspada dan hati2 kpda Amerika dan sekutunya,,krena dr Pngalaman ngra lain bkan hncur krena Perang tp di ADU DOMBA oleh akal busuk Amerika/CIA dan sekutunya.jdi Wspadalah!!

nur hasyim said...

Kalau kita mau jujur thdp hati kita sendiri, sebenarnya tdk usah suku dayak atau madura mengaku paling benar. Dalam kamus hidup kita orang jawa "jgn kalian rebutan benar tapi rebutan salah shgg damai dunia ini. Yang saya tahu sebagian orang madura memang punya kebiasaan kekerasan menjadi solusinya. Dan Mengaku rendah hati, hormat menghormati, ramah tamah, suka menolong, baik hati atau apapun itu saya menjadi tdk berguna klu musuh diperlakukan seperti binatang dgn memenggal kepala yang sudah tdk bernyawa. Itu sungguh perbuatan sangat keji dan sangat tdk manusiawi. Jadi harapan saya entah madura dan Dayak marilah kita sama sama merubah kebiasaan buruk yang pernah kita lakukan. Jgn semua itu menjadi kultur yang kalian turunkan ke anak cucu kalian.percayalah di atas langit msh ada langit. Dan hanya ALLOH SWT yang berkuasa atas kalian semua. Janganlah kalian berjalan dimuka bumi ini dgn congkak. Untuk pemerintah dimana letak tugas kalian dlm menyikapi permasalahan sprt ini. Dimana ketegasan kalian??? Atau kalian sibuk korupsi atau sibuk memperkaya diri sendiri.

Anonymous said...

1 bumi 1 saudara. Sama keturunan adam dan hawa.

Rachmawati Pamungkas said...

Yang lalu biar berlalu.renungkan .. dan coba sandarkan tubuh anda lalu berpikir kedepan.gak ad yg bener dan salah.madura jg gitu ada lahan kosong main nempatin .. bilangnya tanah allah.. kalo dayak jg gtu.kenapa ilmunya gak dipake waktu penjajahan jaman belanda jepang...malah sama orang indonesia jg.sudah lah... gak zaman lg. Sekarang kita tunjukin semangat baru..... buat lu yg jago berantem ya masuk timnas kejuaraan silat. Buat lu yang larinya kenceng masuk timnas kejuaraan sprint.. buat lu yg kuat masuk timnas kejuaraan angkat besi.yg doyan sex lu ke bali jadi gigolo..yg jelas cinta damai. Buat lu yang mau maju gak usah nyeritain panglima burung.panglima paling gak suka digosipin.tunjukin kalo kamu semua cerdas.. indonesia people yg sekarang harus lbh baik dari yang dulu.

Anonymous said...

Madura sucks!

Anonymous said...

Pak ibnu hasyim yang orang pontianak harusnya malu tu sama melayu sarawak, harusnya kalo mau nulis risut dulu pak, jangan asal bikin tulisan profokatif begono

Anonymous said...

Bener banget, ibnu hasyim ini maksudnya apa? Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, orang dayak hidup damai ratusan tahun dengan suku2 lain seperti cina dan melayu, orang dayak pun tak mendendam walau sekarang hidup berdampingan dengan madura, tapi tolong jangan kotori tanah kalimantan dengan darah, karna itu berarti kalian membawa bencana ke tanah kami. Pernah cari tahu kah kenapa kerusuhan itu terjadi? Oranf dayak itu tidak boleh menyakiti orang lain apa lagi sampai melukai, itulah kenapa mereka marah besar saat ada orang dayak yang ditikam,

Anonymous said...

salam

saya Orang Madura .... dan saya bangga menjadi orang madura asli,

Tidak semua orang madura itu berwatak keras ... madura itu di pulau madura terdapat 4 kabupaten dan disetiap kabupaten tersebut terdapat perbedaan,madura juga banyak di daerah tapal kuda jawa timur


banyak teman2 saya orang luar madura, tidak percaya saya asli madura, karna mreka pikir madura itu semuanya berwatak keras dan kasar ... ini saya bukttikan disaat saya bekerja di jakarta selama 1 tahun, di balikpapan 2bulan dandi samarinda 1 bulan, dan sekarang saya disurabaya

temen2 magister ku banyak anak kalimantan, orang2 dayak pakalanbun dan palangkaraya .. dan kita hidup damai


wahai orang2 yang RASISME coba anda ilhami ... manusia itu terdiri dari diri sendiri, janganlah kalian mengecap 1Suku itu berwatak semua sama...

salam damai

Anonymous said...

"Tidak harus di perdebat kan seperti ini,,jadikan lah smua itu sebagai motivasi diri kita masing"


"Bukan saling menyalah kan ke 2 belah suku,,yang mana yg benar&yang mana yg salah"

"Jangan bercakap suatu tentang kebenaran ,,jika anda nda tau" apa&dmn letak kebenaran itu"


-salam hormat saya-

Anonymous said...

Ide" kufur telah merasuki & merusak kaum muslimin dgn faham" sekularisme, nasionalisme, hedonisme maupun isme" lainnya sehingga memecah belah umat Islam di dunia serta saling bermusuh"an. . .
Kita sbg umat yg telah tersadarkan mengajak umat untuk bersatu bersama memperjuangkan syariat Islam with Struggle Khilafah Islamiyah. . .



Flashback...

Thn 1924 M, kejayaan umat Islam musnah dan kehancuranlah yg datang kepada kaum muslimin di seantero dunia akibat Kekholifahan Imperium Islam musnah oleh para Kafirin & kaum Munafik

Dimana kaum muslimin terpecah belah menjadi bergolong"an, berbangsa", berpartai", berkelompok" kecil dan kesemuanya saling berbangga dan saling bermusuh"an akibat beda aliran & kesemuanya adalah Firqah yg diadzab oleh Allah yang kesemuanya harus kembali kepada fitrahnya bersatu dalam 1(One) Jamaah yg haq yaitu Kekholifahan Islam sebagaimana Rasulullah saw & para Sahabat

(QS. Ar-Rum : 30-32, Asy-Syuraa : 13, Ali-Imran : 103, Al-An'am : 153&159, Al-Mu'minun : 52-54)




Sesungguhnya. . .
Jamaah yg Haq sepeninggal Rasulullah saw adalah Khilafah Islam dimana kaum muslimin tunduk patuh dalam pemerintahan tsb dlm menjalankan Syariat Islam. . .
Bukannya seperti saat ini kaum muslimin berada dlm naungan pemerintahan yg tdk berhukum kpd aturan Hukum Allah Azza Wa Jalla

Dan saat ini Khilafah Islam sdh dimaklumatkan kembali oleh Khilafatul Muslimin sbg tempat kaum muslimin bersatu serta bernaung didlmnya dgn Pemimpin/Kholifahnya saat ini adalah Amirul Mukminin Al-Ust. Abdul Qadir Hasan Baraja...

Anonymous said...

www.khilafatulmuslimin.com

Prie radea said...

goblokk kalian2 smua...
trtipu kalian smua..
bgitu mudahnya kalian trprovokasi. ini blog org malasia..yg sgja ingin mmbuka lg cerita lama yg pahit...
sdarlah kalian...

Prie radea said...

goblokk kalian2 smua...
trtipu kalian smua..
bgitu mudahnya kalian trprovokasi. ini blog org malasia..yg sgja ingin mmbuka lg cerita lama yg pahit...
sdarlah kalian...

Anonymous said...

udah lah bro yg lalu biarkan berlalu it jadi pelajaran kita semuaa...sekarang gk ada artinya ngungkit" masa lalu yg pahit it liat k depan sekarang mari kita berperang dalam prestasi bukan secara anarki an rasis...!kita bangsa yg berbudi pekerti an luhur mencintai nilai" ke agamaan dan nilai" pancasila yg kta semua cintai...!kita di 1 negara kita 1 tanah air kita 1 darah ya itu darah INDONESIA....!!!bukan darah perbedaan rass,suku,ato agama....

Anonymous said...

Sifat angkuh mmg bukan sifat beragama namun sudah menjadi sifat syaiton sejak penciptaan nabi Adam...
Tanamkanlah sifat rendah diri dimanapun anda berada..
Kata imam Ghazali jika bertemu dg seorang yg berilmu maka tanamkanlah di hati kita Dialah yg terbaik Dan kita Bukan Apa2..
Jika bertemu dg Non Muslim maka tanamkanlah di dlm hati kita Semoga kelak ia Di akhir hayatnya di hidayah oleh Allah Dan kita tidak tahu nasib kita sendiri...

Madura tidak semua seperti yg di sangkakan.. memang berwatak keras namun lebih banyak lagi yg berwatak lembut.. kita ini manusia sama2 punya akal bukan he wan.. jika anda menunjuk keburukan seseorang tentu anda juga lebih buruk...
Semoga Sifat2 spt ini tidak ada lagi..
Semoga Kita mencontoh Hijrahnya Rosulullah bagaimana baiknya Para Anshrin kpd kaum muhajirin...
Dimana Bumi berpijak disana pula langit di Junjung..
Akhlaqul karimah Tidak mengenal Tempat ataupun keadaan.. dia selalu bersemayam bersama dg hati yg bersih!!!!

Biarlah Allah yg menghukum bagi mereka yg berbuat Dzalim... Allah Mahha Tahu tentang segalanya..
Hukum Islam sdh jelas..
Al Qatil wall maqtul finnar..
Orang yg membunuh Dan orang yg di bunuh sama2 masuk neraka (banyak kriteria).
By.anak Madura salam damai buat saudara dayak..

Anonymous said...

Worrior of Headhunters (Dayaks-lunbawang)blood never end in my blood....Today Malay never learn n lesson from their mistaken in past...

Anonymous said...

Orang yg bner2 brani itu bkan d daerahnya sndri, kloq mmng bener kaum itu sangar, brani apa yg diktakan kaum itu , cba ajak single, atw di tmpat lain klao mau kroyokan, jngan di daerah2nya masing.

Anonymous said...

Buat yg mmprovokasi taek ayam, ciri2nya orang yg pengecut, penakut, yaitu mmprovokasi.

Anonymous said...

Bhineka tungggal ika...pasti tau kan?blog ni aja kntal dngan bahasa malaysia...jngan2 cuma orang malaysia yg mau mengadudomba,,jngan kita pertontonkan hal yg diharapkan mreka!!!kita harus jadi macan asia lagi!!agar tidak diinjak2 oleh negara yg iri oleh negara kita yg kaya ini!

Anonymous said...

Madura = israel = tuan yang tak bertanah

Mereka (madura) tak tau diri,sudah tinggal di daerah orang (suku) lain,tapi tidak tau diri.

Mereka (madura) anjing yang suka menggong - gong tetapi di saat di aum mereka (madura) menciut bak anjing kejepit

Aje Syndicate said...

Sudah sudah
iya saya org asli kalsel banjarmasin kelua atau suku banjar
Agar tdk terjadi kesalahfahaman lebih lanjut
coba bertanya langsung ke suku dayak paling tua yaitu dayak manyan di kandangan, disana mungkin leebih tajam dan terpercaya lagi informasinya terimakasih hhe

Bajingan Teweh said...

saya asli putra madura(nkoq asli reng medhure)
terserah kalian ngomongapa tentang madura

kalau berani ayo bung perang lagi,kalo lo dayak memang hebat coba lo ke madura sini,tak celurit ndasmu,orang madura aja berani perang di kalimantan , orang dayak mana yg katanya hebat,hay orang semarang ingat yg ngusai semarang sekarang preman2nya asal Madura.heh wong suroboyo jancok,matamu a dlok en dk pasar turi sopo sg nguasai COK
IBNU HASYIM - ANJING
CULTURE IS NUMBER ONE
kalimantan-jancok
dayak-jancok
melayu-jancok
semarang-jancok
suroboyo-jancok
jawa-jancok
.
.
INDONESIA MILIK MADURA
.
.
.
mun tak terimah marh cong dek nak entar ka tang romah e mekkasen e cacca bedden a bik nkoq

Anonymous said...

SaLam Damai,,

Saya Asli Maduraa,,
Memang suku madura berwatak kerass,,kompak, jika ada satu orang madura tersakiti, maka yg lain sesama orang madura juga akan membantu, tidak peduli di tanah siapa mereka tetep akan membantu sesama maduraa... Itulah tragedi sampit yg membuat masalah menjadi besarr
Karna MADURA terkenal dengan CAROKnyaa

Sekiann, dan SaLam Damai,,,
Jangan tanggapi Blog ini karna blog ini ingin memprofokasi Bangsa Indonesiaa,, Blogg ini punya malaysia,, dia akan tertawa kalo kita tidak rukun dan gaduh,, yg berlalu biarkanlah berlalu

BHINEKA TUNGGAL IKA

Anonymous said...

Orang dayak diam!orang madura diam!!!orang malingsia juga diam!!!semuanya hanya mementingkan egonya masing2!

Anonymous said...

Orang melayu dan Dayak baik-baik hidup berdampingan, tatkala tunjuk ajar kita mengajarkan keramah tamahan dan kesopan santunan yang sangat dinggi dan beradab dilandaskan oleh keyakinan Tuhan yag esa.

Akan tetapi banyak perkara terjadi karena ulah oknum yang semena-mena, dalam kasus ini kau Madura yang menyepelekan dan tidak menghargai kaum Melayu tempatan yang semustinya "Dimana bumi dipijak, disitulah Langit dijunjung"

Sangat ironis memang, lebih dari 1500 orang kaum Madura mati secara mengenaskan karena ulah mereka sendiri.

Pemirsa yang ada di forum ini semustinya jangan menyalahkan orang Melayu Sambas(Kalbar) dan Dayak secara sepihak, ada baiknya kita baca berita flashback dari sumber yang ada, dan dapat kita ambil hikmah dari pelajaran tersebut, agar Tragedi Sambas dan Tragedi Bagansiapi-api tidak terulang kembali.

Was-salam

Hariodo TRI REZKI said...

Dasar goblok lu, di profokasi orang malaysia, gw suku madura, w juga banyak temen orang kalimantan, lo tau hutan kalimantan banyak di kuasai malaysia, seandainya terjadi perang,w bakalan ke kalimantan dan bakal nembusin jantung negara penjajah/malaysia, indonesia satu, bukan 2,bukan 10. Tapi 1, kalian sodara sebangsa ku, jangan mau di pecah belah orang malingsia. Lan

Anonymous said...

gmblok nde plok mung ni

Anonymous said...

Wah ini malaysia bikin adu domba suku indonesia serawak vs kuala lumpur

Anonymous said...

Wahai pemilik blog (Ibnu Hasyim), rupamu tampak jelas SANG PROVOKATOR, tulisanmu tampak jelas hasil pemikiran dari otakmu yg kotor. Jangan urus negeriku indonesia, uruslah negerimu Malingsia. Tulislah juga tentang NEGERIMU MALINGSIA yg lagi BODOHI orang bule, yg diajak mencari pesawat ke laut dalam. IBNU HASYIM, kau ke laut aja!!!

Anonymous said...

Ibnu Hasyim...... Carilah berita pesawatmu didasar laut. Sekalian kau kelaut aja!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Betul...betul...betul.. Kasian..kasian..kasian...

Anonymous said...

Ibnu Hasyim/Hj Mohd Hashim........... Kami Indonesia bangsa yg kuat, tidak CENGENG seperti bangsamu Malaysia.Kami punya akar budaya yg kuat. Tidak seperti bangsamu Malaysia ,kata orang bule KELAUT, kaupun ikut kelaut. Ibnu Hasyim,kebetulan saya warga Kal-Bar, banyak pasangan politik kepala daerah disini dari suku yg dulu bertikai. ROMANTIS GITU LHO!! Malaysia jangan iri.... Apalagi Dengki.... Betol, betol, betol.!

Anonymous said...

2 org dayak mampu kalahkan 40 madura..

Anonymous said...

so..200 org dayak mampu kalahkan...anda tau jawapnnya..

Anonymous said...

Saya sebagai orang jawa asli
Hanya membrikan saran ke anda smua
maslah yang dulu gak perlu di besar2 kan, kita itu bngsa besar jangn mudah di
provokator oleh orang, .

Dan ak harap NKRI selalu bersatu ap pun itu masalh nya

Amir Kloose said...

Malingsia itu negara boneka....bonekanya inggris waktu jaman penjajahan....hahaha

Anonymous said...

Bom aj malingsia...

Anonymous said...

MADURA JANCUUUUUUUUUUUUUUUUKKKKKKK !

Anonymous said...

Akh percuma lo anjing ngaku" jadi penguasa orang madura di tempat orang itu klo ga jadi tukang sate paling top jadi tukang rongsok (sampah)

Anonymous said...

SAbarr guyss...

Anonymous said...

Sapi emang wajar d sembelih. Sembelih dulu bru d makan.

Anonymous said...

Dsitu makan dsitu berak. Itulah sapi. Jd emang wajar d sembelih. Madura sapi sampah,en kuman aja d kalimantan.

Anonymous said...

blog berbahasa melayu untuk bacaan orang melayu di malaysia di bilang profokator. dasar bangsa edan. lo itu yang cari masuk ke tempat orang komentar seenaknya.. bagusnya kamu di mana? bedanya kamu sama madura itu apa? pas pas aja mentaliti masih kejajahan.

Anonymous said...

Madura itu sebetulnya suku titisan iblis,jadi hal yg lumrah kalo mereka di mutilasi di kalbar , di jakarta sini aja mereka udah mau di abisin betawi ,banten,bugis,padang ,dan lampung plus jawa..kenapa madura gak kapok2,karena mereka makan rongsokan berkarat alias sampah dunia. Jadi gue pikir yg terbaik adalah membakar semua madura di bumi pertiwi ,agar mereka tidak beranak pinak lagi ,bikin pusing pemerintah aja.

Anonymous said...

Yuk sama2 bantai madura

Anonymous said...

Mari kawan2 kita bersatu padu untuk memutilasi madura bau eek sapi ini agar gak bisa lagi bertingkah tengik

徐勝泉 said...

kenapa smpai ckr madura tak blh lwt sambas
dgr" klo lwtin pebatasan kepla madura akn hilang ap bnr itu akn trjdi

徐勝泉 said...

kenapa smpai ckr madura tak blh lwt sambas
dgr" klo lwtin pebatasan kepla madura akn hilang ap bnr itu akn trjdi

Anonymous said...

A

Anonymous said...

Zamannya mbukan perang lagi tapi menikmati hidup & para wanita cantik.
@pembalap_drag_sejati

Anonymous said...

jangan ngewe cewe madura, memek mereka semua sudah terinveksi virus ebola akibat sering kumpul sama sapi2 piaraan ortu mereka

Anonymous said...

aq oreng medure , setelah baca komentar kalian semua , aq jadi pengen bunuh diri,

Anonymous said...

Blog ini hanya adu domba kawan, jgn terlalu diamati, Kita ini bangsa yg kuat berbagai macam suku dan budaya, itulah INDONESIA yg sebenanrnya, jika 1 suku saja di hina, direndahkan oleh bangsa luar knp suku lain tak berjabat tangan, jangan takut Suku suku diindonesia dulunya disegani dunia, kenapa sekarang menjadi terpecah belah demi egonya masing2. Percayalah ini berita yg tak seharusnya memecah belah kedua pihak, Mana Indonesia yg disegani dunia, Macannya Asia

Anonymous said...

ini bukan s0al kaum wey. .ini s0al sifat, .pelaku bkn pekaum. .apa laa. .bkn kaum yang membentuk individu dari baby. .

Anonymous said...

kami dari sabah bangsa kedazan dusun murut bajau malayu cina memang nya benci kepada bangsa madura ini sebab nya bangsa madura itu.. tidak beradab sopan kepada bangsa lain.. dan kebanyakan nya bersifat kurang ajar.

Anonymous said...

SUDAHLAH BROTHERS LUPAKAN MASA LALU ...SUDAH SAATNYA SEKARANG KITA FOKUS MEMBANTAI MADURA DI JAKARTA ...ETNIS MADURA DI JAKARTA SUDAH OVER KAPASITAS JUMLAH MEREKA HARUS DIKURANGI ..KALO TIDAK DIBERESKAN DARI SEKARANG KAPAN LAGI...AYUK KAWAN , SEBAGAI WARGA JAKARTA KALIAN WAJIB HUKUMNYA MEMBANTAI ETNIS MADURA , SUKU DAJJAL SIALAN ..BIKIN JAKARTA JADI GAK NYAMAN UNTUK DI TINGGALI....

Anonymous said...

OKE ..BOS KAPAN NIH TANGGALNYA KITA PESTA POTONG KEPALA MADURA DIJAKARTA ...SODARA ANE YANG DI BANTEN JUGA PENGEN IKUTAN MUTILASI KACONG MADURA...UDEH GAK SABAE NEEH...

Anonymous said...

GUBERNUR YANG BARU AHOK JUGA SUDAH KASI LAMPU HIJAU UNTUK MELAKUKAN GENOSIDA BESAR2AN THD ETNIS BUSUK MADURA...KAPOLDA JAKARTA JUGA DAH OKE...ULAMA DAN MUI JUGA SUDAH NGELUARIN FATWA HALAL LEHER MADURA UNTUK DI SEMBELIH....JADI APALAGI NIH YANG DITUNGGU...

Anonymous said...

SABAR KAWAN2..NANTI ABA ABA MENYERANG AKAN DIPEGANG FBR DAN FORKABI ...KANTONG2 MADURA JUGA SUDAH DIPETA PETAKAN OLEH PEMDA SETEMPAT....TUGAS KALIAN ADALAH MENGASAH GOLOK SETAJAM TAJAMNYA, AGAR SEKALI PENGGAL LEHER ANJING MADURA INI LANGSUNG PUTUS..

fauzan farhan said...

Tak pergi sekolah? Sejarah untuk di kenang.. Jika pahit jangan di ulang.. Jika manis buat penambahbaikkan.. Hang anjing maki negara Aku buat apa? Nak perang ka?

fauzan farhan said...

INI adalah sejarah buat anak Cucu.. Serta keturunan.. Memang pahit.. Tapi dah jadi.. Tidak mahu terjadi jangan di ulang perangai tak bertamadun..

fauzan farhan said...

Datang la bom.. Ingat batang pisang ka nk tercegat.. Aku xmau kata kat indo sebab hang sorang ja anjing

fauzan farhan said...

Awat ingat kami tiada otak seperti kamu? Kalau baca buku sejarah nak di bakar? Allah bagi otak tak di guna? Madura datang Malaysia memang kena.. Sampai menyorok... Di Malaysia.. Madura tidak di terima.. Madura dan rohingnya sama jahat.. Bila di balas menangis.. Orang madura banyak ra sahaja.. Madu tiada

fauzan farhan said...

INI sejarah dan iktibar! Bodoh!!! Bukan provoke atau maki... Lari lagi sekolah sebab tu benak

fauzan farhan said...

Dengki? Tiada masa nak dengki!!! Kau pun patut di pancung.. Madura tunjuk jaguh... Di bantai lari seperti tikus..

fauzan farhan said...

Pesawat hilang pun tak apa.. Jangan di penggal kepala.. Lari membabi buta...
Kahkahkah

fauzan farhan said...

Kau bangsa apa? Jawa tak jahat macam kamu.. Orang jawa baik dan sopan santun..
Ni mesti orang tikus madura.. Mula2 jadi singa.. Kemudian jadi tikus..

fauzan farhan said...

Datang Malaysia atau kepulauan Borneo tengok madura jadi apa.. Bangsa hina

fauzan farhan said...

Mula2 baca tentang tragedi Ni.. Simpati pada madura... Tapi madura jahat.. Pencuri.. Penyamun.. Tunjuk jaguh tapi di bantai lari.. Negara Malaysia tiada kena mengena... Indonesia pun tiada... Jangan maki negara orang Lain.. Tiada adab dan otak.. Tunjuk jaguh.. Ingin berlaku macam tragedi di atas wahai madura.. Dengan dayak di rusuh.. Dengan Malaysia pulak?

fauzan farhan said...

Dengan Kalimantan Udah rusuh!! Sekarang sama Malaysia? Gambar kat atas patut ada kepala lu sekali

Rulah Screamo said...

Suku banjar,jawa,bugis,batak,sunda,bahkan papua sopan tinggal dsni ga ada yg ngajak berantem klo cma cri nafkah org dayak ga prnah ganggu anda jgn sok ngomong klo org dayak itu kafir jgn mntang mntang agama islam smua nya benar saya juga org dayak bakumpai yg mayoritas org nya org islam wktu kejadian kbtlan saya ada d stu dan sya tau siapa yg salah org madura memang ga ada pnya etika

Rulah Screamo said...

Semua tragedi yg besar berasal dri masalah yg fatal bahkan org madura msih ada di kalteng jika kami keturan setan mungkin kpla org madura msh berceceran di jalan saat ini bahkan skrng saya pnya temen org madura saat ini saya tidak prnah menyimpan dendam kpda nya karna saya menghargai dia juga manusia bukan nya jin

sazali ahmad said...

Semuanya pada berani banyak bacot di sini!!!lu sMua bnyak langsay lah!!!! Ingat ya
CAKAP MESTI SERUPA bikin mia!!!Lu sMua berani mau potong kepala kah,mau potng Konek org Madura secepat nya,turun Kemadura,pengen Tau patek Melayu itu angkuh nya sperti apa???pagi roti canai siang nasi Lemak,petang bubur,itu yg mau ngelawan org madura?aku tau kok yg komen dri atas tu dri golong gk mampu,mau kerjA malas,jd org madura yg makanan nya mewah2di samakan sma mkanan Mereka,roti canaiiiiiiiiiiiii pundek Lu sohay Lu,Nasib baek lah prabowo tak jd presiden,hmmMm

Anonymous said...

FAUZAN FARHAN DAN SAZALI AHMAD,,PAKCIK NI BANYAK CAKAP,,PERSIS PUAK IDIOT,,,PAKCIK SEMUA PASTI PERNAH DISODOMI CINA MALASYA,,,,CUBA TENGOK DUBUR PAKCIK FARHAN DAN SAZALI PASTI ADA HIV DAN AIDS.....DASAR STUPID,,,BERGADUH PAKE OTAK TIKUS...PAKCIK NI SEMUA MANUSIA BERIJASAH KEDAI KOPI...STUPID AND IDIOT ...BASTARDDDDD....FUCK YOUUU...MALINGSIA....

sazali ahmad said...

Biar kalian tau Madura itu seperti apa

Kamadureh yeh mik e cacca matanah e centtek colok en

sazali ahmad said...

http://www.maduracorner.com/kerapan-sapi-berakhir-ricuh-1-orang-terkena-sabetan-celurit/
Biar kalian tau tradisi orang madura

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails